Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Laboratorium Pengolahan Pangan

Laboratorium Pengolahan Pangan berfokus pada pengembangan berbagai macam produk pangan. Disini mahasiswa dapat menggunakan fasilitas yang ada untuk mengembangkan berbagai produk inovatif. Berbagai alat yang tersedia dalam lab ini diantaranya: Spray dryer, Texture analyser, pocket refractometer, Portable Colorimeter, homogenizer, Viscometer, Aw Meter, pH Meter, Sentrifugasi berpendingin, Sieve Shaker, Drying Oven , Inkubator, Shaker, dll.

Beberapa topik Penelitian yang dilakukan di laboratorium ini meliputi Pengembangan dan studi kelayakan produk “nugget semi vegetarian” berbasis tempe dan ikan, Formulasi minuman olahraga kaya antosianin dan efeknya terhadap kebugaran, Pengembangan sereal sarapan germinasi beras merah, Penggunaan flavor enhancer dari jamur tiram dan tempe semangit untuk mengurangi kandungan natrium pada nugget dan efeknya terhadap karakteristik sensori, Karakteristik Isolat Protein dan Kalsium Ikan Teri, dan masih banyak lagi.

Selain sebagai laboratorium riset bagi mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat 2 dan 3 sudah mulai dapat menggunakan laboratorium ini untuk menjalankan proyek pengembangan produk dari berbagai Mata Kuliah seperti Teknologi Pangan, Formulasi produk Pangan, Evaluasi sensori, dan Teknologi produk marine. Sehingga mahasiswa sudah mulai diasah kreativitasnya dalam mengembangkan produk sejak dini.

Laboratorium Pengolahan Pangan juga terbuka untuk berbagai kunjungan dan workshop siswa sekolah dan umum bagi yang tertarik mengenai pengembangan produk pangan.

 

 

Diana Lestari, S.Gz., M.Si

Kepala Laboratorium Pengolahan Pangan

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom