Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Sharing Session Annotated Palue Vocabulary: Dialect and Variation in Phonology

 

Sharing Session oleh Dr. Stefan Danerek

 

Jumat, 5 Desember 2017 – Pusat Kajian Bahasa dan Budaya (PKBB) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya melakukan sharing session bertemakan Annotated Palu’e Vocabulary: Dialect and Variation in Phonology pada hari Rabu (6/12) di Gedung K2 lantai 2, Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan ahli bahasa dari berbagai kampus di Jakarta.

 

Dr. Stefan Danerek dalam kesempatan kali ini menjelaskan tentang penelitiannya yang dilakukan di pulau Palu’e yang terletak di bagian timur Indonesia, 15 km dari Flores. Beliau menemukan banyak perbedaan dalam bahasa Palu’e dengan bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena penduduk pulau Palu’e merupakan penduduk pinggiran dari Indonesia Timur dan komunitas imigran dari luar Indonesia.

 

“Perbedaan yang sangat jelas adalah modifikasi antara huruf ‘v’ dalam bahasa Indonesia, akan dibawa ‘w’ oleh masyarakan pulau Palu’e dan juga Flores. Selain itu, Palu’e adalah salah satu bahasa yang cukup terisolasi karena tidak terlalu memperhatikan penggunaan Subject-Verb-Object (SVO),” tutur Dr. Stefan Danerek.

 

Dr. Stefan Danerek juga memberikan contoh berupa rekaman dan beberapa list kata tentang hasil penelitian yang dilakukan. Dr. Stefan Danerek menjelaskan bahwa masyarakat Palu’e memiliki dialek tersendiri dan tidak dipengaruhi oleh dialek lain. Hal ini menyebabkan bahasa Palu’e lebih sulit untuk dimengerti karena tidak ditemukan beberapa kemiripan dengan dialek lain.

 

Sharing session berlangsung dengan singkat namun padat. Para peserta yang mengikuti sharing session ini juga terlihat sangat bersemangat, terbukti dari cara para peserta memberikan pertanyaan. Dengan diadakannya sharing session ini, Dr. Stefan Danerek berharap masyarakat Indonesia menyadari bahwa bahasa yang ada di Indonesia sangat kaya dan beragam. Oleh sebab itu, kita harus menghargainya karena itu adalah aset untuk masyarakat Indonesia. (EL)

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom