Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Selangkah Menuju Internasionalisasi: Asesmen AUN-QA di Program Studi Bioteknologi

 

Dalam menjawab tantangan global, kerja sama antara institusi yang berada di dalam maupun luar negeri sangatlah penting. Kualitas pendidikan tak terelakkan merupakan keharusan dalam mendukung terjalinnya kerja sama mutual pada institusi terkait. Sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Program Studi Bioteknologi Unika Atma Jaya, kami menjalani proses visitasi online ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) pada tanggal 19-23 Juli 2021 ini. Dua orang asesor, yaitu Dr. Ornsiri Cheunsuang dari Universitas Chulalongkorn (Thailand) dan Dr. Anne Lan K Candelaria dari Universitas Ateneo de Manila (Filipina) mengevaluasi keseluruhan elemen yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan di program studi ini.

 

Sesuai prinsip penjaminan mutu, penilaian dilakukan mulai dari tahap perencanaan, eksekusi, evaluasi, hingga tindak lanjut hasil evaluasi. Untuk itu, kedua asesor berinteraksi langsung dengan berbagai pemegang kepentingan, mulai dari pimpinan, dosen, staf administratif, laboran, mahasiswa, alumni, hingga pengguna lulusan. Diskusi dengan kepala program studi dan perwakilan staf mengenai fasilitas yang tersedia untuk mendukung ketercapaian kompetensi lulusan turut dilakukan. Kegiatan ini tak hanya bertujuan mengidentifikasi hal-hal yang dapat terus diperbaiki pada level program studi, namun juga untuk meningkatkan keefektifan sistem penjaminan mutu sehingga sesuai dengan standar internasional.

 

Berdasarkan temuan asesor, sebagai pioner di bidangnya, Program Studi Bioteknologi Unika Atma menawarkan fasilitas berkualitas tinggi yang mendukung bagi mahasiswa. Baik mahasiswa, alumni, maupun pengguna lulusan setuju bahwa sistem pendidikan yang diterapkan pada prodi ini sangat melatih mahasiswa untuk menggunakan keterampilan di laboratorium dan bersikap adaptif, sehingga mereka siap untuk memasuki dunia kerja. Selain itu, kebutuhan pemegang kepentingan atas kesempatan untuk mengeksplorasi bidang khusus dalam bioteknologi serta pengembangan soft skills akan semakin dipertajam dengan revitalisasi kurikulum yang akan berlaku tahun 2021 ini.

 

Program Studi Bioteknologi Unika Atma Jaya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat. Proficiat!

 

WAT

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom