Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Terobosan Mahasiswa Ubah Limbah Sabut Kelapa dan Pati Singkong jadi Bioplastik

 

Prodi Bioteknologi boleh berbangga karena satu tim mahasiswa angkatan 2019 yang terdiri atas Raynarthan Pontoh, Christine Charen Yang, Vania Edita berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE). Dalam tim ini tergabung pula Maximilliam Febriand Putra dari Prodi Teknologi Pangan. Pontoh dan kawan-kawan menyusun proposal PKM di bawah bimbingan Daru Seto Bagus Anugrah, S.Si., M.Eng. Kegiatan PKM ini merupakan ajang kompetisi bergengsi yang diselenggarakan secara rutin oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Keterangan foto: Pontoh dan tim PKM-RE (Bioteknologi S1 angkatan 2019) pada masa pandemi menyusun proposal melalui pertemuan daring

 

Adapun yang menginspirasi Pontoh dan rekan-rekannya untuk mengajukan proposal riset yang berjudul "Pemanfaatan limbah serat sabut kelapa sebagai bahan potensial penguat bioplastik pati dan pemodelan dengan komputasi density functional theory" adalah ledakan jumlah limbah plastik di Indonesia. Sebagai solusi dari permasalahan ini, tim mahasiswa mengembangkan bioplastik dari pati singkong dengan memanfaatkan bahan penguat dari limbah sabut kelapa. Pengembangan dilakukan tidak hanya dengan penelitian di laboratorium tetapi juga melalui pemodelan secara komputasi menggunakan metode density functional theory untuk melihat interaksi pada bioplastik.

 

Semangat terus Pontoh, Charen, Vania, dan Maximilliam semoga riset PKMnya lancar dan dapat tembus hingga Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas). Semoga kalian dapat menginspirasi teman-teman di Fakultas Teknobiologi untuk mendapatkan pengalaman lebih dengan mengikuti PKM di tahun-tahun berikutnya.

(LUK & DSBA)

 

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom