Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Unit » Info Unit

Misi IPP

Atma Jaya Institute for Public Policy (AJIPP) pertama kali didirikan pada tahun 2017. Tujuannya adalah untuk memberikan sumbangsih yang bermutu tinggi terhadap diskursus mengenai kebijakan publik melalui penelitian dan publikasi, evaluasi, serta diskusi dan konsultasi dengan para ahli dan praktisi. AJIPP juga ingin menjembatani kebijakan publik, sektor swasta, dan universitas melalui pengadaan konferensi dan seminar. AJIPP memiliki tim peneliti muda dan dinamis dengan beraneka ragam keahlian dan ketertarikan, dari bioteknologi dan kedokteran hingga ilmu hukum dan studi budaya.

 

AJIPP saat ini sedang memusatkan perhatiannya pada transformasi luar biasa (jika tidak bisa dibilang disruptif) yang dipicu oleh Revolusi Industri Keempat atau “Industri 4.0” di berbagai bidang, seperti bioteknologi, robotika, kecerdasan buatan, dan ilmu data. Revolusi ini memengaruhi bisnis, pemerintahan, dan masyarakat secara keseluruhan dengan skala yang tidak terbayangkan sebelumnya. Maka dari itu, dibutuhkan kebijakan publik yang telah dikaji dengan matang agar pemerintah dapat menjadikan revolusi ini sebagai kesempatan untuk melejitkan ekonomi dan meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, dan juga supaya dampak buruk dari perubahan tersebut dapat ditanggulangi secara efektif dan tepat sasaran, terutama yang terkait dengan etika, moralitas, dan hak asasi manusia.

 

Oleh sebab itu, sesuai dengan slogan Atma Jaya, “be digital, go global, build society”, AJIPP akan membantu pemerintah dan sektor swasta dalam melakukan pengkajian kebijakan berbasis akademis untuk menghadapi tantangan-tantangan yang berasal dari Industri 4.0 demi kemajuan masyarakat. Selain itu, hasil penelitiannya juga diharapkan dapat menjembatani kebijakan publik dan akademi dengan sektor swasta.

 

Tema Utama

 

AJIPP memiliki tema-tema utama sebagai berikut:

 

1. Otomatisasi dan dampaknya terhadap ekonomi, bisnis, perdagangan, dan keuangan

2. Teknologi dan dampaknya terhadap kesehatan publik dan psikologi

3. Teknologi dan dampaknya terhadap ketahanan pangan dan bioteknologi

4. Teknologi dan dampaknya terhadap masyarakat madani, hukum, dan hak asasi manusia

5. Teknologi, digitalisasi, dan penguatan demokrasi

6. Otomatisasi dan industri dan sistem informasi

7. Digitalisasi dan budaya, bahasa, dan pendidikan

 

Pembahasan lebih lanjut mengenai profil AJIPP dapat diunduh di pranala berikut: http://www.atmajaya.ac.id/filecontent/ipp-AJIPPcompanyprofile.pdf

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom