Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Senat Mahasiswa FKIK UAJ

SM-FKIKUAJ

 

 

Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNIKA Atma Jaya (SM-FKIKUAJ) merupakan salah satu dari banyak wadah yang dapat digunakan untuk mengembangkan soft skill mahasiswa. Dibentuk bersamaan dengan berdirinya FKIKUAJ yaitu 27 Desember 1967, dengan bermodalkan puluhan pengurus yang terbagi kedalam 4 Bidang, 2 badan, dan 14 UPMM. Selain itu SM-FKIKUAJ juga mewadahi Asian Medical Students Association Unika Atma Jaya (AMSA UAJ), Medical Search and Rescue FKIKUAJ (MEDISAR FKIKUAJ), Himpunan Mahasiswa Kedokteran FKIKUAJ (HIMAKU-FKIKUAJ) dan Himpunan Mahasiswa Farmasi FKIKUAJ (HIMAFAR-FKIKUAJ) dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan setiap tahunnya. Kegiatan ini kedepannya berperan menjadi wadah pengembangan bagi seluruh mahasiswa FKIKUAJ.

Senat Mahasiswa membuka diri bagi setiap mahasiswa yang mau untuk belajar dan berkembang untuk memperoleh soft skill yang berguna bagi seorang tenaga kesehatan, sebab senat mahasiswa memiliki peran sebagai wadah pengembang dan wadah yang baik harus memfasilitasi seluruh anggotanya. Siapa itu anggota senat FKIKUAJ? Kita semua mahasiswa adalah anggota senat FKIKUAJ. Maka dari itu ayo kita bergerak dan berkarya bersama.

 

BADAN PENGURUS SM-FKIKUAJ

 

BADAN PENGURUS HARIAN

Ketua                         :    Jeremi Geraldy Widodo

Wakil Ketua             :    Vallery Brian Setiawan

Sekretaris I             :    Jeannete Abigail                                            

Sekretaris II            :    Stacia Geraldine Anna Grice M                   

Bendahara I             :    Tirza Amelia

Bendahara II            :    Carmenita

 

 

MINAT DAN BAKAT

BIDANG MINAT BAKAT

Bidang minat dan bakat adalah bidang yang mengatur segala hal dalam FKIKUAJ yang berhubungan dengan minat dan bakat. Bidang ini memfasilitasi UPMM AMVB, AMBC, Medsoccer, BBC, Taekwondo, Medilens, Medidance, Cellube, Apollo, ATOMA, dan Atma Search. sebagai tempat para mahasiswa menyalurkan minat dan bakatnya melalui kegiatan-kegiatan dalam UPMM tersebut. Selain memfasilitasi UPMM, bidang ini juga menyusun semua program dalam FKIKUAJ yang berhubungan dengan minat dan bakat mahasiswa khususnya di bidang seni, olahraga, dan ilmiah.


ATMA CORDIS OR DAN SENI

Atma Cordis adalah acara bertaraf nasional yang menjadi sarana untuk mengembangkan potensi dan menjalin keakraban mahasiswa dari berbagai universitas rumpun ilmu kesehatan di Indonesia melalui serangkaian acara kompetisi dalam bidang olahraga dan seni. Melalui kompetisi yang sehat, Atma Cordis akan menjadi salah satu sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan keakraban, kreativitas, tanggung jawab, dan semagat juang serta sportivitas yang tidak didapatkan secara langsung melalui pendidikan akademis di kampus.

 

AORTA (ATMA JAYA ANNUAL ART AND COMPETITION)

Aorta adalah kegiatan non akademik yang meliputi pertandingan olahraga antar angkatan serta akan ditutup dengan pentas seni fakultas yakni Campus Nite. Acara ini bertujuan untuk mengakrabkan sesama angkatan dan antar angkatan sebagai sarana untuk refreshing di tengah kesibukan di dalam kampus. Aorta adalah wadah bagi mahasiswa FKIK Unika Atma Jaya untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat olahraga dan seni yang dimiliki. Acara ini merupakan acara internal yang diharapkan dapat mengakrabkan keluarga besar FKIKUAJ. Aorta melibatkan seluruh UPMM bidang minat dan bakat yakni UPMM BBC, UPMM Medsoccer, UPMM AMVB, UPMM AMBC, UPMM Medidance, UPMM Medilens, UPMM Taekwondo, UPMM Cellube, dan UPMM Apollo.

 

HUBUNGAN MASYARAKAT

Kepala Bidang

Tiffanie Natasha

 

Sekretaris Bidang 

Monica Octorina Caroles

 

Anggota Departemen Eksternal

Alnardo Tuamain

Denise Aurellia

Lura Maharani

 

Anggota Departemen Internal

Sefanya Angeline

Agnes Benedicta

Clemarie Natasha Tholib

Este Fany

 

Bidang Hubungan Masyarakat SM-FKIKUAJ merupakan bidang yang memfasilitasi hubungan SM-FKIKUAJ baik secara internal maupun eksternal. Hubungan secara internal meliputi hubungan dengan dekanat, mahasiswa, staff pengajar dan karyawan. Sedangkan hubungan secara eksternal merupakan hubungan dengan universitas lain, ikatan alumni, maupun semua pihak luar yang ingin menjalin kerjasama dengan SM-FKIKUAJ. Bidang Hubungan Masyarakat juga bertanggung jawab atas publikasi acara yang diadakan atau berhubungan dengan SM-FKIKUAJ, baik acara yang diadakan secara internal, eksternal, maupun acara dari universitas lain.

Bidang ini juga mengatur pengiriman delegasi mahasiswa, sekaligus menjadi tempat informasi bagi para peserta lomba. Sebagai satu-satunya bidang di SM- FKIKUAJ yang memiliki hubungan dengan integrasi teknologi terkait sosial media, bidang Hubungan Masyarakat juga berperan dalam meningkatkan kemampuan desain mahasiswa.

?Tujuan akhir dari bidang Humas adalah untuk dapat melayani kebutuhan mahasiswa akan penyediaan informasi dan hubungan eksternal serta menerima segala hubungan eksternal kedalam SM-FKIKUAJ.


Program Kerja:

  1. School of Design (Advanced dan Beginner)
  2. School of Delegation
  3. Papan SMFKIKUAJ
  4. Open House FKIKUAJ
  5. Video Profile Pengurus SMFKIKUAJ
  6. Media Sosial SMFKIKUAJ (Instagram, YouTube, Website, Line, E-mail)
  7. Delegasi FKIKUAJ

 

PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Kamu adalah cakrawala untuk Indonesia”

 

Bidang pengembangan masyarakat (PengMas) merupakan wadah untuk mahasiswa FKIKUAJ mengembangkan potensi melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat Indonesia yang inovatif, kreatif dan berkelanjutan khususnya dalam bidang kesehatan. PengMas menciptakan semangat kepedulian sosial dan peluang bagi mahasiswa untuk terjun langsung melayani masyarakat Indonesia. Prinsip PengMas adalah melayani dengan passion dan hati yang tulus, membuat masyarakat tahu, mau, dan mampu sehingga menghasilkan mutu hidup masyarakat yang lebih baik, dan memaksimalkan potensi mahasiswa FKIKUAJ agar menjadi dokter dan farmasis dengan kepribadian yang luar biasa.

 

Program-program yang dijalankan merupakan kolaborasi internal dengan Pengabdian Masyarakat Dosen FKIKUAJ dan UPMM bidang sosial. PengMas juga membuka kolaborasi eksternal dengan Community Empowerment Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (CE ISMKI), Susteran Puteri Kasih, dan tenaga kesehatan di tengah masyarakat. Kegiatan kami meliputi, Pengmas’ Education Day, Online Campaign, Pekan Aktivitas Sosial, Pengmas’ Health Day, dan masih banyak kegiatan lainnya

 

Bidang pengembangan masyarakat bersama UPMM-nya yaitu, DABIN, HACCP, dan AMERA akan berperan sebagai jembatan antara mahasiswa dan masyarakat. PengMas merancang dan mengeksekusi program pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, dengan fokus tema kegiatan pada Non-Communicable Disease (Diabetes, Hypertension, Dyslipidemia), Communicable Disease (Covid-19, Tuberculosis), Child’s Nutritional Health, Geriatric Disease, Reproduction Health, Anti-Tobacco, Anti-Drugs, dan Climate Change.

 

 

KAJIAN STRATEGIS

Bidang Kajian Strategis SM-FKIKUAJ merupakan bidang yang berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa FKIKUAJ untuk mengkritisi, mengkaji dan mencari informasi secara aktual. Fokus yang dibahas adalah isu yang berkembang dalam lingkup program studi hingga isu internasional, khususnya di bidang kesehatan serta pendidikan dan profesi. Bidang Kajian Strategis menjadi awal terlaksananya advokasi dan tindak lanjut masalah internal maupun eksternal dengan mengamati, menganalisa serta memberi solusi terhadap isu terkait yang bersifat urgent dan fleksibel. Advokasi serta audiensi oleh bidang Kajian Strategis bertujuan untuk membawa perubahan yang positif, memperluas wawasan, dan meningkatkan kepedulian mahasiswa FKIKUAJ terhadap isu yang terjadi di lingkungan sekitar.

 

BADAN USAHA

 

Deskripsi:

BADAN USAHA

Kepala Bidang

Vanessia Verda

Sekretaris Bidang

Yunita
Bendahara Bidang

Valerie
Anggota Bidang

Ivanna Lunetta

Kelviyana

William Leonardo

Michelle Chiara

Hans Widyatomo

 

Badan Usaha adalah suatu badan khusus yang dibentuk sejak kepengurusan SM-FKIKUAJ 2013/2014. Badan Usaha ini bertujuan mengatur sistem perdagangan di lingkungan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIKUAJ), memfasilitasi potensi mahasiswa FKIKUAJ dalam bidang kewirausahaan, dan menyediakan makanan dan minuman di lingkungan FKIKUAJ.


Fungsi Badan Usaha antara lain adalah:

  1. Mengembangkan berbagai kegiatan yang dapat menjadi sumber pemasukan kas SM-FKIKUAJ.
  2. Mengatur sistem perdagangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan dari seluruh organisasi yang ada di lingkungan FKIKUAJ.
  3. Menyediakan kebutuhan mahasiswa FKIKUAJ dimana bisa menjadi sumber dana tambahan bagi kas SM-FKIKUAJ.
  4. Memfasilitasi potensi mahasiswa FKIKUAJ dalam bidang kewirausahaan.

 

STAFF AHLI

Kepala Bidang

Andre Colin

Sekretaris Bidang

Septiana Ailen

Anggota
Staff Ahli Bidang Kajian Strategis: 
Maximillion Budiman Kadharmestan

Staff Ahli Badan Usaha: Juan Feivel Stevanus

Staff Ahli Bidang Pengembangan Masyarakat: Kezia Nathania Limbong

Staff Ahli Bidang Hubungan Masyarakat: Eric Ricardo Yonatan

Staff Ahli Bidang Minat dan Bakat: Yeziel Sayogo

Staff Ahli Bidang Penelitian dan Pengembangan: Gabriela Jessica Sujata

Staff Ahli Bidang Kaderisasi: Laurentine Belinda

 

Bidang Staff Ahli merupakan bidang yang bekerja ke dalam internal SM-FKIKUAJ. Staff Ahli memiliki tugas dan peran dalam memberdayakan sumber daya mahasiswa dalam internal kepengurusan SM-FKIKUAJ dengan meningkatkan serta mengembangkan potensi, karakter, dan kepribadian dari pengurusnya. Selain itu, Staff Ahli juga berperan dalam mengakrabkan hubungan dan kekeluargaan antar sesama pengurus SM-FKIKUAJ, mengevaluasi kinerja kerja dan program-program kerja SM-FKIKUAJ agar dapat dijadikan pengalaman dan motivasi dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus kedepannya.

Acara-acara dan program kerja yang ada dalam koordinasi Staff Ahli antara lain:

  1. Team Building SM-FKIKUAJ
  2. Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) SM-FKIKUAJ
  3. Rapor Senator

 

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

Pengurus: 

  • Koordinator : Alver Prasetya 
  • Sekbid : Catrin Tania
  • Anggota: 
    • Bernard Christoper Fernando Oen
    • Benedicta Ann Clarabelle Thiantoro
    • Valencia Widia
    • Marcella Molingga
    • Christian Susanto 
  • Ketua AS:
    • Marcelvina Mutiara Putri
  • Ketua AtoMA: 
    • Nathalie Cynthia

 

Deskripsi: 

Bidang Penelitian dan Pengembangan SM-FKIKUAJ merupakan bidang yang berfokus dalam mengembangkan penelitian dan kegiatan ilmiah di FKIKUAJ. LITBANG akan berperan dalam mewadahi UPMM ilmiah, acara ilmiah, mengadakan penelitian dan melaksanakan program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan mutu penelitian di lingkungan FKIKUAJ.

 

KADERISASI

Bidang Kaderisasi memiliki tujuan untuk membentuk karakter mahasiswa FKIKUAJ, berdasarkan tujuan ini lah maka dibentuk program-program yang dapat memfasilitasi mahasiswa FKIKUAJ baik dari tahun pertama sampai tahun keempat. Program yang dibuat  mencakup seluruh mahasiswa untuk dapat berpartisipasi dengan tujuan pengembangan kepribadian baik di luar maupun di dalam kampus. Bidang ini bertugas untuk dapat membentuk mahasiswa agar dapat menjadi kader-kader dengan karakter dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum di 7 stars doctor /10 stars pharmacist dan 2 cinta serta nilai-nilai yang dianut Atma Jaya, yaitu KUPP. Dengan demikian diharapkan karakter dan kepribadian tersebut dapat diamalkan dalam kehidupan akademis, non-akademis dan terutama ketika bertugas menjadi tenaga kesehatan kedepannya. Tujuan dari kaderisasi ini adalam pembinaan yang terjadi secara menyeluruh, bertahap dan berkelanjutan.

Deskripsi Program Kerja

 

Pengenalan Kampus 

Pengenalan kampus merupakan acara yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan dan sistem perkuliahan di FKIK UAJ serta membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi di dunia perkuliahan. Acara ini merupakan first impression bagi mahasiswa baru mengenai kehidupan sebagai mahasiswa. Pengenalan Kampus ini dilaksanakan selama 3 hari dimana tiap harinya akan diisi dengan berbagai sesi serta penanaman nilai-nilai yang dianut pada FKIK UAJ yaitu KUPP, 2 Cinta, 7 Stars Doctor & 10 Stars Pharmacist.

 

Medicamp

Medicamp 2019 merupakan sebuah kegiatan camping yang dilaksanakanselama 3 hari 2 malam. Peserta Medicamp 2019 meliputi mahasiswa angkatan 2021 dan mahasiswa senior tahun-tahun sebelumnya. Peserta akan beraktivitas di alam terbuka dan tidur di tenda, dan melaksanakan berbagai kegiatan yang sebelumnya telah disiapkan oleh panitia.

Secara garis besar, Medicamp 2019 akan terdiri dari beberapa acara yaitu:

  1. Jalan malam, bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan memperkuat nilai yang sudah ditanamkan di Pengenalan Kampus. 
  2. Permainan (games) yang bertujuan menjalin kerjasama antar peserta, dan menumbuhkan semangat kompetisi yang sehat. 
  3. 3.    Hiking, bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan kekompakan anggota kelompok.
  4. Api unggun, bertujuan untuk mengakrabkan peserta dan menjalin benang merah setiap acara yang telah dibuat dengan suasana malam yang lebih santai. 
  5. Inisiasi, yaitu acara yang menjadi tanda simbolik penyambutan mahasiswa angkatan 2019 ke dalam keluarga FKIKUAJ.
  6. 6.    Sharing alumni, bertujuan untuk memberikan gambaran akankehidupan mahasiswa kedokteran terutama di FKIKUAJ, baik saat studi sarjana dan profesi. 

 

LKMM LOKAL

LKMM Lokal merupakan serangkaian kegiatan untuk mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai yang ada di FKIK Atma Jaya, baik prodi kedokteran dan farmasi, serta pemberian materi-materi tentang skill kepemimpinan melalui sesi pemberian materi kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk membahas kasus serta cara untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan materi yang telah diberikan. Sesi diskusi akan dilaksanakan dalam kelompok-kelompok kecil yang akan dibimbing oleh fasilitator yang sebelumnya dilatih terlebih dahulu.

 

UPMM DI FKIKUAJ

ATMA SEARCH

 

Atma SEARCH (Atma Jaya Science, Education, and Research Council on Health) merupakan UPMM yang berada di bawah bidang 1 SM-FKIKUAJ yang bertujuan untuk mewadahi aspirasi, bakat dan minat mahasiswa FKUAJ dalam bidang penelitian, ilmiah dan pendidikan kedokteran. Atma SEARCH didirikan pada tanggal 2 Maret 2004 dengan motto “Non erit medicinæ sine scientia et quæstionis” yang berarti “Tidak ada Kedokteran tanpa Ilmu Pengetahuan dan Penelitian”.

Atma SEARCH memiliki 3 divisi yang memiliki program kerja masing-masing yang dapat bersifat internal maupun eksternal:

1. Research

Divisi ini mengedepankan pengembangan bakat dan minat untuk melakukan penelitian. Namun di samping itu, kegiatan lain yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan KTI, esai dan poster, study tour serta mengadakan seminar nasional.

2. Science Education

Sesuai namanya, anggota dalam divisi ini bertugas untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengedukasi anggota Atma SEARCH maupun mahasiswa FKUAJ lainnya. Kegiatan tersebut antara lain literature review, medical skill training, case study dan cinemed.

3. Public and Promotion

Divisi ini yang berperan penting dalam mengharumkan nama Atma SEARCH karena divisi inilah yang akan mengabadikan moment tiap acara internal maupun eksternal Atma SEARCH lalu diunggah di berbagai media seperti Facebook, Line official account dan juga Instagram. Selain update acara-acara, akun media sosial yang dipegang Public and Promotion akan selalu update jadwal lomba dan acara ilmiah fakultas kedokteran dari berbagai universitas serta fun fact seputar dunia kedokteran. Tak lupa pula buletin ilmiah Mediscope dan acara hakrab dan makrab penyambutan anggota baru juga dikerjakan dengan apik di bawah divisi ini.

Proposal penelitian

  • Penelitian Peranan Dukungan Sosial Terhadap Tingkat Kognitif Lansia di Panti Wreda dan di Rumah Keluarga (Januari 2013)
  • Efek Ekstrak Lentinus edodes terhadap Multi-drug Resistant Mycobacterium tuberculosis (Januari 2013)

Hasil lomba

  • Karya tulis ilmiah "Penggunaan Flagelin dari Bakteri Pseudomonas aeruginosa untuk Menginduksi Sistem Imun Alami terhadap Pneumonia Nosokomial" dalam lomba AtmaCordis 2014.
  • Poster kesehatan masyarakat "Cegah PPOK dengan 5J" dalam lomba AtmaCordis 2014.
  • Poster kesehatan masyarakat "C.O.P" dalam lomba Telminas 2013.
  • Karya Tulis Ilmiah "The Utilization of Symbiotic for the Colorectal Cancer Therapy" dalam lomba Liga Medika 2013.
  • Poster kesehatan masyarakat "Ayo Perangi Kanker Serviks dengan Pap Smear" dalam lomba Hassanudin Scientific Fair 2013.
  • Poster ilmiah "Piper Betle vs Curcuma Longa, Comparison of its Anthelmintic Activity " dalam lomba Telminas 2013.
  • Poster kesehatan masyarakat "Awas cacing: dalam lomba Telminas 2013.


Untuk info lebih lanjut, bisa langsung add Line official account kami di @ukr6432n atau follow Instagram kami di @atmasearch

 

ATOMA

 

Menjadi seorang dokter di era modern ini tidaklah lengkap jika belum mengenal berbagai teknologi kedokteran. UPMM AToMA (Advanced Technology of Medical Atma Jaya) merupakan satu - satunya unit pengembangan mahasiswa FKIKUAJ di bidang teknologi kedokteran yang kini semakin berkembang. UPMM yang berlandaskan kekeluargaan ini mempunyai 3 divisi yang saling melengkapi, yaitu TS (Technical Support), HRD (Human Resources and Development), dan PR (Public Relation). Disini kita semua akan belajar bersama mengenai teknologi kedokteran, melakukan kunjungan ke RS atau EXPO untuk melihat alat - alat kedokteran terkini, dan masih banyak lagi!! Buat temen-temen yang ingin mendapat keluarga baru dan menjadi dokter yang canggih dan ga gaptek, ini dia nih tempat paling tepat untuk bergabung! Masih ragu? Gabung dulu deh dan rasakan sendiri sensasinya!

 

Adapun kegiatan-kegiatan berdasarkan divisi di AToMA yaitu :

Technical Support (TS)

• Healthtech Club

• Radiology Club

• Hospital Visit/ Hospital Expo

• Pelatihan SPSS

 

Human Resources and Development (HRD)

• Seminar

• Hari Keakraban (Hakrab)

• Malam Keakraban (Makrab)

• Apprentice

 

Public Relation (PR)

• Pelatihan Editing 

• Media Sosial

 

DABIN

 

"HANGATNYA KEKELUARGAAN DALAM KESEDERHANAAN"


DABIN SM-FKIKUAJ adalah salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya. Awal berdirinya UPMM ini dilatarbelakangi oleh adanya proyek fakultas kedokteran untuk mengembangkan suatu daerah mitra yang diawali dengan Program Keluarga Sehat (PKS) bekerjasama dengan Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) di RW 06 Kelurahan Karet Semanggi (di belakang kampus Unika Atma Jaya) oleh drg. Liling Pudjilestari. Sejak awal, kegiatan ini telah didesain untuk mahasiswa agar dapat terjun ke masyarakat sedini mungkin. Kegiatan yang diadakan merupakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya dengan melibatkan para mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, SM-FKIKUAJ mengadopsi kegiatan ini sebagai salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa, yaitu DABIN SM-FKIKUAJ yang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang pengabdian masyarakat.

DABIN SM-FKIKUAJ dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) SM-FKIKUAJ yang mengusung tema Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS FKIKUAJ) pernah bekerja sama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (2010 – 2011) dalam program Water For Schools (WFS). Program WFS ini mempunyai tujuan secara umum meningkatkan akses masyarakat sekolah terhadap air bersih melalui penerapan teknologi Rain Water Harvesting (RWH), serta meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat sekolah dengan menyediakan fasilitas Hand Washing Station (HWS) dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).  

DABIN mengadopsi tema mengenai penyakit-penyakit yang dikategorikan urgensi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia guna meningkatkan awareness terhadap penyakit-penyakit tersebut. Sebelum masa pandemi COVID-19, kami turun ke daerah Cilincing untuk melaksanakan kegiatan Together Towards Tomorrow (3T), serta melakukan penyuluhan mengenai PHBS ke masyarakat sebagai tindakan untuk mencegah terjadinya penyakit, penyebarannya, dan perburukkan penyakit dengan pembinaan dokter-dokter Atma Jaya yang sudah ahli dalam Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM).


Meskipun dalam masa pandemi seperti ini dimana sulitnya interaksi dan komunikasi secara langsung kepada masyarakat, DABIN SM-FKIKUAJ berinovasi dan tetap berusaha untuk menyampaikan materi dan menjalankan penyuluhan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan kami yang tentunya akan menambah ilmu dan pengalaman kalian, serta membantu lebih banyak masyarakat.


DABIN memiliki 3 divisi, yaitu :

 

  1. DABIN DEVELOPMENT

Merupakan divisi yang akan membuat ide-ide menarik mengenai materi yang akan disampaikan pada acara penyuluhan yang kelak diadakan oleh DABIN agar peserta dapat lebih mudah mengerti dan mengingat materi yang sedang dibawakan.

  1. DABIN CARE

Merupakan divisi pelaksana, mahasiswa di divisi ini lebih mengedepankan aksi ke masyarakat serta akan merangkum dan membuat materi untuk acara penyuluhan yang kelak diadakan oleh DABIN. Selain itu, divisi ini juga akan mencari materi, kemudian meminta bantuan dosen atau orang yang ahli dibidangnya untuk memeriksa kesahihan dan kebenaran materi, lalu dirangkum sesuai dengan usia yang akan disuluh.

  1. DABIN PORTRAIT

Divisi ini berperan untuk mempublikasikan acara-acara internal dan eksternal DABIN SM-FKIKUAJ, mendokumentasikan kegiatan, membuat design poster untuk penyuluhan apabila DABIN Development dan DABIN Care meminta bantuan, serta mengurus media sosial yang dimiliki oleh DABIN SM-FKIKUAJ.

Meski terdapat perbedaan peran antara ketiganya, ketiga divisi saling bekerja sama terhadap suatu kegiatan, sehingga masing-masing dari anggota akan ada di tiap kegiatan dan dapat melakukan penyuluhan kepada masyarakat.

Instagram : @dabin_fkikuaj

 

HACCP

 

Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) SM-FKIKUAJ  adalah salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) di bawah bidang Pengembangan Sosial Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (SM-FKIKUAJ). HACCP memiliki visi untuk memajukan Kesehatan masyarakat khususnya di bidang Kesehatan pangan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan kami antara lain adalah penyuluhan dan pelatihan kepada murid sekolah dan orang tua di berbagai tempat, melakukan pemeriksaan Kesehatan pada bayi seperti antropometri, dan aktif mengembangkan berbagai instansi dari segi kesehatan.

Salah satu pencapaian dari berbagai kegiatan yang telah kami lakukan bersama DABIN SM-FKIKUAJ adalah terjalinnya kerja sama HACCP-DABIN dengan pemerintah kota DKI Jakarta serta Coca Cola Foundation Indonesia. Kami telah membangun 6 alat Rain Water Harvesting /Penampungan Air Hujan di 6 sekolah dasar negeri di Jakarta Utara guna mencukupi kebutuhan air bersih dan air minum di sekolah mereka. Selain itu, kami juga melatih dan mendampingi para guru dan murid  untuk memahami bagaimana cara menggunakan alat tesebut dan mengedukasi pentingnya tindakan menghemat air.

Pencapaian lain yang telah kami lakukan adalah keberhasilan dalam membangun Kantin Sehat yang dinobatkan menjadi juara dalam Atma Jaya Student Award 2019 Bidang Kepedulian Sosial. Program ini merupakan program lanjutan dari program Gizi Seimbang dan Gaya Hidup Sehat yang ditujukan kepada pedagang kantin di SDN yang pernah bekerja sama dengan HACCP SM-FKIKUAJ. HACCP bertugas mengedukasi pedagang kantin sehingga makanan dan minuman yang dijual sesuai dengan gizi seimbang, bersih dan mencukupi kebutuhan kalori anak usia SD.

Selain itu, kami juga telah diliput oleh Media Indonesia dan Kompas Muda atas kegiatan yang kami jalankan untuk mengedukasi Masyarakat mengenai Stunting beserta cara mencegahnya. 

HACCP SM-FKIKUAJ memiliki 3 divisi yakni:

  1. Clean and Healthy Lifestyle

Merupakan divisi yang berfokus pada program mengenai PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Kegiatan yang telah kami lakukan adalah terjalinnya kerja sama dengan pemerintah kota DKI Jakarta dan Coca Cola Foundation Indonesia dalam HAL (Healthy Active Lifestyle). Dalam kegiatan ini kami mengajarkan berbagai permainan tradisional kepada murid PAUD-SMP dengan tujuan meningkatkan aktivitas fisik mereka. Selain itu, divisi ini juga mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan diri yang dimulai dengan mencuci tangan, cara mandi, dan cara merawat gigi yang baik dan benar dan pentingnya berolah raga. Kami juga melakukan penyuluhan di berbagai tempat seperti di sekolah dan pada saat Car Free Day

  1. Food Safety and Nutrition

Divisi ini memiliki kegiatan untuk memantau kandungan gizi, proses pembuatan, sampai pengepakan terhadap suatu produk agar aman dikonsumsi. Kegiatan yang dilakukan antara lain memeriksa kondisi makanan dan minuman yang ada di sekitar sekolah dasar serta mengetahui cara pembuatan makanan dan minuman tersebut. Apabila tidak sesuai standar yang berlaku, divisi ini membantu para pedagang agar dapat membuat makanan dan minuman yang aman dikonsumsi. Divisi ini juga mempunyai agenda yaitu kunjungan pabrik. Tujuannya agar anggota HACCP mengetahui penerapan HACCP dalam proses pembuatan makanan. Informasi ini nantinya akan digunakan untuk mengedukasi pedagang kantin dan para siswa. Selain itu, divisi ini juga mengajarkan pentingnya Gizi Seimbang yaitu makan makanan dengan komposisi lengkap dan sesuai dengan kebutuhan kalori dengan aktivitas. Biasanya dengan mengajarkan tentang piramida makanan, makanan 4 sehat 5 sempurna, serta apa saja makanan yang mengandung pengawet, pewarna, serta zat kimia berbahaya lainnya.

  1. Creative and Publication

Divisi ini bergerak dalam bidang kreatif dan publikasi. Kegiatannya antara lain mendokumentasikan seluruh kegiatan HACCP SM-FKIKUAJ, menjalankan akun sosial media HACCP SM-FKIKUAJ, membuat video promosi untuk penyuluhan, membuat lagu-lagu dan tarian, serta pembuatan properti penyuluhan untuk mempermudah dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas.

 

Instagram: @haccpfkikuaj
https://muda.kompas.id/baca/2019/09/11/atma-jaya-warriors-peduli-terhadap-sesama-adalah-sebuah-kerinduan/
https://m.mediaindonesia.com/read/detail/279054-saat-mahasiswa-kedokteran-sebarkan-kesadaran-stunting

 

AMERA

 

AMERA (Atma Jaya Medical Education on Reproduction Health and Addiction) merupakan salah satu UPMM yang berada di bawah bidang Pengembangan Masyarakat Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNIKA Atma Jaya. AMERA berbeda dengan UPMM lain karena materi khusus AMERA adalah mengenai kesehatan reproduksi dan adiksi. Di masa Pandemi ini kami tidak berhenti untuk memberikan pengabdian kami terhadap masyarakat dengan tetap menyuluh dan mengedukasi secara online.

SEA

Setiap tahunnya AMERA mengadakan penyuluhan-penyuluhan ke suatu instansi/sekolah/panti asuhan, mengajarkan para remaja mengenai bahaya merokok, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, dan cara menjaga kebersihan alat reproduksi baik laki-laki maupun perempuan. Dalam kondisi pandemi COVID-19, AMERA mengusahakan penyuluhan secara online, yaitu melalui video zoom dan disertai dengan pembagian sembako di akhir. Saat penyuluhan Online SEA ini, Amera ikut membawa materi mengenai kesehatan mental dan bekerja sama dengan ahlinya untuk memberikan materi penyuluhan ini.

Pekan serviks

Salah satu fokus AMERA adalah kesehatan reproduksi, maka kami mengadakan penyuluhan dan skrining kanker serviks gratis bagi masyarakat. Kami terjun langsung ke masyarakat bukan hanya untuk mengedukasi masyarakat sebagai tindakan preventif, namun kami juga melakukan pemeriksaan gratis. Kami berfokus pada kanker serviks karena kanker serviks merupakan kanker yang paling banyak diderita oleh wanita di Indonesia selain kanker payudara. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara mendeteksi kanker serviks, terutama masyarakat dengan sosioekonomi rendah. AMERA berkolaborasi dengan departemen obgyn dan PA dalam melakukan kegiatan ini. Anggota AMERA dapat membantu secara langsung pada proses skriningnya, baik dari pengecekan tanda-tanda vital dan membantu dokter dalam melakukan papsmear. Selain membantu masyarakat, anggota AMERA juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang nyata mengenai papsmear dan seputar kanker serviks. Dalam pandemi Covid-19 ini, Mungkin tidak diadakan proses skrining, namun kami mengalihkan dengan mengadakan penyuluhan online hingga webinar untuk tetap menginformasikan mengenai kanker serviks untuk masyarakat terutama dalam hal ini wanita muda yang sudah menikah dengan rentan usia 20-40 tahun.

BOBA (Belajar Online Bersama AMERA)

Salah satu kegiatan Amera yang berjalan rutin perminggunya, untuk membagikan informasi ke public mengenai kesehatan reproduksi,bahaya merokok dan narkoba dengan membagikannya melalui socia media, dalam hal ini, Instagram

 

MEDSOCCER

 

Medsoccer FKIKUAJ merupakan salah satu upmm yang berdiri dibawah naungan senat FKIKUAJ yang bergerak di bidang olahraga dan menggeluti dunia futsal dan sepak bola.


Medsoccer merupakan wadah dimana mahasiswa FKIKUAJ bisa bermain futsal bersama sesama mahasiswa, dosen, serta karyawan AtmaJaya. Medsoccer Atma Jaya memiliki tujuan untuk saling mengakrabkan antar angkatan dan segenap civitas FKIKUAJ.

Medsoccer Atma Jaya juga rutin mengikuti kompetisi-kompetisi rumpun kesehatan taraf nasional yang berada di Jakarta. Sekaligus juga berkenalan dengan mahasiswa-mahasiswa di FK lain.


Berikut adalah sebagian dari gelar-gelar yang sudah pernah diraih oleh MedSoccer:

  1. Juara II Futsal Putra Moestopo Cup 2020
  2. Juara III Futsal Putra Ukrida Champions League 2019
  3. Juara  II Futsal Putra Dens FKG Usakti 2019
  4. Juara II Futsal Putra Dean Cup 2019
  5. Peringkat 4 Futsal Putra Atma Cordis 2019
  6. Juara II Futsal Putra Dean Cup 2019
  7. Juara I Futsal Putra Dens FKG Usakti 2018
  8. Juara I Futsal Putra Ukrida Champions League 2018
  9. Juara II Futsal Putra Atma Cordis 2018
  10. Juara III Futsal Putra Atma Cordis 2014
  11. Juara II Futsal Putri Yarsi Cup 2014
  12. Juara II Futsal Putri Liga Medika UI 2014
  13. Juara II Futsal Putri Atma Cordis 2013
  14. Juara I Futsal Putri Muhammadiyah Medical Festival Dean Cup 2013
  15. Juara III Futsal Putri Liga Medika UI 2012
  16. ?Juara I Futsal Putri Medical Usakti Cup 2012

 

BBC

 

Basket Ball Club Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (BBC SM-FKIKUAJ) adalah salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) di bawah Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya. BBC SM-FKIKUAJ didirikandengan tujuan untuk menampung minat dan bakat mahasiswa FKIKUAJ dalam olahraga basket. Selain mengasah keterampilan bermain basket, UPMM ini mengajarkan untuk disiplin dan respect antar masing-masing anggota. Latihan rutin diadakan setiap hari Selasa dan Kamis untuk mengasah skill bermain basket dari setiap anggotanya.

Selama berdirinya, tim putra dan putri BBC SM-FKIKUAJ telah meraih berbagai gelar juara baik di tingkat universitas maupun nasional.

Gelar juara yang berhasil diraih oleh tim putra antara lain:


Juara 1 Moestopo Cup 2020 "MOESCULAR"
Juara 1 Atma Cordis 2019 “SYSTOLIC”
?Juara 1 Staccato Cup 2019
Juara 1 Liga Medika 2019
Juara 1 Dens Cup 2019
Juara 3 Dens Cup 2018
Juara 1 Moestopo Cup 2018
Juara 2 Atma Cordis 2017 “SYNAPSE”
Juara 1 Moestopo Cup 2017
Juara 1 Liga Medika 2017
Juara 1 Atma Cordis 2016 “PACIFIER”
Juara 1 Liga Medika 2016
Juara 1 Dentistry Cup 2016
Juara 1 Gen X 2016
Juara 1 Atma Cordis 2015 “OPHTHALMICUS”
Juara 1 Moestopo Cup 2015,
Juara 1 Atma Cordis 2014 “ADRENALINE”,
Juara 1 Atma Cordis 2013,
Juara 2 Liga Medika 2012,
Juara 3 Dentistry Cup 2012,
Juara 3 Locomotorica 2012,
Juara 1 Medusa Cup 2012,

Sedangkan tim putri berhasil meraih:
Juara 3 Moestopo Cup 2020 "MOESCULAR
Juara 2 Moestopo cup 2019
Juara 2 Atma Cordis 2019
Juara 1 Stacatto Cup 2019
Juara 2 Liga Medika 2019
?Juara 1 Atma Cordis 2018
Juara 2 Atma Cordis 2017 “SYNAPSE”
Juara 1 Dens Cup 2017
Juara 1 Atma Cordis 2016 “Pacifier”
Juara 1 Moestopo Cup 2016
Juara 3 Liga Medika 2016
Juara 3 Dens Cup 2016
Juara 1 Atma Cordis 2015 “OPHTHALMICUS”
Juara 1 Atma Cordis 2014 “ADRENALINE”
Juara 1 Atma Cordis 2013,
Juara 1 Liga Medika 2013,
Juara 1 Dentistry Cup 2012,
Juara 1 Locomotorica 2012.

 

AMBC

 

Atma Jaya Medical Badminton Club (AMBC) adalah salah satu Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (SM-FKIKUAJ) yang berdiri sejak 24 April 2006. Pendirian AMBC SM-FKUAJ bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa FKIKUAJ, preklinik maupun klinik, yang mempunyai minat dan bakat dalam bidang olahraga bulutangkis. AMBC SM-FKIKUAJ tidak hanya mengembangkan minat mahasiswa, tetapi juga membantu menambah prestasi di FKIKUAJ tingkat universitas maupun nasional, mengembangkan soft skill anggota dalam organisasi, membentuk kerja sama tim serta menjadi wadah sosialisasi bagi para anggota. AMBC SM-FKIKUAJ juga menjalin hubungan dengan pihak eksternal, seperti UPMM bulutangkis dari universitas lain maupun dari Kampus Semanggi.


Kegiatan:

  • Latihan rutin setiap hari Selasa dan Jumat pukul 15.00 - 17.00 di Cometa Arena, Pluit.
  • Sparring, internal (antar sesama anggota AMBC) maupun eksternal (dengan fakultas/Universitas lain)
  • Makrab (Malam Keakraban) dan Hakrab (Hari Keakraban)
  • AMBC CUP (pertandingan bulutangkis tingkat fakultas di FKIKUAJ)
  • Pelatihan dengan pelatih dari luar FKIKUAJ

Prestasi:

  • Juara 2 Ganda Putra Gen X 2018
  • Juara 1 Tunggal Putra Dens Cup 2019
  • Juara 2 Ganda Putra Dens Cup 2019
  • Juara 1 Tunggal Putra Ukrida Champions League 2019
  • Juara 1 Ganda Campuran Ukrida Champions League 2019
  • Juara 2 Ganda Putra Ukrida Champions League 2019

 

AMVB

 

Atma Jaya Medical Volley Ball (AMVB) adalah tempat para mahasiswa penggemar voli berlatih, bermain dan bersenang-senang bersama. Klub ini tidak hanya untuk para pemain voli yang sudah pro, tetapi juga terbuka untuk siapa saja yang ingin mencoba bermain atau hanya untuk refreshing. Dalam klub ini juga dapat saling bersosialisasi dan menambah teman bahkan dengan senior-senior yang sudah lulus! Kegiatan klub ini rutin diadakan setiap hari Senin jam 15.30 WIB di lapangan FKIKUAJ. AMVB saat ini sedang mencari acara-acara yang mengandung pertandingan voli untuk menyalurkan hasrat bertanding para anggotanya!

 

MEDILENS

 

MEDILENS SM-FKIKUAJ merupakan sebuah Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) yang didirikan sebagai bentuk apresiasi mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIKUAJ) terhadap dunia seni visual, khususnya pada dunia digital photography.

 

Dunia fotografi saat ini sudah sangat berkembang. Dulu, mungkin orang-orang harus memiliki kamera dan mencuci filmnya di studio untuk mendapatkan sebuah foto. Namun, kini fotografi telah menjamah hampir seluruh kalangan masyarakat. Setiap orang bisa mengambil foto dengan alat-alat yang terjangkau. Tidak harus menggunakan kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), kamera smartphone pun sudah mampu mengabadikan momen dengan kualitas yang tidak kalah baik. Selain itu, berbagai aplikasi photo editor yang user friendly juga sudah banyak beredar sehingga setiap orang bisa menonjolkan kepribadian tertentu dalam fotonya. Tidak hanya foto, videografi dan sinematografi juga sedang berkembang di Indonesia. Tak heran, banyak freelancer yang menawarkan jasanya dalam bidang tersebut.
Hasil berupa foto dan video itu kemudian bisa dibagikan di berbagai platform, seperti Instagram, sehingga bisa dinikmati orang banyak. Oleh karena itu, MEDILENS SM-FKIKUAJ ingin menjadi wadah bagi mahasiswa FKIKUAJ untuk menyalurkan kecintaannya terhadap dunia fotografi, videografi, dan editing. Dengan keanggotaan dalam UPMM ini, diharapkan para anggota MEDILENS SM-FKIKUAJ dapat saling berbagi ilmu dan mendalami pemahaman tentang dunia fotografi tanpa harus mempedulikan alat yang digunakan serta kemampuan dasar yang dimiliki satu sama lain.

Tak hanya itu, MEDILENS SM-FKIKUAJ juga berupaya menjadi tempat untuk menyalurkan bakat di bidang modeling dan makeup dalam beberapa program kerja UPMM; menjadi wadah penyalur karya seni, yang dapat dinikmati oleh semua orang melalui berbagai macam media, baik digital (instagram, website), maupun pameran foto; serta menjadi sebuah UPMM yang mampu mengembangkan kemampuan dari setiap anggota MEDILENS SM-FKIKUAJ dalam bidang fotografi, videografi dan digital editing melalui workshop dan hunting yang akan di lakukan secara berkala.

Kegiatan:

  • Workshop
  • Hunting
  • Dokumentasi berbagai acara fakultas (seminar, sumpah dokter, dll.)
  • Pameran foto di berbagai acara kampus
  • Makrab (malam keakraban) dan Hakrab (hari keakraban)

Instagram      : @medilensfkikuaj
Website          : http://medilens.weebly.com/

             

MEDIDANCE

 

UPMM Medidance unit pengembangan mahasiswa dalam bidang seni tari dan koreografi. UPMM ini menaungi seluruh mahasiswa FKIKUAJ yang mau mengembangkan hobi dan bakat kalian.

 

UPMM Medidance sendiri terdiri dari empat divisi yaitu:

  1. Hiphop
  2. Ladies style 
  3. Kontemporer
  4. Tari daerah

 

Medidance selalu siap meramaikan tiap acara di kampus tercinta FKIKUAJ, seperti Campus Night, DBC Concert, tanding antar angkatan, Atma Cordis dan masih banyak lagi. UPMM Medidance ini terbuka bagi siapa saja yang mau belajar menari.

 

Berikut Program-program Medidance FKIKUAJ:

 

Latihan Rutin

Kegiatan latihan rutin tanpa pelatih yang akan dilakukan ketika ada keperluan untuk tampil, serta latihan rutin bersama pelatih jika akan diadakan acara kampus dan di luar kampus.

 

Mengisi acara kampus

Medidance SM-FKIKUAJ akan mengis iacara jika mendapat tawaran dan permintaan dari organisasi atau kepanitiaan yang akan menggelar suatu acara di dalam maupun diluar kampus.

 

Mengikuti lomba tari

Medidance SM-FKIKUAJ akan mengikuti lomba tari di dalam atau di luar lingkungan FKIKUAJ.

 

?Tunggu apa lagi? Come and join our family and let’s move to inspire!

 

 

CELLUBE

Logo:

 

 

Foto-foto:
 

 Deskripsi:

 

Pada tahun 2002, mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIKUAJ) melakukan survei untuk menentukan minat mahasiswa terhadap musik. Dari survei tersebut didapatkan bahwa 85% mahasiswa berantusias dan mengharapkan adanya sebuah wadah untuk mengembangkan diri dalam bidang musik. Ditambah dengan pemikiran bahwa mahasiswa dapat mengekspresikan diri dan mengisi waktu senggang secara positif dengan bermain musik, alasan itulah yang menjadi akar dari Unit Pengembangan Minat Mahasiswa (UPMM) yang diberi nama Cellube.

 
Seiring waktu, UPMM Cellube telah memperluas kehadirannya sebagai forum untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa FKIKUAJ secara positif di bidang musik. Selain sebagai wadah, UPMM ini mempunyai manfaat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang musik, karena di UPMM Cellube ini kita juga saling belajar hal-hal baru. Seiring berjalanya waktu, mahasiswa juga dapat saling mengenal dan akrab, seangkatan maupun lintas angkatan karena sering bermain musik bersama.


UPMM Cellube telah menyumbangkan kontribusi berupa penampilan di dalam beberapa acara-acara di FKIKUAJ. Hal tersebut kita laksanakan sebagai perwujudan dari awal mula berdirinya UPMM ini, yaitu sebagai wadah mahasiswa dalam mengembangkan bakat di bidang musik. Acara-acara tersebut adalah Campus Night, pembukaan Piala Gajah, serta juga terlibat dalam berbagai kegiatan seni seperti pementasan drama yang diadakan UPMM atau organisasi lain.

   
Visi dan Misi

Visi dari UPMM Cellube SM-FKIKUAJ adalah menjadi suatu wadah yang dapat menampung kreativitas, bakat, dan minat mahasiswa FKIKUAJ dalam bidang seni dan musik, serta memfasilitasi mahasiswa FKIKUAJ untuk berkembang lebih baik dalam hal kepribadian dan ketrampilan sebagai satu keluarga yang utuh.
Misi dari UPMM Cellube SM-FKIKUAJ adalah meningkatkan kreativitas, pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman dalam kegiatan bermusik, serta memfasilitasi bakat para mahasiswa FKUAJ melalui kegiatan internal dan eksternal.

Tujuan
Tujuan Umum:

Untuk menyatukan dan mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas dalam bidang seni khususnya dibidang musik. 

Tujuan Khusus:

  1. Untuk menciptakan suasana kebersamaan dalam lingkungan mahasiswa FKIKUAJ melalui musik. 
  2. Untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat-bakat mahasiswa FKIKUAJ dalam bidang musik. 
  3. Memberikan kontribusi dalam acara-acara yang berlangsung di FKIKUAJ, khususnya dalam bidang pengembangan minat dan bakat.
  4. Ikut serta dalam perlombaan internal dan eksternal agar menambah pengalaman dan memperkenalkan FKIKUAJ dalam bidang musik.


Instagram: @cellube_fkikuaj

 

TAEKWONDO

 

Taekwondo Atma Jaya (TKD-UAJ) adalah salah satu UPMM yang bernaung pada Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (SM-FKIKUAJ). UPMM ini adalah satu-satunya UPMM bela diri di FKIKUAJ. TKD-UAJ sudah ada di FKIKUAJ sejak tahun 2006, dan diakui sebagai UPMM pada tahun 2016 ini.

TKD-UAJ bertujuan untuk melatih mahasiswa pre-klinik dan klinik yang memiliki niat dalam bidang bela diri taekwondo dari segi fisik, mental, dan juga pikiran. Selain mengembangkan minat mahasiswa, TKD-UAJ juga bertujuan untuk meningkatkan soft skill anggota dan juga kekeluargaan antar anggota TKD-UAJ.  Anggota juga dapat mengikuti berbagai macam perlombaan taekwondo dari berbagai tingkat untuk menambahkan prestasi FKIKUAJ. TKD-UAJ juga memiliki hubungan eksternal seperti UPMM TKD-UAJ pada Semanggi, BSD, dan universitas lainnya.

Kegiatan:

      •  Latihan rutin bersama TKD-UAJ Semanggi setiap hari Rabu dan Sabtu pukul 16.00 - 18.00 melalui sarana Zoom
      • One Day Training
      • Training Camp
      • Demonstrasi Pertahanan Diri
      • Ujian Kenaikan Tingkat

 

 

APOLLO

 

Apollo Arts and Humanity FKIK-UAJ adalah sebuah UPMM (Unit Pengembangan Minat Mahasiswa) yang didirikan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya. Apollo FKIK-UAJ bergerak pada bidang analisis dan juga apresiasi dari dunia seni dan kemanusiaan, dan aplikasinya di dunia kedokteran.

Dunia kedokteran dan dunia seni dan kemanusiaan seringkali berkaitkan erat satu sama lain. Dr. Edmund Pellegrino, seorang ahli bioetika pernah berkata, ‘Medicine is the most humane of sciences, the most empiric of arts, and the most scientific of humanities.’ Seni dan kemanusiaan didalam dunia kedokteran terlihat jelas pada ketrampilan seorang dokter dalam menangani masalah yang dihadapi pasien. Walaupun ilmu kedokteran didasarkan oleh ilmu pengetahuan yang konkrit, ketrampilan halus dan rasa kemanusiaan yang tinggi sangat dibutuhkan oleh seorang dokter dalam menghadapi masalah pasien.

 

Banyak dari mereka yang terjun kedalam dunia kedokteran berkontribusi terhadap dunia seni. Banyak dari mereka meluangkan waktu dan minat untuk menciptakan karya seni, maupun itu dalam bentuk tertulis seperti novel, ataupun bentuk visual seperti lukisan, dan juga bentuk suara seperti lagu. Oleh karena itu, UPMM Apollo FKIK-UAJ berniat untuk menjadi wadah bagi para pecinta seni untuk menyalurkan niat dan ketertarikannya. Niat dan ketertarikan tersebut dapat disalurkan melalui kegiatan maupun event yang diselenggarakan.

 

Selain itu, melalui apresiasi seni dan kemanusiaan yang UPMM Apollo FKIK-UAJ laksanakan, diharapkan kegiatan tersebut dapat meningkatkan empati dan juga kepedulian terhadap sesama terutama di kalangan medis.

 

Kegiatan:

  • Diskusi, apresiasi, dan analisis seni (lukisan/puisi/novel/lagu/film) mingguan
  • Pameran seni
  • Bedah buku
  • Workshop
  • Hakrab (Hari Keakraban) dan Makrab (Malam Keakraban)

 

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom