Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Napak Tilas 30 Tahun Kunjungan Paus Yohanes Paulus II

Jakarta, 30 Oktober 2019 - Pada tanggal 12 Oktober 1989 merupakan hari yang bersejarah bagi Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta. Paus Yohanes Paulus II datang mengunjungi Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya. Pimpinan tertinggi Gereja Katolik ini melakukan kunjungan pastoral ke Indonesia pada tanggal 9 sampai dengan 14 Oktober 1989. Paus mengunjungi beberapa kota di Indonesia antara lain Jakarta, Jogjakarta, Medan dan Maumere.

 

Di Indonesia, Paus melakukan banyak dialog dengan masyarakat Indonesia. Dialog ini terjadi antara pemerintahan, pemuka agama, dan penggiat pendidikan di Unika Atma Jaya (UAJ). Dalam berbagai dialog, paus menyatakan kecintaannya pada Indonesia karena di Indonesia masyarakat dapat hidup berdampingan walaupun berbeda agama dan suku yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

 

Paus Yohanes Paulus II hadir di Unika Atma Jaya untuk berdialog dengan masyarakat yang berkecimpung di dunia pendidikan, terutama pendidikan Katolik. Selain mahasiswa UAJ, beberapa mahasiswa Katolik dari berbagai kampus di jakarta dan di pulau jawa turut hadir dalam kegiatan dialog tersebut.Selain itu hadir pula tokoh-tokoh penggiat pendidikan Katolik, seperti dosen-dosen dari berbagai universitas katolik di Pulau Jawa. Dalam kunjungan ke UAJ, Paus Yohanes Paulus II menuturkan bahwa universitas katolik harus menjiwai semangat Kristus dalam berbagai kegiatannya. Paus juga menuturkan bahwa sebagai umat Katolik harus menjadi garam dan terang bagi masyarakat sekitar.

 

Dalam mengenang kedatangan pastoral yang mengesankan ini, Unika Atma Jaya memberi nama salah satu gedungnya Karol Wojtyla atau yang biasa mahasiswa kenal dengan nama Gedung KW. Di salah satu sudut gedung KW, terdapat kursi yang digunakan Paus Yohanes Paulus II waktu berkunjung ke Unika Atma Jaya. Sungguh perlawatan  yang sangat historik bagi Unika Atma Jaya. (MAB)

 Paus Yohanes Paulus II saat berkunjung ke Unika Atma Jaya

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom