Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Unika Atma Jaya Lakukan Pengukuhan Dua Guru Besar

Jakarta, 5 Februari 2019 - Selasa (29/01), dilaksanakan Sidang Terbuka Dewan Guru Besar dengan agenda Pengukuhan Guru Besar untuk Prof. Dr. Diana Elizabeth Waturangi, M.Si dari Fakultas Teknobiologi dengan orasi ilmiah tentang Keamanan Pangan dan Prof. Dr. Setiono Sugiharto, S.Pd., M.Hum dari Fakultas Pendidikan dan Bahasa dengan orasi ilmiah mengenai Keadilan Linguistik. Acara ini dilaksanakan oleh Komunitas Dewan Guru Besar Unika Atma Jaya dan bertempat di Gedung Yustinus lantai 15, Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya.

 

Acara dimulai dengan seremoni masuknya Anggota Dewan Guru Besar Unika Atma Jaya ke ruangan upacara diiringi ‘Mars Unika Atma Jaya’, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dipandu Paduan Suara Gita Swara Jaya (PGSJ). Pimpinan universitas, keluarga dan kerabat dari kedua guru besar, serta lebih dari 100 akademisi menghadiri acara ini. Sebelum memasuki sesi orasi ilmiah, terlebih dahulu dilaksanakan doa bersama yang dipimpin oleh Romo Albertus Yogo Prasetianto, Pr.

 

Para keluarga, kerabat, dan lebih dari 100 akademisi menghadiri acara.

 

Dr. Agustinus Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya memberikan ucapan selamat kepada kedua guru besar, Prof. Dr. Diana Waturangi, M.Si., dan Prof. Dr. Setiono Sugiharto, S.Pd., M.Hum atas pencapainnya sekaligus mengukuhkan kedua profesor tersebut sebagai profesor yang ke-19 dan ke-20 bagi Unika Atma Jaya.

 

“Bertambahnya dua guru besar baru tentu menambah energi bagi Unika Atma Jaya untuk semakin mengembangkan kualitas mutu akademik. Saya berharap Prof. Dr. Diana Elizabeth Waturangi dan Prof. Dr. Setiono Sugiharto akan menjadi bagian dari komunitas Guru Besar Unika Atma Jaya. Terakhir kita memilih guru besar pada tahun 2014 lalu dan sudah cukup lama, jadi spring is coming, kita sekarang mendapatkan dua guru besar baru. Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Prof. Dr. Diana Waturangi dan Prof. Dr. Setiono Sugiharto,” ujar Dr. Agustinus Prasetyantoko dalam sambutannya.

 

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko.

 

Orasi ilmiah pertama dipresentasikan oleh Prof. Dr. Diana Elizabeth Waturangi, M.Si. dengan disertasi berjudul “Strategi Komprehensif Mengatasi Patogen Bawaan Pangan”. Dalam orasi ilmiah tersebut, beliau mengungkapkan masalah keamanan pangan yang masih menjadi suatu tantangan di Asia Tenggara yang salah satunya diakibatkan oleh kontaminasi bakteri patogen. Beliau juga menjelaskan data ‘Sepuluh Penyebab Utama Kematian Karena Penyakit Bawaan Pangan di Asia Tenggara’.

 

“Umumnya, antibiotik dapat digunakan untuk mengatasi penyakit karena infeksi. Namun, resistensi terhadap antibiotik terus meningkat. Faktor gen resistensi dan pembentukan biofilm oleh bakteri patogen menyebabkan antibiotik tidak lagi efektif,” jelas Prof. Dr. Diana Elizabeth Waturangi, M.Si. dalam presentasinya. Menurutnya, eliminasi mikroorganisme penyebab penyakit bawaan dan mengetahui strategi komprehensif untuk mengatasinya sangat diperlukan.

 

Prof. Dr. Diana Elizabeth Waturangi, M.Si.

 

Orasi ilmiah selanjutnya dibawakan oleh Prof. Dr. Setiono Sugiharto, S.Pd., M.Hum dengan judul “Unmasking and Resisting Linguistic Injustice in Global Academic Publishing: Towards a Politics of Locality”. Dalam presentasinya, beliau memaparkan adanya ketidakadilan linguistik dalam konteks publikasi akademik dikarenakan bahasa Inggris telah mendominasi jurnal-jurnal ilmiah sehingga memarjinalkan akademisi lokal dalam menyuarakan karyanya. Faktanya, dominasi bahasa Inggris sebagai bahasa akademik global meningkatkan beberapa keprihatinan mendasar. Misalnya, ketidaksetaraan konstruksi pengetahuan, politik rasial, imperialisme linguistik, ketidakadilan lingustik, dan kerenggangan intelektual. Untuk itu, guru besar yang dikenal sebagai kolumnis ini menyarankan untuk mengembangkan pemahaman yang kritis di antara sarjana lokal.

 

“Saya akan terus berkomitmen untuk melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban bagi saya. Saya juga berharap sivitas Unika Atma Jaya selalu berkomitmen, kerja keras, dan mengabdi pada tanah air,” ujar Prof. Dr. Setiono Sugiharto, S.Pd., M.Hum. (SG)

 

Prof. Dr. Setiono Sugiharto, S.Pd., M.Hum.

 

Foto bersama di akhir acara.

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30  
bottom