Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Peraturan Perkuliahan Program Studi Teknik Mesin

Sistem SKS (Sistem Kredit Semester)

Pengertian satu SKS

Satu SKS untuk kegiatan akademik dalam bentuk kuliah, Lab atau seminar adalah setara dengan upaya mahasiswa sebanyak 3 jam seminggu dalam satu semester, meliputi : 50 menit interaksi kegiatan akademik terjadwal/kuliah, 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur ( mengerjakan soal atau penelusuran pustaka ) dan 60 menit belajar mandiri . Jadi pengertian 2 sks , berarti 2 x dari serangkaian kegiatan belajar tersebut

 Kegiatan Perkuliahan

  • Perkuliahan tatap muka : diberikan oleh dosen dan asisten dosen (perkuliahan responsi.). Kegiatan perkulihan / responsi di selenggarakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Jurusan.dan mahasiswa wajib mengisi daftar hadir.
  • Kegiatan laboratorium : Merupakan kegiatan praktikum yang diselenggarakan oleh Lab, untuk mendukung perkuliahan teori. Jadwal kegiatan Lab. ditentukan oleh Lab tersebut, untuk itu mahasiswa harus mendaftarkan diri di Lab. untuk setiap praktikum yang diambil. Pada semester I ada praktikum Menggambar Teknik untuk mendukung materi mata kuliah TKM 133 – Menggambar Teknik. ( Mahasiswa baru harap mendaftarkan diri di awal kuliah)
  • Seminar Tugas pelaksanaannya dapat dilakukan pada semester 7  dilaksanakan sebelum sidang /ujian tugas akhir (skripsi) yang diselenggarakan dalam suatu forum terbuka/seminar . Ujian Tugas satu semester akan diadakan 3 (tiga) kali Periode.
  • Kerja Praktek , kegiatan magang di Industri selama satu bulan.

Kehadiran Kuliah

 Mahasiswa wajib menghadiri perkuliahan dan mengisi daftar hadir, persyaratan kehadiran kuliah sebagai syarat untuk mengikuti ujian adalah minimum 75 % x kehadiran dosen. Berpakaian sopan dan dilarang menggunakan sandal.

 Ijin kuliah

 Bila karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti perkuliahan, ijin kuliah dapat diperoleh dengan cara mengisi formulir ijin kuliah , formulir dapat diminta dipetugas jurusan dan diparaf oleh Kajur/Sekjur. Sehingga ketidakhadiran tersebut akan diperhitungan sebagai hadir. Ingat baik-baik ,karena bila absensi kurang dari 75 % tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom