Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kolaborasi Evoware dan Kopi Bangflo berasal dari hasil karya Unika Atma Jaya

Jakarta, 10 Agustus 2018 – Rabu (8/8), Fakultas Teknobiologi, Program Studi S1 Teknologi Pangan mengadakan acara seduh kopi Bangflo dari bahan bioplastik yang merupakan hasil karya Unika Atma Jaya dengan menghadirkan Dr. Noryawati Mulyono, S.Si., (Kepala Program Studi Teknologi Pangan/  Developer of brand Evoware), Hendrianus Yovin (Alumni Fakultas Teknik dan Owner Bangflo) dan Jacob (Traveler Coffee asal Korea Selatan) memperkenalkan produk “Bioplastik Edible”, bekerja sama dengan Bangflo. Acara ini dilaksanakan di Coffee Shop Bangflo Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya Jakarta.

 


Foto bersama acara seduh kopi celup bahan bioplastik Dr. Noryawati Mulyono, S.Si (paling kanan), Hendrianus Yovin (tengah), dan Jacob (paling kiri).

 

Bioplastik Edible merupakan bioplastik dari bahan baku rumput laut yang digunakan sebagai pembungkus makanan seperti teh dan kopi. Selain itu, manfaat rumput laut seperti serat, mineral dan vitamin menjadi nilai lebih dari kemasan ini. “Ini yang pertama karena kita pakai rumput laut langsung, jadi kita tidak melibatkan bahan-bahan kimia. kita prosesnya natural sehingga kita dapat klaim sebagai ramah lingkungan,” tutur Dr. Noryawati Mulyono, S.Si.

 

Dr. Noryawati Mulyono, S.Si  sedang memperlihatkan bentuk dari bahan bioplastik edible

 

Evoware dan Bangflo sama-sama social enterperneurship yang memberdayakan masyarakat lokal khususnya Evoware untuk petani rumput laut. Saat ini, produk packaging tersebut sudah di ekspor ke semua benua dan totalnya lebih dari 350 requires.


“Intinya dari pakai kemasan ini kita tidak meninggalkan sampah karena kemasan ini larut di dalam kopi ini tanpa dia mengubah rasa atau apapun,” ujar Hendrianus Yovin.

 

Hendrianus Yovin sedang mencoba kopi bangflo dari bahan bioplastik

 

Untuk rencana selanjutnya Hendrianus Yovin mempunyai keinginan untuk membuat kopi instan. Kopi instan yang dimaksud bukan kopi yang bisa kita jumpai di toko-toko. Melainkan kopi yang proses pembuatannya dilarutkan terlebih dahulu di air kemudian di keringkan sehingga hasil dari proses tersebut yang kita dapatkan adalah kopi instan yang tanpa meninggalkan ampas ketika dilarutkan ke dalam air panas. Berasal dari inovasi ide yang baru ini, kopi instan tersebut mempunyai kemasan yang mudah larut di dalam air dan kopi nya tidak meninggalkan ampas. Oleh karena itu rencana tersebut membutuhkan waktu untuk melakukan penelitian terhadap kopi instan yang diinginkan oleh owner kopi Bangflo. (GL)

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom