Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

HIMPUNAN MAHASISWA KEDOKTERAN (HIMAKU) FKIKUAJ

HIMPUNAN MAHASISWA KEDOKTERAN (HIMAKU) FKIKUAJ

 

Himaku-FKIKUAJ adalah organisasi tempat kegiatan kemahasiswaan khusus program studi kedokteran umum dilaksanakan. Himaku didirikan pertama kali pada tahun 2019, dan merupakan organisasi paling muda di lingkungan FKIKUAJ. Himaku terdiri dari 3 bidang yang bergerak secara khusus dengan tema pengembangan karakter dan kemampuan ilmiah, serta menaungi 2 organisasi yaitu Asian Medical Student Association UNIKA Atma Jaya (AMSA-UAJ) dan Medical Search and Rescue FKIKUAJ (Medisar-FKIKUAJ). Ketiga bidang yang ada di Himaku adalah Kaderisasi, Pendidikan dan Profesi, dan Hubungan Masyarakat. Kaderisasi menaungi kegiatan pengembangan karakter seperti pengenalan kampus, medicamp, dan masa bimbingan. Pendidikan dan Profesi mengatur kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan ilmiah seperti lomba, olimpiade, dan pelatihan tertentu. Hubungan masyarakat berfungsi sebagai pengelola identitas dan pintu interna serta eksternal untuk Himaku FKIKUAJ. Bagi mahasiswa FKIKUAJ prodi kedokteran umum, Himaku menjadi tempat untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan berorganisasi.

 

 

Bidang Staff Ahli HIMAKU FKIKUAJ

1. LDK-HAKRAB
Pelatihan dasar kepemimpinan tentunya dibutuhkan guna meningkatkan dan lebih mengenal potensi diri dan orang lain, meningkatkan performa kinerja setiap anggota, serta mengembangkan pribadi yang berjiwa pemimpin, berani, kritis, dan peka. Ikatan kekeluargaan juga akan semakin terbentuk dengan adanya hari keakraban.

2. LKMM
Selama hampir setahun kepengurusan Himaku, LKMM dibutuhkan untuk meningkatkan rasa keakraban antar sesama anggota dan menanamkan nilai-nilai yang dapat digunakan di periode selanjutnya.

3. Rapor HIMAKU
Rapor Himaku dibentuk dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja anggota, ketua bidang, badan pengurus harian, dan program kerja dari masing-masing bidang. Hasil evaluasi diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk kedepannya.
 
5. Upgrading 
Sebuah program yang ditujukan khusus untuk anggota baru dengan tujuan meningkatkan soft-skill dan hard-skill dalam berorganisasi. Merupakan program kolaborasi dengan AMSA dan MEDISAR.

 

Bidang Kaderisasi HIMAKU FKIKUAJ

1. Pengenalan Kampus
Pengenalan Kampus dilaksanakan sebagai awal dari proses adaptasi bagi para mahasiswa baru yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas dan akan memasuki dunia perkuliahan. Tujuan dilaksanakan pengenalam kampus yaitu memperkenalkan lingkungan FKIKUAJ, nilai serta budaya FKIKUAJ, sistem pembelajaran di FKIKUAJ, dan memperkenalkan mahasiswa mengenai keluarga FKIKUAJ. Selain itu, pada pengenalan kampus akan ditanamkan nilai "7 Stars Doctor / 9 Stars Pharmacist dan 2 Cinta" serta menanamkan nilai Atma Jaya yaitu nilai Kristiani, Unggul, Proefsional dan Peduli (KUPP). Kegiatan ini terdiri dari sesi, campus tourgames?, simulasi skills lab (SL), workshopproblem based learning (PBL), dan inaugurasi.

2. Medicamp
Medicamp adalah bagian rangkaian pengenalan kampus, untuk menyambut mahasiswa baru sebagai keluarga besar FKIKUAJ. Acara ini dilasanakan diluar kampus dengan konsep camping? selama 3 hari dan 2 malam. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong mahasiswa untuk dapat hidup diluar zona nyaman, mengakrabkan satu angkatan, dan melanin mahasiswa untuk data belajar berpartisipasi dalam segala kondisi dan situasi. Peseta dari acara ini adalah para mahasiswa baru dan mahasiswa senior lainnya yang mndaftarkan diri untuk menadi senior Medicamp. Secara garis besar acara ini terdiri dari berbagai permainan, hiking, jalan malam, api unggun, sharing alumni, dan inisiasi sebagai tanda simbolik penyambutan mahasiswa baru sebagai keluarga FKIKUAJ.

3. Masa Bimbingan
Bagi mahasiswa baru kedokteran, memasuki kehidupan perkuliahan bukanlah hal yang mudah. Untuk membantu adaptasi mahasiswa baru, diadakanlah masa bimbingan. Akan dibentuk kelompok-kelompok kecil yang dibimbing oleh seorang mentor. Terdapat workshop dan sesi sharing dengan berbagai tema dalam bidang softskill maupun perlombaan. Di akhir masa bimbingan akan diadakan pula puncak masa bimbingan, dimana satu angkatan (kedokteran dan farmasi) akan bersama-sama merancang kegiatan sendiri yang diharapkan memberi dampak pada masyarakat luar.

4. Pemilihan Ketua Angkatan
Setiap angkatan membutuhkan seorang penggerak. Maka dari itu, kaderisasi membantu pemilihan ketua angkatan. Para calon akan mendapat pembekalan dan kemudian dipilih melalui voting oleh angkatan tersebut. Diharapkan ketua angkatan terpilih dapat memimpin angkatan dengan baik dan menjadi penghubung terhadap dosen dan angkatan lainnya.

 

Bidang Hubungan Masyarakat HIMAKU FKIKUAJ

1. Integrasi Informasi dan Teknologi (Media Sosial)
Menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi dan sebagai sarana komunikasi dengan internal FKIKUAJ dan institusi eksternal. Media yang digunakan adalah Instagram dan E-mail.

2. Video Profile
Memperkenalkan Himaku-FKIKUAJ kepada mahasiswa baru, memberi informasi seputar bidang-bidang Himaku-FKIKUAJ, dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa untuk menjadi pengurus Himaku-FKIKUAJ.

3. Pendelegasian
Membantu mahasiswa dalam urusan pendelegasian eksternal, seperti keperluan persuratan, izin, dan dana.

4. Studi Banding
Mengadakan pertemuan dengan institusi lain untuk saling bertukar pikiran, berbagi informasi, dan sebagai sarana evaluasi untuk pengembangan HIMAKU-FKIKUAJ kedepannya.

5. School of ISMKI
Memperkenalkan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) kepada mahasiswa baru prodi kedokteran, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ketertarikan mahasiswa terhadap ISMKI.

 

Bidang Pendidikan dan Profesi HIMAKU FKIKUAJ
1. IMO/RMO, GM-ICA, SIMPIC
Merupakan sebuah olimpiade kedokteran tingkat nasional dimana kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa prodi kedokteran dapat memiliki minat dalam bidang ilmiah dan mengharumkan nama FKIK UAJ.

2. Database Lomba Ilmiah 
Database lomba ilmiah merupakan sebuah kegiatan mengumpulkan informasi lomba-lomba dari universitas yang berada di Indonesia. Info ini akan dipublikasikan melalui Instagram Story HIMAKU FKIK UAJ.

3. T-Helper
Merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk  membantu mahasiswa dalam mempersiapkan ujian komprehensif seperti SOCA dan OSCE.

4. Talkshow Profesi
Kegiatan berupa talkshow tentang dunia profesi yang akan dibawakan oleh narasumber yang berkarir dalam dunia kesehatan. Kegiatan ditujukan bagi seluruh mahasiswa FKIK UAJ prodi kedokteran umum, khususnya mahasiswa baru.

5. Pekan Ilmiah
Merupakan kegiatan gabungan antara PENPRO HIMAKU, AS, dan AMSA ini akan berupa pembekalan pembuatan karya ilmiah yang baik serta berkualitas. Selain pembekalan, akan ada perlombaan seperti poster publik dan literature review.

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom