Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
P.T. AISIN Indonesia Mengadakan Kuliah Umum di Program Studi Teknik Mesin Unika Atma Jaya Mengenai "Pengenalan Dasar Heat Treatment dan Aplikasinya di Industri Otomotif"

 

PT. Aisin Indonesia (Astra Group) merupakan Joint Venture Company dengan Aisin Seiki Co. Ltd. Jepang, sejak 1996, dan berada di bawah Astra Group. Berlokasi di Cikarang Selatan, Bekasi. PT. Aisin merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang manufaktur komponen mobil seperti: clutch, door frame, door lock, window regulator, outside handle, door check, hood lock, intake manifold, door hinge, dan pada tahun 2012 memproduksi oil and water pump. Komponen tersebut diproduksi melalui teknologi roll forming, welding, stamping, serta induction hardening.  Beberapa komponen yag diproduksi menuntut kekerasan permukaan yang tinggi terkait dengan fungsinya, seperti: clutch disc dan clutch cover. Untuk itu perlu dilakukan proses heat treatment pada permukaan (proses perlakuan permukaan/pengerasan permukaan) komponen tersebut, aplikasi teknologi yang diterapkan di PT. Aisin untuk mencapai tujuan tersebut berupa proses induction hardening.

 

Menindaklanjuti hubungan kerjasama antara Program Studi Teknik Mesin Unika Atma Jaya dengan P.T. AISIN Indonesia serta sebagai kelanjutan kunjungan pimpinan P.T. AISIN Indonesia pada tanggal 9 September 2013, maka pada tanggal 24 Oktober 2013 P.T. AISIN Indonesia kembali mengunjungi Program Studi Teknik Mesin Unika Atma Jaya untuk memberikan kuliah umum untuk salah satu mata kuliah. Pembicara pada kuliah umum ini adalah Bp. Ariawan Purwonugroho (Plant Director PT. Aisin Indonesia).

 

Salah satu peminatan pada Prodi Teknik Mesin yaitu Produksi dan Material, memberikan mata kuliah pilihan berupa Proses Perlakuan Panas dan Permukaan, yang ternyata dapat mendasari seorang Sarjana Teknik Mesin bila nantinya akan bekerja di industri otomotif, yang saat ini sedang berkembang pesat, atau di industri lain yang memanfaatkan proses pengerasan permukaan untuk produknya. Kuliah umum ini diberikan untuk memberikan gambaran bagaimana ilmu yang diperoleh di dalam tatap muka di kelas diaplikasikan di dalam industri. Kuliah umum ini akan dilanjutkan dengan kunjungan ke pabrik PT. Aisin, Cikarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom