Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Dr. Daniel Yusmic Resmi Jabat Hakim Konstitusi

Presiden RI Jokowi berikan selamat kepada Dr. Daniel Yusmic saat Pelantikan Hakim Konstitusi (sumber foto: sekretariat kabinet)

 

Jakarta, 7 Januari 2020 - Dr. Daniel Yusmic Pancastaki Foekh., S.H., M.H. resmi terpilih menjadi Hakim Konstitusi yang menjalankan wewenang Mahkamah Konstitusi (MK) dan dilantik pada pukul 15.00 WIB di Istana Negara oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Pengangkatan Daniel Yusmic sebagai Hakim Konstitusi diatur dalam Keputusan Presiden RI Nomor 1/P Tahun 2020.

 

Dr. Daniel Yusmic P.F., S.H., M.H. adalah pengajar di Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia dan merupakan Kepala Bagian Hukum Tata Negara di Universitas. Beliau menjadi Hakim Konstitusi menggantikan I Dewa Gede Palguna. Daniel mengucapkan janji Hakim Konstitusi di depan Presiden. 

 

"Demi Tuhan saya berjanji bahwa saya dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujar Daniel Yusmic.

 

Dr. Daniel Yusmic saat mengucapkan janji Hakim Konstitusi (sumber foto: sekretariat kabinet)

 

Dr. Daniel adalah salah satu dari sedikit akademisi yang melakukan kajian tentang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) dan mendata seluruh Perppu yang telah dikeluarkan sejak Indonesia merdeka sampai dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

 

Dalam sesi wawancara bersama Tim Humas Unika Atma Jaya, Dr. Daniel mengungkapkan sangat bersyukur karena dapat dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Hakim Konstitusi. Ke depannya, beliau siap menjaga marwah MK sehingga keadilan itu dapat terwujud.

 

“Saya bersyukur terpilih menjadi Hakim Konstitusi. Ini merupakah suatu panggilan negara. Dan sebagai institusi negara, saya siap menjaga marwah MK sebagai benteng keadilan, benteng konstitusi, benteng Pancasila dan benteng NKRI sehingga keadilann itu terwujud,” jelasnya.

 

Dr. Daniel Yusmic berfoto bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H Ma‘ruf Amin seusai pelantian Hakim Konstitusi (sumber foto: sekretariat negara)

 

Menanggapi hal tersebut, Rektor Unika Atma Jaya Dr. Agustinus Prasetyantoko Rektor mengatakan bahwa universitas turut berbahagia dan berbangga atas capaian Dosen Fakultas Hukum asal Kupang ini. Selain itu, Rektor juga mengatakan bahwa "Capaian ini merupakan konstribusi Unika Atma Jaya untuk bangsa. Tidak sekedar meyelenggarakan pendidikan tapi ini merupakan perwujudan nyata dari semangat untuk Tuhan dan Tanah Air dari Unika Atma Jaya."

 

Sivitas Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya mengucapkan selamat atas pelantikan ini dan sekali lagi membuktikan bahwa keterlibatan akademisinya di dalam membangun Negara Indonesia. Hal ini tentu selaras dengan tiga pusat yang digaungkan oleh universitas, yaitu Center for Nation Development, Center for Health Development, dan Center for Human Development.(CTF)

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29    
bottom