Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Laboratorium Mikrobiologi Pangan

Profil | Personel | Ruang Lingkup Penelitian | Fasilitas

 

Laboratorium Mikrobiologi Pangan didirikan pada tahun 2017 yang didedikasikan untuk mendukung kegiatan praktikum dan penelitian Program Studi Teknologi Pangan pada Fakultas Teknobiologi.  Laboratorium ini difokuskan pada praktikum yang bertujuan mengedukasi mahasiswa dengan keterampilan dan teknik dasar mikrobiologi, seperti teknik aseptik, inokulasi mikroorganisme pada berbagai variasi jenis media, pengujian senyawa antibakteri, dan eksplorasi mikroorganisme yang terlibat dalam produk pangan. Mata kuliah yang dilaksanakan di bawah naungan Lab. Mikrobiologi Pangan yaitu praktikum Mikrobiologi Dasar dan Praktikum Mikrobiologi Pangan. 

 

Di samping kegiatan rutin praktikum, Lab. Mikrobiologi Pangan juga memfasilitasi pelaksanaan penelitian di bidang mikrobiologi pangan, terutama deteksi keberadaan bakteri patogen bawaan pangan, eksplorasi mikrob yang berperan dalam pengawetan makanan, dan beneficial microbes.  Laboratorium ini memberikan kesempatan mahasiswa sarjana tingkat akhir untuk hands on dan peneliti lainnya, termasuk mahasiswa pascasarjana dan pertukaran pelajar. Penelitian di laboratorium ini melibatkan multidisiplin, termasuk aplikasi mikrob pada pakan di sektor akuakultur, biostatistika, molekuler, ataupun bioinformatika.

 

Di samping itu, Lab. Mikrobiologi Pangan juga membuka akses untuk kemungkinan adanya kerja sama dengan perusahaan di bidang pangan untuk analisis mikrobiologi.

 

Kepala Lab.

Stella Magdalena , M.Si

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom