Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Raih Juara pada Kompetisi Paper dan Poster Nasional

Prestasi membanggakan diraih oleh empat mahasiswa Fakultas Teknobiologi dalam kompetisi paper dan poster nasional, yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya. Kompetisi tersebut terdiri dari lomba penulisan paper dan poster dengan 4 subtema yaitu Agricultural Engineering, Food and Biocomplex Innovation, Health and Environment, Industrial and Green. Adapun kelompok mahasiswa yang terlibat penulisan paper beranggotakan Ferryawan Kurniady, Alberto Septian Wijaya, dan Lucia Idelia Ulina Tindaon, sedangkan poster beranggotakan Alberto Septian Wijaya, Ferryawan Kurniady, dan Ryan Matthew. Mahasiswa tersebut berasal dari program studi S1 Teknologi Pangan dan Bioteknologi.

 

Judul paper dan poster yang ditulis oleh kelompok mahasiswa Fakultas Teknobiologi yaitu “Prospeksi Senyawaan Bioaktif Kembang Telang untuk Mencegah Penuaan pada Kulit melalui Pendekatan In Silico”, yang membahas mengenai manfaat senyawa bioaktif pada kembang telang untuk menjaga kesehatan kulit oleh karena paparan sinar matahari sehingga dapat menyebabkan penuaan kulit. Judul poster lain yang meraih juara yaitu “Pendekatan In Silico Ingredien Fungsional dalam Minuman Tradisional Wedang Uwuh Sebagai Kandidat Inhibitor Invasi SARS-COV2 dalam Strategi Proteksi Covid-19” yang membahas mengenai prospeksi senyawa yang terdapat pada wedang uwuh untuk mencegah infeksi COVID-19. Penulisan paper dan poster dilakukan dengan bimbingan dan arahan dari Ibu Yanti, PhD selaku dosen Fakultas Teknobiologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Paper dan poster tersebut mendapat juara pada subkategori Food and Biocomplex Innovation.

 

 

         

Berikut penuturan Ferryawan Kurniady, Alberto Septian Wijaya, Lucia Idelia Ulina Tindaon, dan Ryan Matthew,

Kami senang dapat meraih tiga medali perak dalam lomba paper dan poster ini. Akhirnya selama berkuliah, kami mampu memenangkan penghargaan pada kompetisi yang sebelumnya tidak pernah kami bayangkan. Selain itu kami juga mendapatkan ilmu dan wawasan serta meningkatkan kreativitas dengan mengikuti kompetisi ini.

 

 

Adapun beberapa kiat dari kami untuk memenangkan lomba dan bisa memotivasi teman-teman mahasiswa lain dalam mengikuti lomba serupa:

  1. Mengikuti lomba yang sesuai dengan minat dan tetap menikmati setiap prosesnya.
  2. Take things slowly, jangan terlalu terburu-buru untuk mendapatkan penghargaan, yang terpenting adalah prosesnya.
  3. Don’t cram over books all day to memorize it. Jangan terlalu banyak berdiam diri selama berkuliah, ikutilah event-event ataupun kompetisi karena berguna untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan kita.
  4. Kemenangan adalah kekalahan yang tertunda. Jangan pernah bosan untuk ikut lomba. Kegagalan pada satu lomba bukan sebagai penghalang untuk mengikuti lomba yang lain. Jadikan hal tersebut sebagai bahan motivasi diri.
  5. Ketika mengikuti lomba secara berkelompok, rangkulah teman-teman yang ada di kelompok supaya seluruh pekerjaan menjadi lebih mudah dan fun untuk dikerjakan bersama.

 

Kami juga ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Yanti, PhD yang bersedia untuk membimbing dan memberi arahan kepada kami selama keikutsertaan kami pada lomba ini. (FK, ASW, LIU, TM, dan MC)

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom