Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Program Studi » Info Program Studi

Pendidikan

 

 

  • Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Program Studi Ilmu Komunikasi Menyiapkan komunikator bisnis yang inovatif dan inklusif berlandaskan kemanusian untuk keberlanjutan global (Preparing innovative and inclusive strategic business communicators based on humanity and global sustainability?).Hal ini sesuai juga dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim (Dikti, 2021) tentang 21st Century Skills yang mencakup: creativity, collaboration, communication, critical thinking, computational logic, compassion. Ketrampilan ini kemudian dikemas dalam konsep literasi yang harus dimiliki sumber daya manusia Indonesia, yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.

 

NILAI INTI ATMA JAYA

 

Nilai inti Atma Jaya merupakan pedoman yang diyakini sebagai jiwa yang harus selalu dihayati dan diamalkan oleh pemangku kepentingan organisasi dalam melaksanakan tugas. Nilai-nilai yang berkembang dan hidup dalam organisasi menjadi semangat bagi pemangku kepentingan dalam berkarya dan berkarsa. Nilai inti yang dikembangkan oleh Atma Jaya adalah Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli (KUPP). Penyusunan Kurikulum ini di jiwai oleh keempat nilai inti tersebut.

 

PROFIL LULUSAN

 

Profil lulusan Program Studi Ilmu Komuniksi, Unika Atma Jaya adalah komunikator yang inovatif, profesional, berwawasan lokal-global, yang mampu berkarya sebagai praktisi, wirausaha dan asisten peneliti di perusahaan, organisasi nir laba, maupun instansi pemerintah di bidang komunikasi korporasi, komunikasi pemasaran, dan media, dengan keunggulan konseptual analitis dan eksekusi praktis berlandaskan etika, serta kepedulian sosial.

 

Profil tersebut menegaskan kompetensi lulusan yang memiliki penguasaan pengetahuan, ketrampilan umum, ketrampilan khusus dan sikap serta tata nilai dengan tingkat literasi digital, literasi teknologi, dan literasi manusi yang baik. Cakupan tersebut dapat dilihat pada table berikut ini:

 

Knowledge

(Penguasaan Pengetahuan)

Komunikasi, berwawasan lokal-global

Skills

(Ketrampilan umum)

Inovatif, eksekusi praktis

Capability

(Ketrampilan khusus)

Konseptual analitis, riset

Personality

(Sikap dan tata nilai)

Etika, kepedulian sosial

 

Sedangkan secara khusus profil lulusan adalah sesuai dengan peminatan yang diambil, sebagai berikut:

 

Komunikasi Korporasi:

 

Komunikator bidang komunikasi korporasi yang inovatif, profesional, berwawasan lokal-global, yang mampu berkarya sebagai praktisi, wirausaha dan asisten peneliti antara lain di bidang Public Relations, Stakeholders Relations, Media Relations, Community Relations, dan lain sebagainya, dengan keunggulan konseptual analitis dan eksekusi praktis yang berlandaskan etika, serta memiliki kemampuan riset dan kepedulian sosial

 

Komunikasi Pemasaran:

 

Komunikator bidang komunikasi pemasaran yang inovatif, profesional, berwawasan lokal-global, yang mampu berkarya sebagai praktisi, wirausasha dan asisten peneliti antara lainsebagai Content Creator, Script Writer, Media Placement, Talent Scout, Product Management,  dan lain sebagainya, dengan keunggulan konseptual analitis dan eksekusi praktis yang berlandaskan etika, serta memiliki kemampuan riset dan kepedulian sosial

 

Media dan Komunikasi:

 

Sarjana Ilmu Komunikasi yang memiliki mosaic pengetahuan (knowledge); ketrampilan (skills); kemampuan (capability); dan kepribadian (personality) yang inovatif, profesional, berwawasan lokal-global, yang mampu berkarya sebagai praktisi dan peneliti di bidang media, antara lain, jurnalis, produser, dan lain sebagainya, dengan keunggulan konseptual analitis dan eksekusi praktis yang berlandaskan etika, serta memiliki kemampuan riset dan kepedulian sosial

 

BUKU SAKU MAHASISWA 2021 PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

 

click here

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom