Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Kurikulum Prodi Teknik Elektro

btnhomebtntentangbtnkurikulumbtnfasilitasbtnkegiatanbtndosenbtnjurnalbtnprofalumnibtnartikel

 

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

 

 

SMT

KODE

MATAKULIAH

SKS

RPS

SILABUS

RANCANGAN TUGAS DAN RUBRIK PENILAIAN

PRASYARAT

(Kode Mata Kuliah dan Nilai)

1

TKE 131

Kalkulus I

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 133

Kalkulus II

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 135

Fisika I  listrik,gelombang

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 137

Konsep Pemrograman

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 139

Pengantar Filsafat Ilmu dan Teknologi

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

PAN 100

Pancasila

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

AGA 110 /UAJ 150

Agama Katolik/Pendidikan Agama

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

UAJ 160

Logika

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 134

Praktikum Fisika

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

-

 

Jumlah

20

 

 

 

 

2

TKE 132

Fisika II  mekanika panas

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 237

Dasar Telekomunikasi

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 136

Matematika Teknik  I

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 233

Rangkaian Logika

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 142

Rangkaian Listrik I

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 144

Pemrograman Komputer

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

UAJ 180

Multikulturalisme

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

 

Jumlah

20

 

 

 

 

3

TKE 231

Dasar Elektronika

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 234

Pengolahan Sinyal Digital

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 235

Pengukuran Besaran Listrik

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 246

Praktikum Dasar Telekomunikasi

1

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 239

Medan Elektromagnetik

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 241

Rangkaian Listrik II

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 243

Sistem Basisdata

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 245

Praktikum Sistem Basisdata

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

-

WAR 130

Kewarganegaraan

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 252

Praktikum Rangkaian Logika

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

-

 

Jumlah

20

 

 

 

 

4

TKE 232

Dasar Teknik Tenaga Listrik

2

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 135

TEB 337

Jaringan Telekomunikasi

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 236

Elektronika Analog

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 238

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

2

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 237

TKE 242

Sistem Mikroprosesor

3

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 233

TKE 333

Praktikum Sistem Mikroprosesor

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 244

Sistem Linier

3

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 136

TKE 248

Praktikum Rangkaian Listrik dan Pengukuran Besaran Listrik

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 148

Etika Rekayasa Teknik

2

RPS

SILABUS

RT & RB

-

 

Jumlah

20

 

 

 

 

5

TKE 331

Dasar Sistem Kontrol

3

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 244

TKE 335

Praktikum Elektronika

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 337

Prakt.  Dasar Teknik Tenaga Listrik

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TEA 331

Mikrokontroler

3

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 233

TEA 333

Programmable Logic Controller

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TED 337

Pemrograman WEB

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TEB 336

Antena Propagasi

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 435

Perancangan Projek

GG

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Jumlah

20

 

 

 

 

6

TKE 332

Manajemen Projek

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 334

Praktikum Dasar Sistem Kontrol

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TEA 338

Sistem Instrumentasi Elektronik

3

RPS

SILABUS

RT & RB

TKE 231

TEA 342

Praktikum Instrumentasi Elektronik

GG

1

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TPE 455

SCADA

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TEB 334

Sistem Komunikasi Mobil

3

RPS

SILABUS

RT & RB

-

TKE 440

Smart Monitoring System

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Mata Kuliah Pilihan

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Jumlah

20

 

 

 

 

7

TKE 441

Bahasa Indonesia

GG

2

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 433

Kewirausahaan

2

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 437

Seminar

GG

2

RPS

SILABUS

RT & RB

 

TKE 439

Kerja Praktek

GG

2

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Matakuliah Pilihan

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Matakuliah Pilihan

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Matakuliah Pilihan

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Matakuliah Pilihan

3

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Jumlah

20

 

 

 

 

8

TKE 500

Tugas Akhir

GG

4

RPS

SILABUS

RT & RB

 

 

Jumlah

4

 

 

 

 

 

 

TOTAL

144

 

 

 

 

 

 

Catatan :

  1. GG : Mata kuliah yng dibuka pada semester ganjil dan/atau genap
  2. Nilai kelulusan seluruh mata kuliah minimal C.
  3. Persyaratan untuk mengambil matakuliah TKE 439 Kerja Praktek adalah telah lulus 100 sks dengan nilai minimal C

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH SESUAI KARAKTERISTIK UNIVERSITAS DAN PROGRAM STUDI

 

Daftar Matakuliah Wajib Negara dan Wajib Universitas

 

NO

KODE

NAMA MATAKULIAHTEKNIK ELEKTRO

SKS

1

PAN 100

Pancasila

2

2

AGA 110 /UAJ 150

Agama Katolik/Pendidikan Agama

2

3

UAJ 160

Logika

2

4

WAR 130

Kewarganegaraan

2

5

TKE 441

Bahasa Indonesia

2

TOTAL

10

 

Skripsi/Tugas akhir

 

Persyaratan Pengambilan Jalur Skripsi/Tugas Akhir

Persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa yang akan mengambil TKE 500 Tugas Akhir, yaitu :

  1. Telah lulus minimal C, minimal 120 SKS dengan IPK 2.00
  2. Telah lulus minimal C matakuliah-mata kuliah sebagai berikut :
    1. Bahasa Indonesia
    2. Seminar
    3. Jumlah SKS maksimal yang ditempuh termasuk skripsi maksimal 24 SKS

 

Berkas Prasyarat Sidang TA

 

Daftar Matakuliah Dibuka Setiap Semester (Ganjil dan Genap)

Matakuliah yang dibuka setiap semester adalah matakuliah praktikum dan matakuliah rangkaian dari Tugas Akhir yang terdaftar pada tabel berikut.

 

NO

KODE

NAMA MATAKULIAH TEKNIK ELEKTRO

SKS

1

TKE 134

Praktikum Fisika

1

2

TKE 246

Praktikum Dasar Telekomunikasi

1

3

TKE 248

Praktikum Rangkaian Listrik dan Pengukuran Besaran Listrik

1

4

TKE 252

Praktikum Rangkaian Logika

1

5

TKE 333

Praktikum Sistem Mikroprosesor

1

6

TKE 335

Praktikum Elektronika

1

7

TKE 337

Praktikum  Dasar Teknik Tenaga Listrik

1

8

TKE 334

Praktikum Dasar Sistem Kontrol

1

9

TEA 342

Praktikum Instrumentasi Elektronik

1

10

TKE 441

Bahasa Indonesia

2

11

TKE 433

Kewirausahaan

2

12

TKE 435

Perancangan Projek

3

13

TKE 437

Seminar

2

14

TKE 439

Kerja Praktek

2

15

TKE 500

Tugas Akhir

4

 

Dengan pertimbangan-pertimbangan yang penting maka setiap matakuliah (selain tabel 8.5) dapat dibuka pada semester yang tidak bersesuaian pada alokasi seperti tabel distribusi matakuliah per semester. Pembukaan matakuliah yang dimaksud dilakukan melalui pengusulan kepada pimpinan Fakultas dan Universitas dan dilaksanakan dengan sepersetujuan pimpinan Fakultas dan Universitas.

 

Rekapitulasi Mata Kuliah

No.

Kelompok Matakuliah

Beban SKS

1.

Matakuliah Wajib Universitas :

10 sks

a.  Agama Katolik / Pendidikan Agama  (2 sks)

b.  Pancasila  (2 sks)

b.  Kewarganegaraan (2 sks)

c.  Logika  (2 sks)

d. BahasaIndonesia (2 sks)

2.

Matakuliah Wajib Program Studi

113 sks

3.

Matakuliah Pilihan Program Studi

15 sks

4.

Jalur Skripsi (Seminar Proposal + Tugas Akhir)       

6 sks

 

Total

144 sks

 

PROSES PEMBELAJARAN

 

Proses pembelajaran merupakan kriteria pelaksanaan pembelajaran pada program studi S1 Teknik Elektro untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan.

     

Proses pembelajaran mencakup :

  1. Karakteristik proses pembelajaran.
  2. Perencanaan proses pembelajaran
  3. Pelaksanaan proses pembelajaran
  4. Beban belajar mahasiswa

 

  1. Karakteristik Proses Pembelajaran

Proses   pembelajaran  bersifat  interaktif,  holistik,  integratif, saintifik, kontekstual,   tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.

  1. Interaktif menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.
  2. Holistik menyatakan bahwa proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalsasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.
  3. Integratif menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.
  4. Saintifik menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tingi nilai-nilai agama dan kebangsaan.
  5. Kontekstual menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.
  6. Tematik menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin.
  7. Efektif menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan interanalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.
  8. Kolaboratif menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan.
  9. Berpusat pada mahasiswa menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

 

2.    Rencana Pembelajaran

Perencanaan proses pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam Rencana Pemebelajaran Semester (RPS). Rencana pembelajaran ditetapkan dan dikemabangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi Teknik Elektro.

Rencana pembelajaran semester memuat :

  1. Nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, sks, nama dosen pengampu.
  2. Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah.
  3. Kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan.
  4. Bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai.
  5. Metode pembelajaran
  6. Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuanpada tiap tahap pembelajaran.
  7. Pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester.
  8. Kriteria, indikator, dan bobot penilaian,
  9. Daftar referensi yang digunakan.

 

Rencana pembelajaran (RPS) prodi Teknik Elektro ditinjau dan disesuaikan secara berkala dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

3.    Pelaksanaan Proses Pembelajaran

 

  1. Pelaksanaan proses   pembelajaran   sebagaimana berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan berlajar tertentu.
  2. Proses pembelajaran di setiap mata kuliah dilaksanakan sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
  3. Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasioanal.
  4. Penelitian.
  5. Proses pembelajaran yang terkait dengan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
  6. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dan dengan beban belajar yang terukur.
  7. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib menggunakan metode pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata kuliah untuk mencapai kemampuan tertentu yang ditetapkan dalam mata kuliah dalam rangkaian pemenuhan capaian pembelajaran lulusan.

 

Metode pembelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran mata kuliah meliputi : diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaranlain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Setiap mata kuliah dapat menggunakan satu atau gabungan dari beberapa metode pembelajaran. Bentuk pembelajaran berupa :

  1. Kuliah
  2. Resposnsi
  3. Seminar
  4. Praktikum dan praktik lapangan

 

4.     Beban belajar

 

Beban belajar mahasiswa sebagaimana dimaksud dinyatakan dalam besaran sks.

Semester merupakan satuan waktu proses pembelajaran efektif selama 16 (enam belas) minggu, termasu ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

Satu tahun akademik terdiri atas 2 (dua) semester. Masa dan  beban belajar penyelenggaraan program studi S1 Teknik Elektro paling lama 7 (tujuh) tahun akademik untuk program dengan beban belajar 144 sks.

 

1(satu) sks pada proses pembelajaran berupa kuliah atau responsi terdiri dari :

  1. Kegiatan tatap muka 50 (lima puluh) menit per minggu per semester.
  2. Kegiatan penugasan terstruktur 60 (enam puluh) menit per minggu per semester
  3. Kegiatan mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.

 

1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis, terdiri dari :

  1. Kegiatan tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester
  2. Kegiatan mandiri 70 (tujuh puluh) menint per minggu per semester

 

1 (satu) sks pada proses pembelajaran berupa praktikum, dan praktek lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau proses pembelajaran lain yang sejenis, 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester.

 

PROSES PENILAIAN PEMBELAJARAN

 

 Penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup :

  1. Prinsip penilaian
  2. Teknik dan instrument penilaian
  3. Mekanisme dan prosedur penilaian
  4. Pelaksanaan penilaian
  5. Pelaporan penilaian
  6. Kelulusan mahasiswa

 

Prinsip penilaian mencakup edukatif, otentik, objektif, akuntabel dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi.

  1. Prinsip edukatif merupakan penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu :
    1. Memperbaiki perencanaan dan cara belajar
    2. Meraih capaian pembelajaran lulusan
  2. Prinsip otentik merupakan penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung
  3. Prinsip objektif merupakan penilaian yang didasarkan pada standar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai
  4. Prinsip akuntabel merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa.
  5. Prinsip transparan merupakan penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan.

 

Teknik penilaian terdiri dari observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan dan angket.

 

Instrumen penilaian terdir dari :

  1. Penilaian proses dalam bentuk rubrik
  2. Penilaian sikap dapat menggunakan teknik penilaian observasi
  3. Penilaian penguasaan pengetahuan, ketrampilan umum, dan ketrampilan khusus dilakukan dengan memilih satu atau kombinasi dari berbagai teknik dan instrumen  penilaian.

 

Hasil akhir penilaian merupakan integrasi antara berbagai teknik dan instrumen penilaian yang digunakan. Mekanisme penilaian meliputi :

  1. Menyusun, menyampaikan, menyepakati tahap, teknik, instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian antara penilai dan yang dinilai sesuai dengan rencana pembelajaran.
  2. Melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, instrumen, kriteria, indikator, dan bobot penilaian yang memuat prinsip penilaian.
  3. Memberikan umpan balik dan kesempatan untuk mempertanyakan hasil penilaian kepada mahasiswa.
  4. Mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa secara akuntabel dan transparan.

 

Prosedur penilaian mencakup tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas atau soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir.

 

Prosedur penilaian pada tahap perencanaan dapat dilakukan melalui penilaian bertahap dan/atau penilaian ulang.

 

Pelaksanaan penilaian dilakukan sesuai dengan rencana pembelajaran. Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan oleh :

  1. Dosen pengampu atau tim dosen pengampu
  2. Dosen pengampu atau tim dosesn pengampu dengan mengikutsertakan mahasiswa dan/atau
  3. Dosen pengampu atau tim pengampu dengan mengikutsertakan pemangku kepentingan yang relevan.

 

Penilaian hasil belajar mahasiswa dinyatakan dengan huruf A sampai dengan E yang masing-masing bernilai:

 

Sistem Penilaian (Grading System)

Nilai Angka

Grade Range

Nilai Huruf

Letter Grade

Ekuivalen

Equivalent

Predikat

Predicate / Grade Description

80 – 100

A

4,00

Sangat Baik  Excellent

75 – 79

A -

3,70

Baik  Good

71 – 74

B +

3,30

67 – 70

B

3,00

63 – 66

B -

2,70

Cukup  Satisfactory

59 – 62

C +

2,30

55 – 58

C

2,00

45 – 54

D

 1,00*

Kurang  Unsatisfactory

< 45

E

 0,00*

Gagal  Fail

*  Tidak diperhitungkan dalam IPK  Not counted in GPA calculation

 

 

BEBAN DAN MASA STUDI

 

1.

Jumlah maksimum sks per semester

:

20 sks pada semester 1 dan 2

< 24 sks pada semester 3 dst

2.

Beban minimum sks per matakuliah

:

1 sks

3.

Beban maksimum sks per matakuliah

:

4 sks

4.

Jumlah beban studi Program S1

:

144 sks

5.

Jumlah semester dalam kurikulum Program S1

:

8 semester

6.

Batas studi maksimum (tidak termasuk cuti akademik) Program S1

:

14 semester

7.

Batas maksimum cuti akademik Program S1

:

4 semester

8.

Evaluasi keberhasilan studi dan putus kuliah sesuai peraturan universitas

 

 

PERSYARATAN MENDAPATKAN GELAR

 

Untuk mendapatkan gelar Sarjana Teknik pada Program Studi Teknik Elektro, mahasiswa harus menyelesaikan minimal 144 sks, dengan persyaratan sebagai berikut  :

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00 dan tidak memiliki nilai E.
  2. Sertifikat Bahasa  Inggris dari “Atma Jaya English Language Test” atau badan penyelenggara TOEFL Prediction test yang lain yang diakui, dengan nilai minimal 425.
  3. Memenuhi nilai Satuan Kredit Partisipasi (SKP) dengan nilai minimal 15 SKP.
  4. Nilai minimum untuk setiap matakuliah adalah C. (diberlakukan bagi angkatan tahun 2015 dan tahun-tahun selanjutnya).
  5. Mengantisipasi pelaksanaan perubahan, maka untuk angkatan 2014 dan tahun-tahun sebelumnya masih berlaku ketentuan sebagai berikut :
  6. Jumlah nilai D yang dimiliki tidak lebih dari 8 (delapan) sks dan tidak melebihi 3 (tiga) mata kuliah.
  7. Mata kuliah yang tidak boleh mendapatkan nilai D adalah :

-          PAN 100  Pancasila

-          AGA 110  Agama Katolik /UAJ 150 Pendidikan Agama

-          WAR 130 Kewarganegaraan

-          TKE 437 Seminar

-          TKE 500 Tugas Akhir

 

 

PREDIKAT KELULUSAN

IPK sebagai dasar penentuan predikat kelulusan program sarjana adalah:

 

2,76  -  3,00                 memuaskan

3,01  -  3,50                 sangat memuaskan

3,51  -  4,00                 pujian

 

Predikat kelulusan “ pujian” (cum laude)  untuk program sarjana ditentukan juga dengan memperhatikan masa studi, yaitu maksimum 8 (delapan) semester. Mereka yang IPKnya antara 3.51-4.00 namun masa studinya melampaui 8 (delapan) semester, predikat kelulusannya menjadi “sangat memuaskan” saja.

 

LAIN – LAIN

 

  1. Masa berlaku Kurikulum ini mulai Semester Ganjil  Tahun Ajaran 2017/2018 sampai dengan Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022 (4 tahun).
  2. Hal-hal lain yang belum diatur dalam Kuriulum ini dapat ditetapkan sesuai dengan ketentuan.
  3. Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam petunjuk pelaksanaan Kurikulum ini akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

 

 

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom