Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Laboratorium Biokimia dan Teknologi Enzim

Beranda | Kurikulum | Laboratorium

 

Laboratorium Biokimia dan Bioteknologi Enzim Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya berperan aktif dalam menunjang 3 aspek Tri-Dharma Perguruan Tinggi meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Peran laboratorium ini di bidang pengajaran adalah memberikan ketrampilan dan pengetahuan mahasiswa khususnya dalam memfasilitasi kegiatan praktikum berupa persiapan dan pelaksanaan hands on experience kepada mahasiswa di laboratorium sehingga dapat meningkatkan keahlian serta pembekalan mahasiswa dalam bentuk integrasi dengan mata kuliah yang terkait dengan praktikum, seperti mata kuliah Kimia Dasar, Biokimia dan Kimia Bioanalitis. Dengan demikian, mahasiswa mampu menguasai teknik-teknik dasar terkait Biokimia maupun Kimia, antara lain: ekstraksi dan isolasi enzim dan senyawa bahan alam, penentuan kadar protein dan senyawa bioaktif, pengujian aktivitas enzim dan senyawa bahan alam, serta analisis profil protein dan senyawa bahan alam.

 

Laboratorium Biokimia dan Bioteknologi Enzim juga merupakan wadah dalam aspek penelitian sebagai penunjang sarana dan prasana penelitian baik penelitian mahasiswa maupun dosen di bidang Biokimia dan Bioteknologi Enzim. Aktivitas penelitian yang dilakukan dalam laboratorium ini antara lain, eksplorasi senyawa bahan alam dari berbagai sumber seperti marine dan dataran tinggi meliputi ekstraksi, fraksinasi, pemurnian hingga uji aktivitas senyawa bahan alam, sebagai contoh ekstraksi senyawa bioaktif dari tanaman herbal, spons laut, koral dan rumput laut. Fraksinasi senyawa minyak atsiri dari rempah-rempah Indonesia dan isolasi peptida dari tempe dilanjutkan hingga tahap pengujian profil senyawa bioaktif dan kadar yang diperoleh dari sampel terkait. Ekstraksi dan produksi enzim secara bioteknologi hingga tahap pemurnian dan pengujian aktivitas enzim, antara lain enzim lumbrokinase dari cacing tanah, protease dari isolat bakteri simbion organisme laut maupun dari tanah pegunungan, dsb.

 

Selain itu, Laboratorium Biokimia dan Bioteknologi Enzim juga berperan aktif dalam memfasilitasi kegiatan pengabdian masyarakat terkait kompetensi Biokimia dan Bioteknologi Enzim melalui program edukasi berupa pelatihan/workshop/training yang diberikan kepada masyarakat luas seperti siswa sekolah, guru-guru hingga masyarakat umum. Kegiatan outreach juga dilakukan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain berupa kegiatan internship/magang dengan menerima pelajar maupun peneliti dari institusi lain baik dari dalam negeri (berasal dari perguruan tinggi dan sekolah menengah atas) maupun luar negeri (Amerika, Australia, Korea, Malaysia, dll). Kegiatan kerjasama penelitian juga dapat dilaksanakan dalam laboratorium kami dengan kalangan akademisi, lembaga penelitian, pemerintah maupun industri.

   

 

Kepala Laboratorium

Dr. Vivitri Dewi Prasasty

 

Teknisi

Yosef Haryo Hadi Prabowo, S.T.

 

Fasilitas :

 

  • High Performance Liquid Chromatography (HPLC)
  • Gas Chromatography – Mass Spectrometer (GC-MS)
  • Fast Protein Liquid Chromatography (FPLC)
  • Oven Vacuum
  • Incubator
  • Microcentrifuge
  • UV-Vis Spectrophotometer
  • pH-meter

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom