Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Program Studi » Info Program Studi

Peraturan Akademik

    • A. Lama Pendidikan

      Lama pendidikan seorang mahasiswa dalam sistem SKS ditentukan oleh jumlah kredit yang telah dapat dicapai dengan baik dengan jumlah berkisar 145 – 148 sks.  Untuk mencapai gelar S1, seorang mahasiswa menempuh 146 sks untuk program studi Manajemen, 147 sks untuk program studi Akuntansi, dan 146  sks untuk program studi Ekonomi Pembangunan, dengan lama pendidikan 7 sampai dengan 14 semester.

       

      B. Macam-macam Nilai

      Dalam sistem kredit semester nilai hasil evaluasi diberikan dalam bentuk huruf dengan pengertian sebagai berikut:

      A = sangat baik

      A-

      B+ = baik

      B

      B-

      C+ = cukup

      C

      D = kurang

      E = gagal

       

       

      C. Indeks Prestasi

      Indeks Prestasi adalah nilai rata-rata dari seluruh matakuliah yang telah diambil oleh mahasiswa. Indeks prestasi dibedakan antara Indeks Prestasi Semester (IPS), yaitu nilai rata-rata dari semester, dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), yaitu nilai rata-rata dari seluruh matakuliah yang pernah diambil. Untuk menghitung IPS digunakan seluruh nilai pada semester yang bersangkutan sedangkan untuk menghitung IPK digunakan (hanya) nilai tertinggi dari setiap matakuliah yang pernah diambil.

      Untuk dapat menghitung indeks prestasi, nilai kualitatif yang berupa huruf dikuantifikasikan ke angka dengan bobot sebagai berikut:

      A  = 4

      B  = 3

      C  = 2

      A- = 3,7

      B- = 2,7

      D  = 1

      B+ = 3,3

      C+ = 2,3

      E = 0

       

      Rentang Nilai       

      A  = 80 – 100

      B  = 67 – 70

      C  = 55 – 58

      A- = 75 – 79

      B- = 63 – 66

      D  = 45 – 54

      B+ = 71 – 74

      C+ = 59 – 62

      E = 0 – 44

       

      Indeks Prestasi (IP) dihitung dengan formula sebagai berikut:

       

      dimana: K = kredit matakuliah, dan N = nilai setelah dikonversikan ke angka.

       

      D. Prasyarat Kelulusan

      Bagi mahasiswa yang telah menempuh segenap SKS yang diwajibkan, berlaku prasyarat kelulusan sebagai berikut:

      -       Nilai mutu rata-rata minimum C.

      -       Indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00 dan tidak memiliki nilai D dan E.

      -       Total SKS yang ditempuh 146 sks untuk program studi Manajemen, 147 - 148 sks untuk program studi Akuntansi, dan 145 - 146 sks untuk program studi Ekonomi Pembangunan

       

      E. Predikat Kelulusan Program Sarjana (S1)

      IPK sebagai dasar penentuan predikat kelulusan program sarjana adalah:

      1. 2,00 – 2,75 lulus
      2. 2,76 – 3,00 memuaskan
      3. 3.01 – 3,50 sangat memuaskan
      4. 3,51 – 4,00 dengan pujian.

 

Predikat kelulusan “dengan pujian” ditentukan juga dengan memperhatikan masa studi maksimum yaitu 4 tahun atau 8 semester. Mereka yang IPK-nya antara 3,51 – 4,00 namun masa studinya melampaui waktu 4 tahun atau 8 semester, predikat kelulusannya menjadi “sangat memuaskan” saja.

 

F. Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan di Unika Atma Jaya adalah wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian. Organisasi kemahasiswaan melaksanakan kegiatan kemahasiswaan yang meliputi penunjang penalaran dan keilmuan, minat/kegemaran dan bakat serta pengabdian masyarakat dan kesejahteraan mahasiswa.

Organisasi di tingkat Universitas terdiri dari:

      1. Senat mahasiswa perguruan tinggi (SMPT)
      2. Unit kegiatan mahasiswa (UKM).

 

Organisasi di tingkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari:

      1. Badan perwakilan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BPM-FE)
      2. Senat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (SMFE)
      3. Himpunan mahasiswa program studi Manajemen (HiMEM)
      4. Himpunan mahasiswa program studi Akuntansi (HiMA)
      5. Himpunan mahasiswa program studi Ekonomi Pembangunan (HiMEP)

 

G. Penghargaan Akademik

Unika Atma Jaya memberikan penghargaan akademik bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang tinggi.

Penghargaan yang diberikan berupa sertifikat dan potongan uang kuliah untuk semester berikutnya. Besarnya potongan biaya dapat dilihat di Buku Saku Mahasiswa yang dikeluarkan Unika.

 

H. Beasiswa

Unika Atma Jaya memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang cukup baik (baca peraturan yang dikeluarkan Unika Atma Jaya).

 

I. Cuti Kuliah

Mahasiswa memiliki kesempatan cuti kuliah sebanyak-banyaknya 4 (empat) semester selama masa studinya.

Cuti kuliah setiap kalinya hanya dapat diberikan untuk masa satu semester, sehingga mahasiswa yang akan mengambil cuti kuliah lebih dari satu semester secara berturut-turut harus memproses cuti kuliahnya setiap semester  sesuai dengan jadwal pendaftaran semester. Mahasiswa yang berstatus Cuti Kuliah harus memiliki Kartu Aktivitas Kuliah (KAK) dengan status “Cuti Kuliah” dan SK Wakil Rektor I tentang Cuti Kuliah. Semester dimana mahasiswa cuti tetap dihitung sebagai masa studi, dan tidak memperpanjang batas masa studi.

Mahasiswa baru di semester pertama tidak dapat mengambil cuti kuliah. Apabila karena satu dan lain hal mahasiswa pada semester pertama tidak dapat mengikuti kuliah sama sekali, kepadanya akan diberikan nilai M (Mundur) untuk seluruh matakuliah yang diambilnya, namun tidak akan mendapatkan pengembalian uang kuliah apapun juga dan tidak akan mendapat tambahan masa studi.

Masa pengajuan cuti kuliah, prosedur cuti kuliah dan biayanya, baca Buku Saku Mahasiswa yang dikeluarkan Unika.

 

J. Masa Mundur

Satu hari setelah berakhirnya masa Batal-Tambah hingga 2 (dua) minggu sebelum dimulainya ujian tengah semester (UTS) adalah merupakan masa mundur. Masa mundur meliputi 2 kegiatan, yaitu Mundur Matakuliah dan Mundur Kuliah (mundur seluruh matakuliah).  Baca Buku Saku Mahasiswa yang dikeluarkan Unika.

 

K. Membolos Kuliah

Mahasiswa dinyatakan Membolos Kuliah apabila tidak terdaftar pada suatu semester, termasuk yang terlambat mendaftar KRS dan terlambat mengajukan Cuti Kuliah.

Semester pada saat membolos, diperhitungkan sebagai masa studi.

Bila mahasiswa yang membolos kuliah ingin mendaftar kembali harus mengajukan permohonan aktif kembali kepada pimpinan fakultas. Apabila pimpinan fakultas menyetujui, mahasiswa dapat melakukan pendaftaran kembali, pada masa pendaftaran KRS.

Mahasiswa yang permohonan aktif-kembalinya disetujui, dikenai sanksi denda membolos sebesar: BPS + IKM + BPK untuk setiap semester yang bersangkutan membolos, sesuai dengan biaya kuliah angkatannya.

Mahasiswa yang membolos kuliah berturut-turut selama 2 (dua) semester untuk S1 dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa Unika Atma Jaya.

 

L. Ujian Khusus dan Ujian Ulangan Khusus

Ketentuan dan persyaratan terdapat pada Buku Saku Mahasiswa yang dikeluarkan Unika sesuai dengan kebijakan universitas SK Rektor No. 290/II/SK-601/05/2006 tentang penetapan peraturan ujian ulangan khusus berlaku untuk program S-1 Unika Atma Jaya. Fakultas dan Program Studi berwenang menentukan batasan matakuliah untuk ujian ulangan khusus (UUK).

 

M. Penasihat Akademik (PA)

Setiap mahasiswa memiliki seorang dosen penasihat akademik (PA) selama mengikuti perkuliahan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Mahasiswa dapat berkonsultasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik dengan dosen PA selama mengikuti perkuliahan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (tidak hanya pada masa penyusunan kartu rencana studi (KRS).

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom