Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kembangkan Desa Ponggang Jadi Desa Wisata

Jakarta - Desa binaan Unika Atma Jaya yaitu Desa Ponggang Subang menjadi salah satu desa yang selalu dikunjungi oleh Fakultas Teknik Unika Atma Jaya setiap tahunnya. Selain berkunjung, para mahasiswa juga berinovasi untuk menciptakan suatu produk atau alat yang dapat menunjangnnya kemajuan desa tersebut.

 

Pada tanggal 19 Desember 2019, mahasiswa Fakultas Teknik Industri Unika Atma Jaya bersama Zebra Indonesia telah melaksanakan acara Live in yang berlokasi di Desa Ponggang dengan agenda pendataan masyarakat untuk mendukung salah satu program desa yaitu menjadikan Desa ponggang menjadi desa wisata.

 

Sebelum terjun ke Desan Ponggang, para mahasiswa mendapat pembekalan pentingnya pengolahan hati dan pikiran dalam terjun ke masyarakat desa. Pembekalan diberikan oleh Iskandar B. Kuntoadji dari Institut Bisnis Ekonomi dan Kerakyatan IBEKA.

 

Kegiatan saat agenda pendataan masyarakat

 

Christoforus selaku koordinator acara mengatakan bahwa kegiatan ini secara tidak langsung akan mengubah mindset dan mental untuk memiliki kepedulian sosial terhadap sesama. Selain itu, dapat memberikan bantuan langsung kepada masyarakat di sana.

 

“Kalo saya pribadi, satu dampak yang paling saya rasakan dari kegiatan tersebut adalah saya diajarkan untuk menjadi orang yang low profile. Dari yang biasanya saya hidup di perkotaan yang dimana semua serba berkecukupan, sekarang bisa ikut merasakan hidup di desa. Saya pun merasakan mental dan daya juang saya ikut di tempa melalui kegiatan ini,” tutur Christoforus.

 

Diharapkan dengan adanya kegiatan para mahasiswa melakukan pendataan ke Desa Ponggang dapat  menggali adanya pedataan potensi desa, sehingga Desa Ponggang dapat dijadikan sebuah desa wisata.

 

Di samping itu, mahasiswa yang mengikuti program live in kali ini juga belajar mengenai budaya dan adat istiadat dari Desa Ponggang sehingga mereka mengenal lebih dekat budaya dan adat istiadat yang ada. Selain itu, para mahasiswa dapat memiliki rasa kepedulian dan rasa saling menghargai yang lebih terhadap sesama tanpa membeda bedakan. (CTF)

 

Foto bersama seusai kegiatan dari Desa Ponggang

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom