Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Profil Lulusan

Profil lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ialah pengajar bahasa asing abad 21 dan penerjemah. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, UNIKA Atma Jaya, dipersiapkan untuk mampu memanfaatkan kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan pedagogi secara kreatif dan inovatif, sehingga ketika lulus memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk berkarya di berbagai bidang yang membutuhkan kecakapan berbahasa, khususnya sebagai pengajar bahasa Inggris di lembaga pendidikan formal maupun non formal, instruktur BIPA, content creator/writing untuk materi akademik dalam bentuk digital dan penerjemah.

 

 

Keunggulan Program Studi

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, UNIKA Atma Jaya (PBI UAJ), memberikan penekanan pada penguasaan media teknologi informasi dan komunikasi, sehingga ketika lulus, mahasiswa sudah memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis Media dan ICT. Keahlian mengajar dan mempersiapkan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi adalah sebuah keharusan bagi semua lulusan jurusan pendidikan pada abad ke-21 ini. PBI UAJ memiliki keunggulan di mana mahasiswa memiliki kesempatan untuk magang selama satu semester di perusahaan edukasi digital, seperti Zenius Education dan Pahamify, pengembang buku teks digital, seperti PesodaEdu Solution, untuk mengasah kemampuan mereka sebagai content creator/writing untuk materi akademik.

 

Keunggulan lain yang dimiliki oleh PBI UAJ, adalah kurikulum pengajaran bahasa Inggris untuk penutur asing (TEFL) yang terintegrasi dengan kurikulum pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA). Dengan demikian, Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi tidak saja berfokus pada sikap keterampilan dan pengetahuan yang harus dikuasai oleh pengajar bahasa Inggris, tetapi juga mencakup hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang instruktur BIPA, di antaranya pengetahuan Tata Bahasa Indonesia dan Keberagaman budaya Indonesia dan Multikulturalisme. Pengetahuan dan keterampilan kebahasaan yang dikuasai sebagai pengajar bahasa Inggris dan BIPA juga bisa diimplementasikan dalam bidang penerjemahan. Sejalan dengan itu, PBI UAJ juga membuka kesempatan magang selama satu semester di perusahaan penerjemahan bagi para mahasiswa yang berminat untuk menjadi penerjemah.

 

 

Beban dan Masa Studi

  1. Jumlah maksimum sks per semester : 20 sks pada semester 1 & 2; ≤ 24 sks pada semester 3 dan seterusnya
  2. Beban minimum sks per mata kuliah : 2 sks
  3. Beban maksimum sks per mata kuliah : 8 sks
  4. Jumlah beban studi Program Studi : 144 sks
  5. Jumlah semester dalam kurikulum : 7 semester
  6. Batas studi maksimum : 13 semester
    (Program Sarjana : <angkatan 2017 adalah 14 semester; >angkatan 2017 adalah 13 semester)
  7. Batas maksimum cuti akademik : 4 semester
  8. Evaluasi keberhasilan studi dan putus kuliah sesuai peraturan Universitas

  

 

Persyaratan Mendapatkan Gelar

Untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.), mahasiswa harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  1. menyelesaikan 144 sks termasuk Skripsi/Tugas Akhir dengan IPK sekurang-kurangnya 2.00.
  2. nilai C adalah nilai minimal untuk semua mata kuliah, termasuk Skripsi/Tugas Akhir, sekaligus pula merupakan nilai minimal yang tercantum dalam Transkrip Akademik.
  3. lulus ujian Skripsi/Tugas Akhir dengan nilai minimal C.
  4. menunjukkan bukti Sertifikat Nilai TOEFL (Atma Jaya English Language Test) / sejenisnya dengan skor 500, yang bisa diambil sepanjang masa studi.
  5. menunjukkan bukti pengumpulan SKP sebanyak 15 SKP dengan proporsi sesuai ketentuan Universitas.

 

 

-----

Akreditasi BAN-PT : A (berlaku 9 Juli 2003 s.d. 9 Juli 2008) (download)

Akreditasi BAN-PT : A (berlaku 28 Agustus 2009 s.d. 28 Agustus 2014) (download)

Akreditasi BAN-PT : A (berlaku 28 Maret 2015 s.d. 28 Maret 2020) (download)

Akreditasi BAN-PT : A (berlaku 29 Maret 2020 s.d. 29 Maret 2025) (download)

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom