Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Appreciation Day Program SILVER

Jakarta - Sebagai bentuk penghargaan atas usaha yang dilakukan oleh para pengungsi peserta program pembimbingan ‘SILVER’, pada Jumat (13/12/2019) lalu diselenggarakan kegiatan bertajuk Appreciation Day di Gedung D, Kampus 1 Semanggi. Kegiatan ini merupakan ajang yang dibuat oleh pihak penyelenggara dan ditujukan kepada para pengungsi atas usaha yang telah dilakukan peserta serta keseriusan yang ditunjukkan selama mengikuti rangkaian kegiatan. Keberhasilan mereka meyelesaikan program yang tidak dapat disebut mudah dapat terlihat salah satunya dari hasil kerajian atau prodak makanan olahan yang turut ditampilan pada acara tersebut.

 

Penyelenggara juga menyerahkan sertifikat kepada para peserta simbolis dari telah rampungnya program pendampingan. Tidak hanya sebagai seremonial, kegiatan ini juga hendak mengirimkan pesan kepada peserta berharap agar usaha yang telah mereka mulai akan terus berlanjut untuk membuka pintu kesempatan baru dan melangkah maju menuju masa depan yang lebih pasti. Sesusai dengan visi awal, bahwa SILVER hendak memberikan pendampingan kepada pengungsi negara korban berselisih supaya mereka mampu untuk memulai hidup ditempat baru.

 

Pemberian Sertifikat dalam Acara Appreciation Day, Jumat (13/12/2019).

 

Omidullah Moqori, pengungsi asal Afghanistan, mengaku sangat bangga dan berterimakasih kepada Unika Atma Jaya yang telah memberikan pelatihan. Moqori menyebut bahwa selama ini dukungan yang diberikan oleh Unika Atma Jaya dan institusi lain bagi para pengungsi di Indonesia sangat berharga bagi mereka ketika ia tinggal di tengah budaya yang asing baginya. Ia mengaku bahwa ada segudang manfaat yang didapat selama mengikuti kegiatan ini.

 

“Aku mau ngucapin terimakasih untuk Atma Jaya yang telah support aku. It is an excellent program and beneficial for me” ujar Omidullah Moqori ketika ditemui Jumat (13/12/2019) diacara yang sama.

 

Foto bersama peserta SILVER dan Penyelenggara  dalam Acara Appreciation Day, Jumat (13/12/2019).

 

Sebagai institusi pendidikan dengan berlatarkristiani, Unika Atma Jaya mempunyai misi kemanusiaan option for the poor yaitu kehadirannya ditengah masyarakat salah satunya untuk memberikan kesempatan dan mengekspresikan kepeduliannya terhadap lingkungan juga pada masyarakat yang membutuhkan pertolongan, selayaknya para refugees. Melalui kegiatan ini dapat memberi kesempatan kepada dosen dan mahasiswa untuk bisa melakukan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan pewujudkan dari nilai yang selama ini menjadi inti Unika Atma Jaya yaitu KUPP.

 

“Unika Atma Jaya sebagai lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab moral untuk menyikapi realitas kehidupan, salah satunya adalah refugees ini. Kita mau integrasikan dengan kegiatan kegiatan fakultas dan kegiatan unit agar dapat terus membantu mereka”. tukas Herman Yosef Sutarno, Koordinator program SILVER.

 

Keseruan Acara Appreciation Day, Jumat (13/12/2019).

 

Sejak tengah 2019 lalu Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkolaborasi dengan mahasiswa, dosen dan alumni dari lima fakultas di Unika Atma Jaya untuk mejalankan program SILVER (Self Improvement Lesson Vocational Training for Refugees). SILVER sendiri merupakan program pembimbingan yang didukung oleh UNCHR (United Nations High Commission for Refugees) dan ILO (International Labor Organization) untuk mempersiapkan para pengungsi dengan pengetahuan kewirausahaan dan kemampuan untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat dimanapun nantinya mereka akan menetap.

 

Lima fakultas yang terlibat dalam program ini antara lain: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakutlas Teknik (FT), Fakultas Psikologi (FP) Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM), dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

 

Dalam kegiatan ini peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk memilih bidang yang sesuai dengan kesukaannya masing-masing. Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan yang diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan untuk membuka usaha sendiri dan memenuhi kebutuhannya. (BY/HCR) 

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30  
bottom