Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Pengalaman PIMNAS KE-33 Mahasiswa Prodi Bioteknologi Fakultas Teknobiologi

Mahasiswa Prodi Bioteknologi Fakultas Teknobiologi berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-33

 

Oleh: Laura Virdy Darmalim 201808510025, Griselda Lukman 201808510034, Sintya 201808510062

 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-33 yang tahun ini diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada memang terasa cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hampir seluruh rangkaian acara Pimnas tahun ini diadakan secara daring melalui aplikasi layanan konferensi video berbasiskan cloud computing (Gambar 1). Rangkaian acara luring hanya meliputi penilaian poster oleh para dewan juri. Namun demikian, tetap bagi kami memperoleh kesempatan untuk mengikuti salah satu acara bergengsi skala nasional ini merupakan salah satu pengalaman yang berkesan dan memberikan banyak sekali pembelajaran untuk ke depannya. Kami juga berkesempatan langsung untuk membagikan pengalaman kami kepada adik-adik kami yang nantinya juga akan berjuang di Pimnas tahun-tahun berikutnya. Pada kesempatan kali ini kami membawakan gagasan kami dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa – Gagasan Terapan (PKM-GT) yang berjudul “Sumbawoet: Your Emergency Food” yang mengangkat topik pemanfaatan Jawawut yang bisa ditanam di daerah kering dan rawan bencana alam seperti NTT. Terdapat dua jenis emergency food yang kami usulkan, yaitu Sumbuta (berupa pasta instan jawawaut) dan Sumbudol (berupa dodol jawawut) yang memiliki masa simpan yang relatif panjang mencapai 8-12 bulan.

 

Dalam kesempatan ini, kami berterima kasih terutama bagi dosen pembimbing kami yaitu Ibu Dr. Listya Utami Karmawan yang telah memberikan banyak sekali masukan dari awal mula kami menyusun gagasan PKM-GT kami hingga tulisan kami itu pun dapat lolos mendapatkan insentif dari DIKTI hingga melaju ke Pimnas ke-33 ini. Selain itu kami juga berterima kasih kepada Ibu Renna Eliana Warjoto, S.Si., M.Sc. dan Bapak Daru S.B. Anugrah, S.Si., M.Eng., yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan masukan kepada kami dalam melakukan presentasi materi gagasan kami dan juga poster yang kami buat. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada para dosen lainnya yang juga memberikan dukungan kepada kami dalam mengikuti PIMNAS ini dan operator universitas yang telah membantu dalam berbagai proses registrasi dan teknis lainnya.

 

 

Tentunya kami merasa bangga dapat terpilih menjadi salah satu dari dua kelompok yang mewakili Unika Atma Jaya di dalam Pimnas tahun ini. Di sisi lain kami sempat khawatir akan waktu persiapan yang begitu sempit karena kami baru mendapatkan kabar kami lolos Pimnas berdekatan dengan UTS sehingga kami fokus terlebih dahulu untuk UTS. Rangkaian Pimnas diawali dengan Technical Meeting kemudian di hari selanjutnya presentasi hari pertama untuk setiap kelas PIMNAS. Kelas dibagi berdasarkan jenis PKM dan tiap kelas maksimal 20 tim. Kami pun mendapatkan giliran untuk maju pada hari pertama presentasi ini.

 

Sebelum tampil, kami sempat merasakan gugup dan khawatir tidak dapat menjawab pertanyaan para juri. Selain itu kami juga menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam mengikuti Pimnas setelah mengamati presentasi dari tim-tim lain yang bagus dengan pembawaan yang terstruktur dan intonasi suara yang terlatih dalam membawakan materi presentasi. Di hari berikutnya dilanjutkan dengan presentasi dan juga penilaian poster secara luring oleh dewan juri. Pada hari terakhir dilakukan kuliah umum, penutupan dan pengumuman tim mana saja yang mendapatkan medali serta juara umum Pimnas ke-33.

 

Walaupun kami belum dapat memperoleh medali di Pimnas kali ini tetapi pengalaman dan ilmu baru yang kami dapatkan meninggalkan kesan yang mendalam dan kami berharap di tahun-tahun selanjutnya perwakilan tim Pimnas dari Unika Atma Jaya terutama Fakultas Teknobiologi dapat jauh lebih baik dari kami. Kami juga senantiasa terbuka untuk membagikan pengalaman yang kami dapatkan ini sebagai input dan pembelajaran bagi tim dari Unika Atma Jaya yang nantinya lolos hingga ke Pimnas tahun berikutnya.

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom