Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Prosedur Pendaftaran Semester Program Studi Teknik Mesin

Pengambilan Mata Kuliah
Pada setiap awal semester Jurusan mengeluarkan seluruh informasi perkuliahan semester yang berjalan, untuk menjadi acuan mahasiswa dalam merencanakan kuliah pada semester tersebut, dengan bantuan arahan dari Dosen Pembimbing Akademik.
Informasi-informasi tersebut antara lain :
• Jadual kuliah, praktikum, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester
• Jadual Presentasi Kerja Praktek, Seminar dan Ujian Komprehensif

Pengambilan mata kuliah disarankan sesuai dengan matakuliah semester yang bersangkutan (terutama untuk mata kuliah yang menjadi prasyarat bagi mata kuliah berikutnya), dan jika terdapat kelebihan sks, baru dapat mengambil mata kuliah semester berikutnya.

Mengulang Mata Kuliah
Mata Kuliah dengan nilai E wajib diulang, dan kelulusan minimal C
Mata kuliah dengan nilai C dapat diulang, dan nilai yang diambil adalah nilai tertinggi

Pembimbing Akademis (PA)
Adalah dosen yang di tugaskan Jurusan untuk membantu mahasiswa dalam hal-hal berikut :
• Perencanakan pengambilan matakuliah untuk setiap semester yang akan berlangsung.
• Memantau perkembangan studi siswa.
• Berdiskusi mengenai hal-hal yang menghambat studi , dan memberikan pengarahan, saran-saran serta pertimbangan.

Dosen PA akan ditentukan oleh Jurusan , untuk itu mahasiswa harap melihat pengumuman untuk mengetahui dosen PA nya.

Prosedur Pendaftar semester

  • Mengisi RPM ( Rencana Pengambilan Matakuliah . Jadwal pengisian RPM sebelum pelaksanaan ujian Akhir, Formulir RPM diisi dengan jumlah mata kuliah/SKS diambil secukupnya dahulu ( ± 20 sks ), karena saat pendaftaran Semester dapat dilakukan penambahan,pengurangan atau pergantian. Catatan Komputer akan menolak bila jumlah SKS dalam RPM Perubahan /penambahan saat pendaftaran melebihi sks. Pendaftaran baru dapat dilakukan saat batal tambah.
  •  Proses Batal / Tambah, adalah , proses dimana mahasiswa dapat menambah atau membatalkan mata kuliah yang sudah didaftarkan. Pelaksanaannya sesudah seminggu perkulihan berjalan.
  • Mundur Kuliah , bila sesudah proses batal tambah, karena sesuatu hal mahasiswa akan membatalkan matakuliah yang sudah diambil mahasiswa mengisi formulir mundur kuliah dipendaftaran ( uang tidak dikembalikan dan nilai pada KHS tidak ada/bukan E, bila tidak di urus proses batal tambah nilai E, akan mempengaruhi IPK, IPS dan daftar nilai ).
  • Bila mahasiswa tidak mengisi RPM mahasiswa tidak dapat mendaftarkan untuk semester yang akan berjalan, untuk itu harus memproses ke bagian pendaftaran dengan sanksi tertentu ( denda).
  • Pendaftaran semester dilakukan dengan tahapan-tahapan berikut :
          1.  Jadwal pendaftaran lihat melalui pengumum atau kalender akademis/internet.
          2. Mengambil KHS ( Kartu Hasil Studi ) dan KRS ( Kartu Rencana Studi) di bagian pendaftaran, pada KRS tertera mata kuliah sesuai dengan mengisian RPM, matakuliah pada KRS dapat dibatalkan dan ditambah..
          3. Konsultasikan dengan PA mata kuliah yang yang diambil tersebut.
          4. Formulir yang sudah di setujui oleh PA /diparaf dibawa ke bagian pendaftaran Fakultas /Jurusan Elektro sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan (Perhatikan pengumum di papan pengumuman ).
          5. Sesudah didaftarkan di Fakultas, Formulir tersebut perlengkapan admistrasi ( photo, bukti pembayaran ) dibawa ke bagian pendaftaran (pusat) ,untuk cetak kartu mahasiswa (KTM)
          6. Mahasiswa akan terdaftar apabila sudah mendaftarkan dibagian pendaftaran (pusat)
          7. Mahasiswa yang terlambat mendaftar akan dikenakan denda.
          8. Dan bila sesudah proses batal/tambah mahasiswa tidak mendaftar, mahasiswa harus mengambil cuti kuliah ( cuti maksimal 4 x ) .
          9. Bila tidak mendaftar dan tidak mengurus surat cuti ( bolos ) selama 2 semester berturut akan dianggap mengundurkan diri, bila aktif kembali akan dikenakan denda yang besarnya disesuaikan dengan lamanya bolos.

Khusus untuk mahasiswa semester II, III dan IV penentuan seksi ditentukan oleh Jurusan, lihat pengumuman. Ketentuan yang digunakan sbb
Bila kelas dibuka 2 seksi , aturannya : NIM / 2 , hasilnya tidak ada sisa (nol ) seksi A, dan bila sisa 1 adalah seksi B.

Untuk mengambil matakuliah semester yang atas harap diperhatikan jadwal ujian, jangan bentrok. Jurusan tidak mentolerir dengan alasan apapun jadwal bentrok, harus mundur salah satu.

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom