Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
FKIK Unika Atma Jaya Galakan Pekan Aktivitas Sosial

Suasana acara Pekan Aktivitas Sosial (PAS)

 

Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya, bekerja sama dengan Pengabdian Masyarakat Dosen dan Prodi Farmasi telah menyelenggarakan Pekan Aktivitas Sosial 2019 “Madakaripura”. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 13 - 16 Desember 2019. Pekan Aktivitas Sosial (PAS) merupakan kegiatan dimana para mahasiswa bersama dengan dokter dan farmasi memberikan berbagai pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa. Bentuk pelayanan kesehatan yang diberikan berupa bakti sosial gratis, penyuluhan kepada warga, dan penyuluhan kepada anak sekolah.

 

Pekan Aktivitas Sosial juga menjadi tempat bagi mahasiswa untuk menyegarkan diri dari kesibukan kuliah dan berinteraksi dengan warga desa, melalui kegiatan bermain bersama warga dan malam keakraban. Mengambil tema “Madakaripura” yang merupakan singkatan dari “Melayani dalam kasih, dengan ceria dan penuh harapan”, tahun ini PAS diadakan di Kampung Cihandelelum, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kegiatan PAS “Madakaripura” 2019 diikuti oleh 110 mahasiswa dan 20 dokter beserta farmasi.

 

Mahasiswa FKIK (baju putih) sedang melakukan tes tekanan darah kepada salah satu masyarakat

 

Mahasiswa dilatih untuk bisa menyampaikan berbagai masalah kesehatan kepada masyarakat awam, seperti asam urat, rematik, dan stunting. Khusus untuk anak sekolah, materi yang diberikan adalah cara mencuci tangan, jajanan sehat, kesehatan reproduksi, dan sebagainya. Kegiatan bakti sosial diikuti oleh 136 orang dari Desa Wargajaya.

 

"Tujuan acara ini adalah memberikan pengabdian kepada masyarakat desa perihal kesehatan, serta membantu mahasiswa FKIKUAJ untuk bisa belajar hidup dari masyarakat desa sembari membagikan ilmu mereka kepada sesama. Diharapkan para mahasiswa/i dapat mengimplementasikan ilmu kesehatan yang dimiliki serta meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi dengan pasien," kata Maximilian Aritonang selaku ketua acara.

 

Mahasiswa memberikan edukasi seputar kesehatan


Kegiatan PAS diharapkan bisa sebagai sarana untuk menyalurkan kasih dan harapan kepada Desa Wargajaya. Hubungan yang baik terjalin selama kegiatan. Keceriaan dari mahasiswa dalam menjalani berbagai aktivitas berbalas senyum dan keramahan dari Desa Wargajaya. Semoga kedepannya, semakin banyak mahasiswa yang mau memberikan kasih dan keceriaan sembari melayani melalui kegiatan PAS, dan semakin banyak pula orang yang dapat dilayani melalui kegiatan PAS.

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  
bottom