Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Lulus Cepat karena Usaha Terbaik

Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya selalu mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti student exchange ke beberapa universitas di luar negeri seperti Jepang, India, Jerman, dan masih banyak negara lainnya. Salah satunya adalah Sharon Novita Herlambang, mahasiswa Fakultas Pendidikan dan Bahasa (FPB) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2013. Wanita yang baru saja menyelesaikan sidangnya di bulan Januari 2018 ini sangat tertarik mengikuti student exchange karena yakin dengan mengikuti program pertukaran pelajar, apalagi keluar negeri, akan memberikan dia banyak pengalaman dan pelajaran baru. Selain ilmu pengetahuan secara akademik, juga dapat mengenal budaya baru dan bertemu orang-orang baru.

 

Universitas tempat Sharon menimba ilmu berada di Kanda University of International Studies di Prefektur Chiba, Jepang. Sebelum dikirim mengikuti pertukaran pelajar, banyak tahapan yang dilewati oleh Sharon diantaranya seleksi dokumen, interview untuk menguji kemampuan bahasa Jepang, interview dengan Wakil Dekan III, dan perwakilan dari Atma Jaya International Office. Kemudian terpilihlah Sharon dan dua mahasiswa lainnya. Sharon mengikuti student exchange selama dua semester atau selama satu tahun dari September 2015 hingga Juli 2016.

 

Sharon saat sedang berada di Jepang

 

Saat ditanya tentang perasaannya telah terpilih menjadi Duta Unika Atma Jaya di Kanda University, Sharon mengatakan merasa senang karena mendapat kesempatan untuk menjadi Duta Atma Jaya di luar negeri. Namun, ia juga merasa bangga karena segala tingkah lakunya dapat dijadikan cerminan dari Unika Atma Jaya, maka ia pun harus bisa bertanggung jawab atas semua perbuatannya.

 

“Salah satu hal yang sangat menarik bagi saya adalah di Universitas Kanda sendiri ada program studi Bahasa Indonesia dan kami sebagai mahasiswa penerima beasiswa diwajibkan untuk menjadi tutor bagi mahasiswa-mahasiswa program studi tersebut. Bahkan di kampus tersebut terdapat area yang dinamakan Rumah Indonesia, tempat mahasiswa berkumpul dan bersenang-senang. Melihat minat mahasiswa Jepang yang besar terhadap Bahasa Indonesia membuat saya refleksi terhadap diri sendiri. Ketika banyak masyarakat Indonesia yang kurang bangga dengan bahasa dan budaya Indonesia, ternyata di mata orang asing, bahasa dan budaya Indonesia justru sesuatu yang sangat menarik,” ujar Sharon saat diwawancara.

 

Selain menjadi Duta Unika Atma Jaya, mahasiswa yang cantik dan bijak ini juga aktif berorganisasi, seperti menjadi anggota dari UKM Unit Penelitian Mahasiswa (UPM), tergabung dalam HMPS pendidikan Bahasa Inggris, dan sering menjadi panitia acara di program studi Bahasa Inggris. Dari awal kuliah, Sharon sudah tertarik untuk kuliah di Unika Atma Jaya karena akreditasi dan reputasi yang baik, selain itu letak kampus tersebut juga strategis dan dekat dengan rumahnya.

 

“Visi dan misi saya sendiri sebenarnya sangat sederhana. Oleh karena waktu kuliah itu hanya empat tahun, saya ingin memanfaatkan dan menikmati waktu ini dengan sebaik-baiknya. Saya selalu mengingatkan diri saya bahwa suka atau tidak suka, saya punya kewajiban untuk menyelesaikan perkuliahan saya. Oleh karena itu dibanding mengeluh atau malas-malasan belajar, lebih baik saya memberikan usaha yang terbaik sehingga tidak ada penyesalan saat saya sudah lulus.”

 

Dalam mengakhiri wawancara dengan tim Public Relations, Sharon berbagi saran untuk mahasiswa lain agar aktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan di kampus seperti UKM atau bergabung dalam kepanitiaan dan organisasi lainnya. Dengan aktif berorganisasi, kita dapat melepas kepenatan belajar dan merasakan sisi indahnya perkuliahan. Selain itu, berikan juga usaha yang terbaik supaya bisa cepat lulus dan bebas dibanding malah jadi malas-malasan dan akhirnya tidak lulus-lulus. (AS) 

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom