Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Testimoni Peserta Hibah Asuh 2018

Pada 2018 lalu, Unika Atma Jaya menjadi salah satu dari 29 Perguruan Tinggi Unggulan yang menerima hibah Program PT Asuh dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Ada 4 (empat) Perguruan Tinggi Asuhan Unika Atma Jaya pada periode 2018 lalu. Keempat Perguruan Tinggi tersebut antara lain:

    1. Universitas San Pedro (Kupang), 10 Prodi
    2. STKIP Citra Bina Nusantara (Kupang), 3 Prodi
    3. STIKOM Uyelindo (Kupang), 3 Prodi
    4. STKIP Weetebula (Sumba Barat Daya), 4 Prodi

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan sepanjang tahun 2018 dan berakhir pada November 2018. Dengan berakhirnya kegiatan Hibah Asuh tersebut, adapun testimonial yang diberikan oleh beberapa peserta terkait dengan kegiatan tersebut

 

 

 

 

Selfiana T. M Ndapa Lawa

Program Studi  Pendidikan Bahasa Inggris

STKIP Citra Bina Nusantara Kupang

     Kami sangat berterima kasih karena mendapat kesempatan yang luar biasa untuk bisa terlibat langsung sebagai peserta lokakarya program hibah asuh dan mendapat kepercayaan dari Unika Atmajaya sebagai peserta magang untuk banyak belajar tentang bagaimana meningkatkan mutu program studi perguruan tinggi melalui implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Melalui program ini kami dilatih bagaimana melakukan audit dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk setiap standar yang akan diaudit. Kami sangat terbantu dengan adanya program ini karena akan dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualifikasi akreditasi program studi kami untuk menuju program studi unggulan ke depannya.

     Program hibah asuh ini membantu program studi kami untuk meningkatkan layanan pendidikan dan akreditasi lembaga. Selain itu juga mendorong kami untuk mewujudkan pembelajaran di perguruan tinggi yang berkualitas serta memenuhi kriteria Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan berbagai ilmu yang didapat dan diajarkan oleh Unika Atma Jaya, kami dapat mengimplikasikan pada program studi kami sehingga kami akan siap untuk diakreditasi dengan nilai yang lebih baik.

     Semoga kerjasama dengan Unika Atmajaya dapat tetap terjalin.

 

 

Emilia Kamung Hambu, S.Pt, M.Si

Program Studi Biologi

Universitas San Pedro

     Selama mengikuti kegiatan hibah mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan, saya secara pribadi merasa banyak sekali ilmu baru yang saya peroleh dari kegiatan hibah ini.  Saya pribadi yang sama sekali belum pernah belajar dan mengetahui tentang SPM lebih mengetahui tentang SPM Dikti sehingga saat ini kami sudah mulai menerapkan aktivitas Unit Penjaminan Mutu yang mampu mendorong kinerja Prodi yang ada di Universitas San Pedro. Saya juga jadi lebih mengetahui tentang SPMI dan SPME, jadi lebih mengetahui tentang AMI serta memiliki pengalaman menjadi auditor yang sesungguhnya juga merupakan pengalaman yang luar biasa.

    Kesan saya selama mengikuti kegiatan ini adalah, Tim LPM-UAJ sangat disiplin serta sangat sabar untuk menjawab dan menjelaskan hal-hal yang masih belum dipahami peserta magang terkait kegiatan ini. Bahkan, walaupun Tim LPM-UAJ sudah kembali ke Jakarta, komunikasi dengan kami sebagai peserta masih tetap terjalin, pesan kami dibalas dengan cepat melalui email maupun whats app.

     Harapan saya kedepannya, kiranya LPM-UAJ tetap menjalin kerja sama dengan Universitas San Pedro dan senantiasa tetap berbagi ilmu-ilmu baru terkait sistem penjaminan mutu.

 

 

 

 

Remerta N. Naatonis, S.Kom., M.Cs

Program Studi Sistem Informasi S1

STIKOM Uyelindo Kupang

     Sebagai ketua prodi, saya mendapat banyak pengalaman yakni peningkatan pemahaman dan ketrampilan merancang Sistem Penjaminan Mutu baik penjaminan mutu internal dilingkup institusi maupun prodi. Pelatihan ini juga dapat membangun kesadaran kami bahwa untuk menjadi program studi yang baik dan bermutu harus di mulai dari SPMI.

     Pengalaman yang sangat besar adalah di mana kami diajarkan dan langsung mempraktekan untuk membuat dokumen SPMI. Serta kami juga dituntun dan dilibatkan dalam proses AMI sekaligus belajar sebagai tim auditor. Pekerjaan kami juga selalu dimonitoring. Kami juga mendapat bantuan dari tim untuk memeriksa borang salah satu program studi di perguruan tinggi kami.

     Kami mengikuti kegiatan Sosialisasi instrumen akreditasi perguruan tinggi versi 3.0 yang diadakan UAJ, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami perguruan tinggi yang terbilang masih muda. Kami diberi pengetahuan penyusunan dan teknik dalam menghadapi borang yang baru. Bekal ini lah yang akan kami jadikan sebagai senjata dalam menghadapi akreditasi dengan instrumen terbaru.

     Sebagai pribadi, saya merasakan manfaat yang sangat luar biasa yaitu saya secara langsung didampingi dan belajar bagaimana cara mengaudit yang benar dan saya juga di beri kesematan untuk melakukan tanya jawab dengan auditee secara langsung. Dengan bekal di atma  jaya saya dapat mengimplementasikan di kampus saya demi kemajuan dan keberlangsungan sesuai dengan standar perguruan tinggi.

 

 

Kristoforus Dowa Bili, M.Pd.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Weetebula

     Melalui kegiatan ini kami mendapat pencerahan yang lebih mendalam tentang konsep SPMI. Kami diarahkan untuk melengkapi dokumen-dokumen standar. Kami mendapat pendalaman yang efektif dan optimal melalui tugas-tugas yang kami kerjakan. Dengan demikian, pengetahuan yang diperoleh selama lokakarya dapat diterapkan secara langsung melalui tugas-tugas yang harus dikerjakan.

     Melalui lokakarya AMI, kami telah mendapatkan kesempatan untuk seleksi auditor internal STKIP Weetebula. Melalui seleksi tersebut, akhirnya saat ini kami memiliki 6 auditor internal yang menjadi tenaga utama untuk melaksanakan AMI dalam tahun ini pada lingkup STKIP Weetebula.

     Pada saat kegiatan magang, STKIP Weetebula mengirimkan peserta paling banyak yaitu 8 orang. Upaya ini merupakan komitmen pimpinan STKIP Weetebula agar WK I yang merupakan atasan langsung LPM, organ LPM-GPM, dan auditor mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung tentang pelaksanaan AMI di Unika Atma Jaya Jakarta. Tentu saja, kami mendapatkan pengalaman luar biasa selama magang di Jakarta. Kami juga mendapat informasi yang semakin baik tentang borang akreditas. Hal ini merupakan bekal bagi peserta untuk dijadikan bahan sharing knowledge kepada  civitas akademica STKIP Weetebula.

     Selama kegiatan ini, kami merasa senang karena mendapat kesempatan diasuh oleh PT yang unggul. Komunikasi dan koordinasi yang baik dari tim LPM Unika Atma Jaya menginspirasi kami bahwa kerja yang berkualitas memang begitu. Kami juga bangga karena kegiatan yang diprogramkan dilaksanakan sesuai jawal yang ditentukan.

Kami berharap semoga sekali dalam setahun dapat meluangkan waktu untuk monev LPM STKIP Weetebula, memberikan penyegaran dan kesempatan untuk memilih auditor baru tahunan lingkup STKIP Weetebula serta memberikan bimbingan teknis untuk persiapan re-akreditasi mendatang.

 

 

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom