Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Program Studi Akuntansi

 

Perkuliahan di Program Studi AKuntansi adalah penyelenggaraan perkuliahan yang bernuansa praktek seperti pemeriksaan akuntansi berbasis IT, perancangan sistem manajemen biaya, perancangan sistem, perpajakan untuk specialize industries, dll. yang khusus diadakan untuk menjawab kebutuhan dunia usaha.


Mahasiswa juga dilengkapi dengan matakuliah-matakuliah praktek/laboratorium, yaitu praktek pemeriksaan akuntansi, praktek sistem informasi akuntansi dan praktek perpajakan dengan tujuan menghasilkan auditor yunior, perancang sistem informasi akuntansi yunior dan konsultan pajak yunior, di semester awal juga terdapat Mata Kuliah Praktek Komputer Pengantar Sistem Informasi dimana setiap mahasiswa sampai akhir perkuliahan di Atmajaya memiliki sertifikat komputer office dari Atma jaya.

Lulusan Prodi Akuntansi dikenal oleh industri sebagai seorang pribadi yang tangguh, ulet, tekun, setia pada perusahaan dan berintegrasi tinggi, sehingga permintaan tenaga kerja lulusan dari industri ke Prodi Akuntansi terus meningkat dari tahun ke tahun. Mahasiswa juga dibekali dengan softskill kemampuan berkomunikasi dan berorganisasi lewat kewajiban mengumpulkan Satuan Kredit Partisipasi yang mencermikan kemampuan mahasiswa di bidang penalaran, organisasi dan ilmiah.

 

 

JENIS PERKULIAHAN:

  • Reguler Akuntansi
  • Kelas Karyawan Akuntansi Sektor Publik
  • Program Profesi Akuntansi (PPAK)



PROFIL LULUSAN:

Sarjana Ekonomi Akuntansi yang memiliki kompetensi sebagai seorang akuntan perusahaan, akuntan  publik dan perancang sisteminformasi akuntansi yang berintegritas dan tanggap terhadap kemajuan IPTEKS.

 

KEUNGGULAN AKUNTANSI ATMA JAYA

  1. Perkuliahan diberikan dalam bentuk pemberian konsep teori dan aplikasinya dalam kasus nyata (link and match), dimana mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan secara langsung teori yang telah diperoleh, melalui magang di Kantor Akuntan Publik (KAP).
  2. Tenaga Pengajar (akademisi dan praktisi) yang handal dan profesional, lulusan perguruan tinggi terkemuka dari dalam dan luar negeri.
  3. Kuliah Kerja untuk beberapa matakuliah keahlian.
  4. Merupakan satu-satunya Program Studi Akuntansi yang menawarkan peminatan Akuntansi dan Keuangan Pasar Modal (Accounting and Financial Capital Market).
  5. Laboratorium komputer dan statistik.
  6. Ruang kuliah yang nyaman dilengkapi dengan AC, LCD projektor, desktop dan audio visual.
  7. Ruang perpustakaan dengan buku-buku yang mutakhir.
  8. Wi-Fi (jaringan internet) di lingkungan kampus.

PEMINATAN:

  1. Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System): Perancangan Sistem, Sistem Manajemen Database, Seminar Sistem Informasi Akuntansi.
  2. Pengauditan(Auditing): Pengauditan Lanjutan, Pengauditan Manajemen, Senar Pengauditan.
  3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting): Manajemen Kualitas, Manajemen Stratejik, Seminar Akuntansi Manajemen.
  4. Perpajakan (Taxation): Perpakan Internasional, Perpajakan Specialized Industries, Seminar Perpajakan.
  5. Akuntansi dan Keuangan Pasar Modal (Accounting and Financial Stock Market): Ekuitas dan Pasar Modal, Instrumen Pendapatan Tetap, Seminar Pasar Modal.
  6. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting): Akuntansi Perbankan, Akuntansi Specialized Industries, Seminar Akuntansi Keuangan.

 

Walaupun terdapat peminatan, namun semua mahasiswa dibekali dengan konsep umum (general) yang sama sehingga walaupun mahasiswa tidak mengambil peminatan pajak namun mahasiswa tersebut secara umum (melalui matakuliah wajib) memiliki konsep dasar yang cukup apabila nanti mahasiswa tersebut akan bekerja di bidang perpajakan. Hal ini karena matakuliah peminatan memiliki bobot kredit tidak banyak hanya 8 sks dan menjadi alternatif matakuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa yang bukan peminatan tersebut.

KURIKULUM YANG DITERAPKAN:

  1. Kurikulum berbasis kompetensi yang memenuhi standar akademik dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dengan metode pembelajaran student centered.
  2. Perkuliahan diberikan dalam bentuk pemberian konsep teori dan aplikasinya dalam kasus nyata di samping ada kuliah umum dan seminar.
  3. Mahasiswa juga mendapat matakuliah praktek seperti Praktek Pengauditan, Praktek Sistem Informasi Akuntansi dan Praktek Perpajakan



WAKTU DAN LAMA KULIAH:

Jumlah SKS yang ditempuhadalah 147 – 148 sksdengan lama pendidikan 8 sampai 14 semester (dapatlebihcepatkarenaada Semester Padat = 3.5 tahun)

 

LAPANGAN KERJA BAGI LULUSAN:

  1. Akuntan Manajemen: Manajer Keuangan dan Akuntansi
  2. Auditor : Internal Auditor dan External Auditor
  3. Perancang Sistem
  4. Konsultan Pajak
  5. Analis Investasi (Pasar Modal)
  6. Akuntan Pendidik



KESEMPATAN STUDI LANJUT:

Mahasiswa kita setelah S1 dapat melanjutkan sekolah /studi lanjut ke S2 Magister Akuntansi atau ke jenjang profesi yaitu PPAk (Pendidikan Profesi Akuntan)

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom