Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Unika Atma Jaya dan PBB Gelar Forum International Model United Nations Bagi Generasi Muda Lintas Negara

 

"Your Voice Matters"

 

Jakarta, 19 Juni 2022 - Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya terus meningkatkan kerja sama internasional, terutama berfokus pada peran generasi muda dalam isu global. Kepedulian dan fokus Unika Atma Jaya membawa kampus berakreditasi A selama tiga hari menjadi tuan rumah terselenggaranya International Model United Nations (IMUN) dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), (16-18/6).

 

IMUN sendiri merupakan organisasi non-profit yang terdiri dari berbagai pelajar dari seluruh dunia untuk belajar dan berbagi ide bersama melalui berbagai perspektif serta pengalaman masing-masing peserta. Pada kesempatan ini, para dewan eksekutif, media internasional, dan para delegasi dari berbagai negara berkumpul untuk mempelajari diplomasi, relasi internasional, dan United Nations itu sendiri.

 

Terpilihnya Unika Atma Jaya karena memiliki visi misi yang sama dalam mengajak dan membangun kaum millennial untuk lebih peduli terhadap permasalahan global serta dukungan kedua belah pihak dalam perdamaian internasional. Kegiatan yang berlangsung di Kampus I Semanggi, Unika Atma Jaya dihadiri 137 partisipan muda dari berbagai negara, seperti Perancis, Jerman, USA, Arab Saudi, Jepang, India, Bangladesh, Filipina, Sri Lanka, Kenya, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

 

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. A. Prasetyantoko menyambut baik kegiatan internasional IMUN 2022 ini. Menurutnya IMUN menjadi gerak kaum muda dalam belajar berdiplomasi, hubungan internasional dan meningkatkan rasa persatuan seluruh negara.

 

“Sesuai dengan misi kampus untuk mendorong dan mendukung para mahasiswa dalam berinteraksi secara global, tentu menjadi sarana yang baik agar kaum muda menjadi penggerak dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian pada permasalahan internasioal, khususnya di era pasca-pandemi Covid-19 yang mengubah dinamika kehidupan, “ kata ekonom tersebut.

 

Prasetyantoko menambahkan peran kaum muda dalam pergerakan bangsa menjadi sangat penting dan relevan karena kecenderungan berani tampil di depan banyak orang ditentukan dari kemampuan public speaking yang baik. Forum IMUN 2022 memberi wadah dan sarana bagi kaum muda dalam memperkuat kemampuan diplomasi, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, penelitian/analisis, public speaking, serta memperdalam pengetahuan terkait isu global di depan banyak orang dari berbagai negara.

 

Serda PDK/W Maria Vanesa B.A. IR. memberikan sambutan pada pembukaan acara International IMUN 2022, (16/6) di Gedung Yustinus Lt.15 Kampus I Semanggi Unika Atma Jaya

 

Hal itu dinyatakan langsung oleh Secretary General of IMUN Indonesia 2022, Serda PDK/W Maria Vanesa B.A. IR. Maria mengatakan para delegasi muda dari berbagai negara ini diajak untuk berpikir kritis dan mengembangkan soft skill dalam berdiplomasi dan kemampuan berbicara di depan umum guna menjadi tunas bangsa di negaranya masing-masing.

 

“Dalam tiga hari berlangsungnya IMUN, generasi muda tiap negara diberikan materi dari sudut pandang dan perspektif global dengan disuguhi permasalahan sosial, ekonomi, dan pendidikan dari para pakar Indonesia maupun luar negeri. Pembicara yang hadir merupakan akademisi dan praktisi yang dapat membantu dalam menjawab isu global, “ kata angkatan laut muda di Jakarta.

 

 

Sesi bersama Prof. Roel van der Veen, Head of the Political Department of the Embassy of the Kingdom of the Netherlands in Jakarta dan Karen Hordijk, Foreign Policy Officer of the Political Department of the Kingdom of the Netherlands in Jakarta.

 

IMUN 2022 dihadiri oleh para pembicara diantaranya, Yanuar Nugroho, Expert Coordinator of the SDGs National Secretariat at the Ministry of National Development Planning, Rosdiana Sijabat, Ph.D., Senior lecturer at the Department of Business Administration, FIABIKOM, Atma Jaya Catholic University of Indonesia, Gustav Dahlin, Deputi Heas of Mission of the Sweden Embassy, H. E Yasoja Gunasekera, Ambassador of Sri Lanka to Indonedia and ASEAN, Kita Pritasari Aumdati, Senior Consult Executive at Waste4Change, Dr. Farrukh Qureshi, Technical Officer of Health Promotion and Healthier Populations at WHO Indonesia, Dr. Nia Sarinastati, senior lecturer and Dr. Dorien Kartikawangi, M.Si, Head of School of Communication, Atma Jaya Catholic University of Indonesia.

 

 

Para peserta IMUN 2022 setelah sesi diskusi pada kegiatan International IMUN 2022 di Gedung Yustinus Lt.14 Kampus I Semanggi Unika Atma Jaya.

 

 

Maria menegaskan bahwa  kaum muda yang terpilih dari negaranya masing-masing diharapkan memiliki jiwa kompetisi yang sehat, berjuang tanpa takut berbuat kesalahan, namun menjadi pemenang dan teladan bagi generasi muda lainnya ditengah isu global dan arus zaman teknologi digital yang semakin maju.

 

“Adopsi teknologi, kolaborasi dengan dunia industry dan institusi global serta peningkatkan akreditasi bertaraf internasional juga merupakan program yang secara berkelanjutan dijalankan guna memastikan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat (P2M) di Unika Atma Jaya semakin berkualitas dan berstandar global, “ tutup Prasetyantoko.

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom