Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Serunya Kelas Bahasa Korea dari Daegu Catholic University

Pada era edukasi yang kompetitif ini, mempunyai kemampuan berbahasa asing merupakan suatu kelebihan yang diinginkan oleh mahasiswa-mahasiswi. Mengikuti tren pop culture dari Negeri Ginseng yang sedang booming di kalangan anak muda, bahasa Korea menjadi ketertarikan banyak mahasiswa masa kini. Mulai dari tanggal 5 Februari, Daegu Catholic University membuka program kelas Bahasa Korea di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya selama tiga pekan. Bersama dengan Jeong Yu-Jin, Lee Mi-Sook, Song Min-Gi, dan Jo Hyun-Oh yang merupakan mahasiswa-mahasiswi dari Daegu Catholic University, warga Atma Jaya dapat merasakan serunya belajar bahasa Korea. Kira-kira bagaimana proses belajar-mengajarnya, ya?

 

Kelas dimulai secara menarik oleh pengajar dengan melakukan konsep entertainer untuk meningkatkan antusiasme murid-murid. Dengan konsep tersebut, pengajar mengajarkan huruf Hangeul serta kosakata dasar kepada murid-murid. Terciptanya suasana enerjik dan hangat membuat murid lebih terbuka serta nyaman untuk mempelajari bahasa Korea. Untuk membiasakan murid dengan lafal dan bentuk kalimat, pengajar mengajak murid-murid untuk bercakap dan mengulang kembali kalimat-kalimat dalam percakapan. Adanya pengaruh dari K-drama membantu para murid untuk mengerti percakapan dasar atau sapaan dalam bentuk informal bahasa Korea. Untuk berbicara bahasa Korea dengan baik, para pengajar membiasakan murid-murid untuk menggunakan bentuk formal dari kosakata dan sapaan. Selain mengajar secara verbal, murid-murid juga dibimbing untuk mengerjakan lembar kerja sesuai dengan pembahasan setiap sesi. Pengajar juga memberikan bermacam hadiah kepada murid-murid yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, mulai dari permen hingga merchandise K-Pop.

 

(Dari kiri) Jeong Yu-Jin, Song Min-Gi, dan Lee Mi-Sook

 

Tujuan dari program ini adalah untuk membangun kerja sama internasional antara Korea dan Indonesia, serta tentunya Daegu Catholic University dengan Unika Atma Jaya Jakarta. “Bagi saya, les bahasa Korea dari Daegu Catholic University sangat bermanfaat terutama untuk program intership saya. Meskipun masih mahasiswa, para pengajar dapat mengajar dengan baik sehingga saya memahami dasar-dasar bahasa Korea,” ujar Steffanus Pranoto Hallis mahasiswa S2 Bioteknologi Unika Atma Jaya yang merupakan murid dalam kelas Bahasa Korea ini. Harapan dari pengajar agar budaya Korea tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia dari segi pop culture saja tapi juga dari bidang lainnya. (ST)

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30  
bottom