Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Peraturan Akademik Magister Biomedik

Peraturan akademik ini dibuat untuk melengkapi Peraturan Akademik Universitas yang sudah ada dan berlaku.

 

1.      Proses Pembelajaran

a)      Secara umum, mahasiswa menjalani proses pembelajaran secara berurutan mulai dari semester pertama hingga keempat.

b)      Pada semester pertama, mahasiswa mengambil mata kuliah yang sifatnya paket (tidak dipilih) dan seluruhnya merupakan mata kuliah wajib prodi. Pada semester kedua, mahasiswa mendapatkan mata kuliah wajib prodi dan mengambil mata kuliah lain sesuai dengan peminatannya. Pada semester ketiga, mahasiswa tersisa 1 mata kuliah peminatan dan 2 mata kuliah elektif. Semester keempat merupakan semester yang didedikasikan sepenuhnya untuk penelitian, penulisan tesis dan penulisan artikel.

c)      Pembelajaran menggunakan metode blended learning yang merupakan gabungan antara belajar mandiri secara asynchronous dan diskusi penyamaan persepsi serta kuliah topik tertentu secara synchronous. Untuk beberapa mata kuliah terdapat praktikum yang dipadatkan di akhir semester.

d)      Peraturan mengenai perbaikan nilai mata kuliah tercantum pada Buku Saku Mahasiswa.

 

2.      Penilaian Kelulusan Mata Kuliah

Penilaian kelulusan mata kuliah mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester dari masing-masing mata kuliah yang telah disampaikan kepada seluruh mahasiswa. Pada dasarnya penilaian terdiri dari:

a)      Nilai UTS

b)      Nilai UAS

c)      3 nilai tugas (maksimal)

 

3.      Hasil Penilaian dari Mata Kuliah

Penilaian mengikuti sistem penilian dalam Buku Saku Mahasiswa Universitas tentang kategori nilai.

 

4.      Kehadiran

Persyaratan kehadiran untuk seluruh mata kuliah adalah >=75% dari kegiatan terjadwal. Untuk mahasiswa yang mengambil ulang mata kuliah untuk memperbaiki nilai (nilai sebelumnya C, C+, B-, B dan B+), persyaratan kehadiran adalah >=50%. Kondisi yang dapat ditoleransi dan konsekuensi absensi tercantum pada Buku Saku Mahasiswa.

 

5.      Ujian dan Ujian Susulan

a)      Mahasiswa yang akan mengikuti ujian diwajibkan membawa kartu mahasiswa. Bila ujian dilaksanakan secara daring, mahasiswa wajib melakukan swafoto sambil memegang kartu mahasiswa dan mengirimkannya secara elektronik kepada sekretariat Prodi.

b)      Jadwal pelaksanaan ujian akan diumumkan paling lambat 1 minggu sebelum periode Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Semester.

c)      Mahasiswa yang terlambat saat mengikuti ujian tidak akan mendapatkan tambahan waktu.

d)      Kondisi-kondisi yang bisa diberi ujian susulan apabila ketidak-hadiran pada ujian sebelumnya tercantum pada Buku Saku Mahasiswa.

 

6.      Yudisium

a)      Yudisium adalah suatu rapat yang dihadiri oleh komisi penguji Bersama kepala Program Studi.

b)      Yudisium diadakan segera setelah sidang akhir/ ujian tesis.

c)      Yudisium diadakan untuk menentukan lulus atau tidaknya kandidat, langkah perbaikan yang perlu dilakukan, serta nilai akhir yang didapat

d)      Sebelum dilakukan sidang akhir/ujian tesis, Sekretariat Prodi akan menilai kelengkapan persyaratan (tertera pada Buku Saku Mahasiswa)

e)      Rincian mengenai sidang tesis dan persyaratannya akan dideskripsikan secara lebih detil pada buku Pedoman Penelitian dan Penulisan Tesis.

 

7.      Lama Masa Studi

Masa studi optimal untuk Prodi Magister Biomedik FKIK UAJ adalah 4 semester. Masa studi paling cepat sesuai peraturan yang berlaku adalah 3 semester. Lama studi maksimal yang diperkenankan untuk menjalani pendidikan di Prodi Magister Biomedik FKIK UAJ adalah 8 semester di luar cuti akademik. Bila telah melewati masa studi maksimal, maka mahasiswa tersebut dinyatakan Drop Out.

 

8.      Syarat Lulus Magister Biomedik

a)      Lulus semua mata kuliah wajib prodi, mata kuliah peminatan dan minimal 2 sks mata kuliah elektif.

b)      Dinyatakan lulus dalam yudisium sidang tesis

c)      Memiliki IPK rata-rata minimal 3.00

d)      Telah memiliki artikel ilmiah yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan (accepted) dalam jurnal ilmiah internasional. Artikel ilmiah tersebut harus terkait dengan penelitian tesis yang dilakukan, walau tidak wajib mencakup seluruh aspek dari penelitian tesis tersebut.

 

9.      Nilai

Mahasiswa wajib melaporkan ketidaksesuaian nilai dalam waktu 2x24 jam setelah nilai diumumkan dalam sistem MyAtma. Apabila tidak ada laporan sampai batas waktu yang ditentukan, maka nilai yang tertera dalam sistem MyAtma dianggap sudah benar.

 

10.  Ujian Susulan, dan Tugas Pengganti

a)      Ketentuan Mahasiswa untuk mendapatkan ujian susulan mengikuti Pedoman Buku Saku Mahasiswa.

b)      Waktu untuk melakukan ujian susulan ditetapkan oleh Prodi dan koordinator mata kuliah.

 

11.  Kewajiban dan Larangan Mahasiswa

a)      Hadir di dalam ruangan kuliah/praktikum, atau platform daring sebelum kegiatan dimulai, apabila terlambat > 15 menit, maka dianggap absen.

b)      Hadir di ruang ujian, atau di platform ujian sebelum ujian dimulai, apabila terlambat tidak akan mendapatkan tambahan waktu ujian.

c)      Bersikap jujur dan menjunjung tinggi integritas selama mengikuti kegiatan belajar-mengajar, termasuk ketika melaksanakan ujian.

d)      Merokok (mengikuti peraturan Unika Atma Jaya) di lingkungan kawasan kampus dan RS.

e)      Berpakaian tidak sopan dan menggunakan sandal dalam ruang kuliah/praktikum tidak diperkenankan masuk. Untuk praktikum di laboratorium tertentu, wajib menggunakan kelengkapan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam laboratorium tersebut.

f)       Melakukan dokumentasi kegiatan akademik (merekam, memfoto) dan menyebarkan dokumentasi tersebut tanpa izin pihak terkait.

g)      Mahasiswa dilarang melakukan perkelahian fisik selama penyelenggaraan akademik di lingkungan kampus FKIK Unika Atma Jaya berlangsung.

 

Sanksi untuk setiap tindakan yang terlarang mengikuti Pedoman Buku Saku Mahasiswa.

 

12.  Perbuatan Tidak Jujur/Tidak Terpuji

Yang termasuk perbuatan tidak jujur/tidak terpuji antara lain:

-          Mencontek

-          Menjadi/menggunakan joki

-          Kerja sama dalam ujian

-          Mengganggu kelancaran ujian

-          Pemalsuan tanda tangan

-          Mencuri soal ujian

Kepada mahasiswa yang yang tertangkap basah atau terbukti melakukan perbuatan tersebut akan dikenakan sanksi:

1 kali      :     dinyatakan tidak lulus dalam mata kuliah tersebut dan diberikan surat peringatan, dan harus mengulang mata kuliah pada semester berikutnya.

2 kali      :     dinyatakan tidak lulus dalam semua mata kuliah yang diambil dalam semester tersebut dan diberikan surat peringatan, dan harus mengulang pada semester berikutnya

3 kali      :     dikeluarkan

 

Untuk pelanggaran berat, mahasiswa dapat dikeluarkan langsung tanpa melalui proses peringatan terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan pelanggaran berat untuk kategori tersebut antara lain:

-        Pelanggaran susila

-        Pelanggaran disiplin berulang

-        Pelanggaran yang berimplikasi hukum

-        Plagiasi dalam penulisan tesis dan artikel ilmiah

-        Dan lain-lain

 

Vonis pelanggaran berat ditentukan dalam rapat yang dihadiri oleh Dekan, Wadek, Kepala Prodi, Pembimbing Akademik mahasiswa yang bersangkutan yang mewakili kepentingan mahasiswanya.

 

13.    Plagiarisme & Manipulasi Data Penelitian

a)      Plagiarisme dan manipulasi data penelitian dalam penyusunan Tesis atau Artikel juga dianggap merupakan pelanggaran berat.

b)      Pelanggaran terhadap hal ini akan dikenakan sanksi skors selama satu semester dan Tesis atau Artikel Ilmiah tersebut dianggap tidak ada serta harus mengulang penelitian dan penyusunan Tesis atau Artikel Ilmiah.

 

14.  Surat Menyurat

a)      Surat keterangan dari mahasiswa terkait masalah akademik, ditujukan ke Sekretariat Prodi Magister Biomedik.

b)      Surat yang masuk ke Prodi Magister Biomedik akan segera ditindak lanjuti.

c)      Untuk hal yang bersifat mendadak dan darurat, keterangan awal dapat dilakukan melalui media elektronik/e-mail, namun surat keterangan tertulis tetap perlu menyusul disampaikan untuk dapat dianggap sebagai penjelasan resmi.

 

15.  Proses Pelaksanaan Tugas Pengganti Kegiatan Belajar Terjadwal

Proses pelaksanaan tugas pengganti tercantum pada Buku Saku Mahasiswa.

 

16.  Pembimbing Akademik

Pembimbing Akademik (PA) adalah dosen yang ditetapkan untuk membimbing mahasiswa serta memberikan informasi dan nasehat yang bersifat akademik maupun non-akademik. Mahasiswa diwajibkan untuk bertemu atau berkomunikasi secara virtual dengan pembimbing akademik minimal 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester.

Tugas Pembimbing Akademik :

Mengarahkan mahasiswa dalam menyusun rencana studinya sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dalam waktu yang optimal sesuai dengan kemampuannya dan mencegah mahasiswa putus studi (Drop Out), dengan cara:

  1. Memberikan peringatan kepada mahasiswa apabila prestasi akademiknya rendah.
  2. Mengikuti perkembangan studi mahasiswa yang dibimbingnya dengan cara memberikan konseling dalam membantu mahasiswa memecahkan masalah-masalah pribadi yang mempengaruhi studi.
  3. Mengingatkan mahasiswa mengenai kemajuan penelitian tesis serta kewajiban untuk melakukan publikasi artikel ilmiah di jurnal internasional.
  4. Memberitahukan kepada mahasiswa bahwa ia mungkin tidak dapat menyelesaikan studi dalam batas masa studi (terancam DO), apabila prestasi akademiknya senantiasa rendah, atau sudah mendekati batas akhir masa studi, tetapi penelitian dan penulisan tesis serta artikel ilmiah belum diselesaikan.
  5. Mengirim surat kepada Wakil Dekan agar mahasiswanya diberikan surat teguran, apabila prestasi akademiknya rendah sehingga terancam DO.

 

17.  Hak dan Kewajiban Mahasiswa yang Dibimbing terhadap Pembimbing Akademiknya

Mahasiswa yang dibimbing oleh Pembimbing Akademik memiliki hak:

  1. Memperoleh informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan studi di Prodi Magister Biomedik FKIK UAJ.
  2. Memperoleh pengarahan dalam menyusun rencana studi setiap semester
  3. Memperoleh bimbingan dan konseling baik masalah akademik maupun nonakademik seperti :

a)      Kelancaran mengikuti perkuliahan

b)      Teknik memperoleh sumber-sumber belajar

c)      Pengaturan dan penjadwalan waktu yang baik

d)      Teknik meningkatkan motivasi berprestasi

e)      Teknik mengatasi masalah-masalah yang dapat mempengaruhi keberhasilan studi

f)       Saran untuk kegiatan forum ilmiah seperti seminar, pertemuan ilmiah tahunan, dll yang dapat diikuti oleh mahasiswa.

4. Menemui dan berkonsultasi pada Pembimbing Akademik.

 

Mahasiswa yang dibimbing oleh Pembimbing Akademik memiliki kewajiban:

  1. Menemui dan berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik
  2. Menjalin hubungan yang baik, terbuka, dan saling mempercayai dengan Pembimbing Akademiknya.
  3. Mendengarkan/memperhatikan nasehat dan pengarahan Pembimbing Akademik.
  4. Bertanggung jawab terhadap semua keputusan yang telah diambil setelah mendapat nasehat/pengarahan Pembimbing Akademik.
Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom