Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Wirya Satya Adenatya

Wirya Satya Adenatya merupakan seorang alumni Fakultas Psikologi Atma Jaya Jakarta angkatan 2004. Karir yang saat ini sedang dijalani banyak bergelut di bidang musik, videografi, dan fotografi. Ia juga merupakan pemain orkestra yang memainkan alat musik tiup bernama oboe.

 

Setelah lulus S1 Psikologi, pria yang akrab disapa Yaya ini sempat melakukan freelance di bidang fotografi dan bermain di orkestra. Beberapa bulan setelah lulus, Yaya akhirnya memutuskan untuk kembali bersekolah di bidang fotografi di London College of Communication dan melanjutkan lagi ke bidang musik di Manchester. Menurutnya, walaupun psikologi bukanlah minat utama yang awalnya ingin ia geluti, ilmu psikologi yang didapatkan ternyata memberikan manfaat bagi dirinya dan juga karirnya.

 

Memang karirnya terlihat tidak sejalan dengan gelar sarjananya, namun ilmu psikologi sangat dapat diterapkan dalam kehidupannya. Menurutnya, psikologi membantu dalam melihat sesuatu dari berbagai perspektif, termasuk juga pada bidang seni. Orang dapat menilai baik buruknya hasil karya tergantung perspektif yang diambil. Selain itu, satu ilmu yang Yaya rasakan paling berpengaruh baginya dalam dunia kerja adalah empati.

 

Budaya berempati yang selama ini dirasakan selama berkuliah di Atma Jaya membuatnya dapat memperdalam penghayatannya akan seni seperti halnya dalam bermusik. Menurut Yaya, ketika harus mempelajari musik baru yang akan dimainkan dalam orkestra, ia akan melihat latar belakang komposer dari lagu tersebut, sehingga lebih memahami makna dan perasaan pencipta musiknya selama proses berkarya. Begitu pula dalam hal fotografi. Yaya mengungkapkan bahwa empati juga membantunya lebih memahami hasil fotografi seseorang sehingga ia dapat menemukan perspektif-perspektif baru yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan.

 

Menurut Yaya, dalam hidup ini jangan takut untuk mencoba hal-hal baru. Ketika tidak menetap pada suatu bidang, bukan berarti tidak fokus, tetapi kita sedang berusaha mencoba berbagai perspektif hingga menemukan hal disuka untuk diperdalam. Lalu, bagi mahasiswa psikologi yang sedang menjalani perkuliahan pesan dari Yaya adalah perbanyak membaca dan jadilah seseorang dengan pikiran yang terbuka.

 

Foto : Wirya Satya dengan alat musik Oboe

 

Foto : Wirya Satya bersama teman - teman Psyght

 

 

 

Penulis : Alaina Fitri Adinda & Beby Chaesara Anadilla

Editor    : Laurentius Purbo Christianto

Foto       : Psyght

 
Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom