Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kerja Sama Strategis Jepang-Indonesia, Isu Maritim, Keamanan, dan Ekonomi di Asia Timur, dan Masa Depan Hubungan Jepang-Indoensia

Saat ini Jepang merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia dan salah satu eksportir terbesar dengan berbagai macam produk seperti mobil dan elektronik. Sementara itu, Indonesia sebagai negara keempat terpadat di dunia, diprediksi akan menjadi salah satu ekonomi terbesar di masa yang akan datang. Sebagai tambahan, sebagian wilayah Indonesia terletak di jalur pelayaran strategis yang dilewati impor dan ekspor Jepang. Karenanya, kerja sama antara Indonesia dan Jepang di berbagai bidang akan sangat menguntungkan kedua belah pihak. Dengan adanya tujuan tersebut, Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menyelenggarakan diskusi umum dengan pembicara-pembicara sebagai berikut:

 

  1. Rektor Unika Atma Jaya, A. Prasetyantoko

  2. Wakil kepala dewan Truestess, dari CSIS Foundation, Jusuf Wanandi

  3. Mantan Menteri Luar Negeri 2001-2009, Hassan Wirajuda

  4. Presiden National Graduate Research Institute for Policy Studies (GRIPS), Akihiko Tanaka

  5. Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii

  6. Mantan Wakil Menteri Pertahanan untuk Hubungan Luar Negeri Jepang dan Senior Fellow GRIPS, Hideshi Tokuchi

  7. Profesor Sekolah Pascasarjana Kajian Asia Pasifik di Universitas Waseda, Shujiro Urata

  8. Peneliti Senior ASEAN, Fauziah Zen

  9. Mantan Duta Besar Jepang untuk Amerika Serikat dan Presiden Institut Perdamaian Nakasone, Ichiro Fujisaki

 

Salah satu hal yang disorot dalam diskusi ini adalah perang bea cukai yang melambung antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Fauziah Zen mengamati bahwa Jepang sendiri masih harus menyelesaikan masalah perdagangan dengan Amerika Serikat, dan banyak investor yang menerapkan prinsip “tunggu dan lihat” tanpa strategi jangka panjang. Di saat yang bersamaan, Beliau juga memperhatikan produk-produk Jepang mulai dikesampingkan oleh produk dari RRT dan Korea.

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom