Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Selayang Pandang Prodi Magister Profesi

 

 

 

 

Gmb 1. Pembukaan Prodi Magister Profesi Psikologi dihadiri oleh Rektor (ketika itu) Bernadette Setiadi, Ph.D, Dekan FPUAJ Johana Rosalina, Ph.D, Ketua Program Studi Dr.phil. Hana Panggabean & Eunike S. Tyassuci, Ph.D, staf pengajar, staf secretariat dan para mahasiswa angkatan I.

 

    Pendirian Program Magister Psikologi Profesi Unika Atma Jaya tidak dapat dilepaskan dari sejarah perkembangan studi Psikologi di Indonesia.  Pada saat Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (UAJ) berdiri di tahun 1992, pendidikan Psikologi di Indonesia telah memisahkan jalur Sarjana (S-1) dan jalur Profesi. Artinya, berbeda dengan lulusan dari kurikulum sebelumnya yang langsung menyandang gelar Psikolog saat menyelesaikan pendidikan jenjang Sarjana Psikologi, lulusan pada era ini dan selanjutnya menyandang gelar Sarjana Psikologi tanpa gelar profesi Psikolog.

    Pada era ini, Sarjana Psikologi yang ingin menjadi Psikolog harus menempuh Program Profesi selama 4 semester (24 sks) yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi. Fakultas Psikologi UAJ juga memiliki Program Profesi seperti ini dan telah meluluskan 60 Psikolog.

Dengan berbagai pertimbangan, Pendidikan Profesi di Indonesia ditiadakan pada tahun 2003 berdasarkan edaran Kolokium Fakultas Psikologi Nasional dan asosiasi profesi psikologi-Himpunan Psikologi Indonesia ( Himpsi ) dan kemudian diubah menjadi program studi  profesi pada jenjang S2. Program studi ini dikelola bersama antara perguruan tinggi dan asosiasi profesi serta meluluskan Psikolog pada jenjang Magister yang bergelar akademik MPsi dan mendapat sebutan profesi Psikolog (MPsi, Psikolog).

   Fakultas Psikologi UAJ mengikuti arahan ini dan sejak tahun 2003 tidak lagi membuka Program Profesi Psikologi, lalu berkonsentrasi untuk mempersiapkan pembukaan Magister Profesi Psikologi. Pada tahun 2005 Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya membuka program Magister Profesi Psikologi dengan dua bidang kekhususan, yaitu Psikologi Industri dan Organisasi (PIO), dan Psikologi Klinis Dewasa. Sejalan dengan arahan Kolokium Fakultas Psikologi Indonesia dan Himpsi, program ini berada pada jenjang pendidikan strata 2 (S2) yang memberikan gelar Master (M.Psi) dan sebutan profesi Psikolog kepada lulusannya (Psikolog). Program Magister Profesi Psikologi Unika Atma Jaya ini beroperasi dengan ijin operasional dari Dikti (DIKTI No. 211/D/T/2008) dengan rekomendasi  pendirian program profesi dari organisasi profesi psikologi di Indonesia, Himpsi (HIMPSI 005/P.P. – himpsi.I.P/03/05). Angkatan pertama MPsi berjumlah 18 orang yang seluruhnya adalah alumni S-1 FPUAJ.

    Program Studi MPsi UAJ menjadi program studi pascasarjana keempat yang dimiliki UAJ setelah S-2 Linguistik Terapan Bahasa Inggris (LTBI-berdiri 1992), Magister Manajemen (1993), dan S-3 LTBI (2002) dan menjadi program studi pascasarjana pertama di UAJ yang bernaung di bawah Fakultas.

   Lustrum I MPsi di 2010 ditandai dengan dibukanya Bidang Peminatan Khusus yang ketiga, yaitu Pendidikan Anak dan Remaja (PAR). Mulai beroperasi resmi pada tahun akademik 2010/2011, bidang kekhususan yang berfokus pada penanganan psikologis tumbuh kembang anak ini dimulai dengan menerima enam orang mahasiswa di angkatan pertamanya.

 

 

Gmb 2. Dr. Engelina Bonang sebagai Dekan terdahulu yang ikut merintis pendirian Program Studi MPsi sedang memberikan sambutan.

 

 

    Seiring berjalannya waktu, Program Studi MPsi semakin matang dan dikenal masyarakat luas. Jumlah mahasiswa semakin meningkat. Saat ini daya tampung Program Studi MPsi adalah 45 orang dengan rata-rata penerimaan 38-40 mahasiswa. Dengan dukungan tenaga akademisi dan praktisi di bidang masing-masing, bimbingan proses belajar mengajar dimungkinkan untuk proses yang berkualitas. Institusi tempat kerja praktek terdiri dari organisasi yang bereputasi seperti  rumah sakit (RSAL Mintoharjdo, RSJ Lawang, Malang), puskesmas (Puskesmas Mampang Jakarta Selatan), panti werdha (Panti Sosial Trisna Werdha Melania), konsultan (Asia Business Center, Inti Data, Gaia Solution), korporasi (United Tractors, Gramedia Group, Bintang Tujuh, Indosat) LSM (Yayasan Dana Bhakti Astra, Lentera Anak Pelangi) sekolah dan lembaga pendidikan (TK-SD Citra Az-Zahra, SD St. John, BSD)

    Pada tahun 2015 ini MPsi memasuki usia satu dekade dan merayarakan Lustrum II. Sepanjang ini program studi telah meluluskan 146 Psikolog sehingga secara totalnya FPUAJ telah menghasilkan 206 Psikolog yang berkarya di masyarakat sebagai konselor, wirausaha, professional di bidang HRD, professional di bidang organisasi, konsultan, trainer, psikolog rumah sakit, anggota parlemen/politisi, dengan jangkauan karya domestic dan internasional. 

Kalender
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom