Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Kurikulum PSPD

KURIKULUM

Dalamproses belajar mengajar Pendidikan Profesi Dokter menggunakan kurikulum 2017. Metode pembelajaran yang digunakan berupa CBL, Bed Side Teaching, morning report, tutorial klinik, Journal reading. Proses pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat kepada peserta didik.  

LAMA STUDI

Untuk menyelesaikan rotasi Pendidikan Profesi Dokter membutuhkan waktu selama 88 minggu. Sesuai Permenristekdikti no. 44 Tahun 2015, batas masa studi Profesi Dokter selama 3 tahun akademik sampai mahasiswa tersebut lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

 

ALUR PENDIDIKAN KEPANITERAAN KLINIK

 

 

 

 

INFORMASI PERKULIAHAN MAHASISWA PRODI PROFESI DOKTER

Sebelum kegiatan proses belajar mengajar, dokter muda diwajibkan melakukan enroll KRS setiap semester dan melakukan pembayaran biaya kuliah yang informasinya dalam dilihat di https://myatma.atmajaya.ac.id . Untuk masuk ke web tersebut, masing –masing dokter muda diberikan user ID dan password.

 

Profil Lulusan Program Studi Profesi Dokter

  1. Dokter yang berperan sebagai penyedia layanan kesehatan (care provider),pengambil keputusan (decision maker), pemimpin masyarakat (community leader), manajer(manager), komunikator (communicator).
  2. Dokter yang berperan dalam pelayanan primer, preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif dibidang gerontologi dan geriatri
  3. Dokter yang berperan sebagai konsultan peningkatan kualitas hidup

 

Metode Pembelajaran di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya

 

Case based teaching(kuliah kasus)

Case/kasus adalah deskripsi problem dan mahasiswa bertugas untuk memecahkan masalah tersebut. Di dalam kedokteran, kasus yang sering digambarkan adalah tentang masalah pasien dan mahasiswa perlu melakukan analisis, interpretasi data serta membuat keputusan.
 

Bed side teaching

Kontak langsung dengan pasien merupakan faktor penting dalam proses pengembangan clinical reasoning, kemampuan berkomunikasi, sikap profesional dan empati.
 
One Minute Preceptor
Pada pendidikan di tempat kerja, kegiatan pendidikan akan terbagi menjadi kegiatan pelayanan dan pendidikan. Perlu metode pembimbingan yang efektif dengan memanfaatkan waktu yang singkat, yaitu pada saat memberikan pelayanan kepada pasien.
 
Metode SNAPP
 
Morning Report 
 
Journal Reading
 
Tutorial Klinik
 
Referat
 
 
Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa
Assessment merupakan proses dokumentasi untuk memperoleh informasi tentang aspek kognitif, skill, dan sikap/profesionalisme. Assessment dilakukan untuk melihat kemajuan proses belajar, menemukan masalah dalam proses belajar, memberikan umpan balik, memberikan motivasi, dan menetapkan telah tercapainya capaian pembelajaran dalam suatu proses belajar.

 

Assessment di Tingkat Klinik 

A.Ujian Kasus atau Objective StructuredLong Case Examination Record (OSLER)

B.Direct Observation Procedural Skills (DOPS)

C.Mini Clinical Examination (Mini-CEx)

D.Penilaian Aspek Kognitif

E. P-MEX (Professionalism Mini Evaluation Exercise)

F. Exit Exam

G.Penilaian Rotasi Klinik

 
Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom