Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Unit » Info Unit

Info Pusat - pusat

A. Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat (PKPM)

Dalam mengemban misinya, PKPM menunjukkan keberpihakan kepada kelompok yang kurang beruntung dan tertindas. Sikap ini diwujudkan dalam ragam kajian dan kegiatan penelitian aksi yang difokuskan pada permasalahan sosial daerah perkotaan, seperti isu anak yang membutuhkan perlindungan khusus, kesehatan reproduksi, dan seksualitas (remaja khususnya), pendidikan dan pembelajaran, kependudukan dan ketenagakerjaan, serta isu gender.  

B. Pusat Kajian Bahasa dan Budaya (PKBB)

Mengembangkan diri menjadi Centre of Excellence di bidang linguistik dan pengajaran bahasa. Sebagai suatu pusat penelitian yang bereputasi tinggi dalam bidang penelitian bahasa dan budaya, baik nusantara maupun asing, khususnya bahasa dan budaya Inggris, PKBB mempunyai visi untuk meningkatkan kadar keilmuan bahasawan dan budayawan agar mereka memiliki bekal yang andal dalam menyongsong kehidupan modern di era globalisasi. PKBB menjadi lokus organisasi profesi yang bernama Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI). MLI adalah organisasi profesional yang mewadahi para ilmuawan dalam bidang bahsa dan linguistik.MLI menyelenggarakan kongres setiap tiga tahun. 

C. Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes)

Puslitkes berkontribusi dalam upaya mengembangkan kota yang sehat sebagai bagian dari pembangunan kota yang berkelanjutan dan menciptakan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera fisik dan mental. Melalui penelitian di bidang kesehatan fisik, lingkungan  dan sosial/mental membantu pemerintah dan masyarakat agar dapat menciptakan kota yang sehat; melalui kerjasama kemitraan antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan penduduk kota untuk mencapai keadaan kesehatan fisik,lingkungan, dan sosial yang optimal.  

D. Pusat Pengembangan Etika(PPE)

PPE melakukan pengajaran filsafat dan etika di lingkungan Universitas Atma Jaya. Dalam bidang penelitian, PPE mengembangkan kajian-kajian filsafat dan etika terhadap masalah-masalah etis yang berkembang dalam masyarakat. Kajian-kajiannya meliputi

1. Kajian etis di bidang kedokteran. Dalam bidang ini PPE bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran. Kualifikasi tenaga yang terlibat dalam bidang ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan tentang problem etis di bidang medis, biologi, dan etika.

2. Kajian etis di bidang ekonomi dan bisnis. Dalam bidang ini PPE bekerja sama dengan staf dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Administrasi.

3. Kajian etis di bidang politik dan hukum. Dalam bidang ini PPE bekerja sama dengan staf dari Fakultas Hukum.

4. Kajian etis di bidang kerekayasaan. Dalam hal ini PPE bekerjasama dengan staf dari Fakultas Teknik dan Fakultas Teknobiologi.

 

E. Pusat Kajian Asia Timur (PKAT)

PKAT dalam kerjasama dengan berbagai pihak, baik institusi akademik, nonpemerintah, maupun pemerintah menyelenggarakan kajian-kajian yang berkaitan dengan kawasan Asia Timur dengan fokus pada manusia (people centered), khususnya mengenai isu-isu ketahanan manusia (human security). Kajian difokuskan pada aspek-aspek perkembangan ketahanan manusia, yang meliputi isu kemiskinan, kesehatan, pendidikan, ketimpangan gender, dan lain-lain. Tujuan kajian adalah memberikan rekomendasi bagi pengaturan-pengaturan insitusional demi menjawab isu ketahanan tersebut. 

F. Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM)

PPM adalah unit pelaksana Pengabdian Masyarakat. Dalam unit ini dilakukan berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, alumni dan mahasiswa. Kegiatan pengabdian seperti pembuatan sumber air bersih, perbengkelan, pengembangan apotik hijau, dan pengembangan program pra sekolah dilaksanakan dengan kerjasama antar unit atau dengan Fakultas. Selain itu, unit ini menawarkan berbagai kursus yang terjangkau bagi masyarakat umum.

  

(Updated by ynr-m&pr/10/10)

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom