Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Trauma Can be Cured and There is Hope

Jakarta, 2 Oktober 2018 – Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta mengadakan workshop dengan tema Trauma Transgenerational Psychology. Hadir sebagai pembicara Christina Schmidt, seorang ahli dalam Transgenerational Psychotherapy, Psychodrama & Sociodrama dan Transactional Analysis. Beliau juga merupakan founder dari International Center for Psychogenealogy. Kegiatan ini bertempat di Aula K2, Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya pada Senin (1/10).

 

Christina Schmidt saat menyampaikan materi workshop

 

Workshop ini dibuka dengan kata sambutan, sesi mengheningkan cipta, dan doa bersama untuk Palu-Donggala dari Dr. Yohana Ratrin Hestyanti, Psikolog selaku Ketua Program Studi Fakultas Psikologi.

 

Suasana sesi mengheningkan cipta dan doa bersama yang dipimpin oleh Dr. Yohana

 

Christina mengadakan sesi interaktif dengan membagi kelompok berdasarkan warna kain. Sebagai contoh, kain warna merah merupakan area dimana seseorang pernah mengalami trauma dan kain warna hijau merupakan area dimana seseorang tidak pernah mengalami trauma. Setelah para peserta workshop berjalan menuju ke area yang dirasa paling sesuai dengan diri mereka, Christina akan menanyakan alasan mengapa mereka memilih pergi area tersebut.

 

Suasana sesi interaktif dengan para peserta

 

Beliau juga menyampaikan hasil riset dari Rachel Yehuda, PhD. yang menemukan bahwa trauma dapat ditularkan melalui satu generasi ke generasi lainnya. Fakta ini membuktikan bahwa seseorang dapat mengalami ‘trauma’ yang bahkan bukan merupakan trauma pribadi mereka. Trauma tersebut bisa saja mereka dapatkan dari orang tua, kakek nenek, maupun generasi mereka sebelumnya. Riset tersebut juga membuktikan bahwa meskipun tidak ada interaksi antara anak dan orang tua maupun sebaliknya, resiko sang anak mendapatkan trauma yang ditularkan dari orang tua itu mungkin dapat terjadi.

“Zaman sekarang kita kembali lagi kepada akar dari penyembuhan, bukan pada hocus pocus (permainan sulap), shaman (ajaran spiritual kuno), dan kepercayaan spiritual, tetapi lebih kepada teknologi. Epigenetics membawa kabar baik yakni bahwa trauma dapat disembuhkan dan ada harapan,” ungkap Christina. (BC)

 

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom