EN | ID
 
International Conference on Psychology and Multiculturalism 2017

Indonesia sebagai negara yang sedang mengalami transformasi dari ekonomi rural ke ekonomi urban, menghadapi berbagai tantangan, salah satunya banyaknya kelompok-kelompok komunitas yang kualitas kehidupannya rentan terhadap kemiskinan. Kondisi ini memperlihatkan bahwa perkembangan kota terjadi lebih cepat daripada beban yang dapat diterima oleh perkembangan di bidang sosial ekonomi pada tingkat nasional. Hal ini membawa pada pertanyaan seberapa jauh hidup di lingkungan perkotaan berpengaruh atas aktifitas manusia dan gerak gerik perilakunya, terlebih karena lingkungan perkotaan adalah lingkungan yang beragam.

 

Perkembangan kota-kota besar di Indonesia pada dasarnya terkait dengan kebijakan pemerintah kolonial ketika itu dalam rangka memantapkan kekuasaan ekononomi, politik dan militernya. Oleh karena itu kajian terhadap kecenderungan dan karakteristik alamiah dari urbanisasi sejak periode pre colonial dan post colonial hingga pada era globalisasi kini perlu mendapat perhatian guna memahami implikasi dari proses urbanisasi terhadap proses demokratisasi kehidupan dan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat pada masa kini.

Untuk mengatasi tantangan yang ada diperlukan rancangan yang komprehensif serta tindakan-tindakan yang konkrit. Dalam hal ini berbagai isu urbanisasi perlu mendapat perhatian dalam agenda pembangunan nasional. Kehidupan kota-kota besar kini yang bernuansa urban dan multikultural mensyaratkan pengelolaan yang transparan, differensiasi peran dari pranata sosial yang ada guna mengembangkan sinergi antar lembaga guna kemaslahatan orang banyak.

 

Sebagai universitas yang memiliki fokus dan keunggulan pada keberagaman kehidupan masyarakat Indonesia, dengan kepedulian terhadap kelompok-kelompok yang terpinggirkan serta berkembang bersama bangsa yang berkedudukan di kota metropolis Jakarta yang bersejarah, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya bermaksud menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk International Conference on Psychology and Multiculturalism (ICPM), dengan tema :  Urban and Multicultural Cities in Asia : colonial past to global future.

 

Konferensi akan diselenggarakan pada tanggal 7 - 9 November 2017, bertempat di hotel JS. Luwansa, Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22, Jakarta 12940 Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi ICPM di tautan berikut http://icpm.atmajaya.ac.id/

 
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved