EN | ID
 
Unit Kegiatan Mahasiswa Tarung Derajat dan Kelompok Kerja Kebudayaan Jepang Resmi Berdiri

Jakarta, 28 Juni 2017 – Pada akhir Mei yang lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tarung Derajat dan Kelompok Kerja Kebudayaan Jepang (K3J) resmi berdiri di Unika Atma Jaya. Ditandai dengan presentasi para UKM tersebut di depan 26 pengurus UKM lainnya. Setelah itu, mereka diberi waktu satu bulan untuk mencari tanda tangan seluruh UKM sebagai bentuk dukungan berdirinya UKM.

 

“Sebenarnya UKM Tarung Derajat sudah pernah berdiri sebelumnya, kemudian mati suri beberapa tahun, dan sekarang kami mau menghidupkan kembali,” kata Aaron, ketua UKM Tarung Derajat. Begitu halnya dengan Erwin, ketua UKM K3J yang menyatakan bahwa komunitas mereka telah ada dari sejak tahun 2000 yang lalu, hanya saja belum resmi menjadi organisasi mahasiswa universitas. Sehingga, aktivitas mereka masih dilakukan di bawah payung Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi. Dikarenakan, anggota yang terus bertambah dari berbagai fakultas, maka mereka pun mengajukan proposal pengajuan menjadi UKM yaitu organisasi mahasiswa resmi dinaungi universitas.

 

“Saya mendukung berdirinya kedua UKM ini, karena mampu mengusung empat pilar kegiatan kemahasiswaan yaitu pengembangan softskill, meningkatkan prestasi, ajang promosi universitas, dan mampu membuat program berbasiskan kepedulian sosial,” ungkap Tommy, selaku Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan.

 

 

Aaron (kiri) mendapatkan juara pada Kejuaraan Tingkat Daerah

 

UKM Tarung Derajat yaitu olahraga bela diri asli Indonesia yang berasal dari Bandung. Didirikan oleh Achmad Drajat, teknik bela diri yang diusung pun menggunakan bahasa Indonesia, seperti pukulan, tendangan, bantingan, kuncian, dan sapokan kaki. Bela diri yang telah resmi terdaftar di KONI sejak 1972 ini, kemudian dibawa ke Unika Atma Jaya tahun 2013 dan telah mencetak beberapa prestasi, diantaranya, meraih juara 2 dan 3 di Kejuaraan Tingkat Daerah Pancasila Cup 2016, dua orang mahasiswa berhasil lolos menjadi atlet PON 2020, dan anggota menjadi ketua dan sekretaris pengurus Tarung Derajat cabang Jakarta Pusat di bawah naungan Tarung Derajat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

 

K3J dalam aksinya di Festival Budaya Jepang. Kostum yang dikenakan perpaduan Indonesia dan Jepang.

 

Sementara UKM K3J yaitu organisasi mahasiswa yang mengembangkan kreativitas dan wawasan terhadap kesenian dan kebudayaan Jepang. Programnya meliputi, belajar bahasa Jepang, Tarian, Musik, dan mengadakan festival Budaya Jepang atau disebut Bunkasai. Di festival budaya ini, mereka padukan dengan budaya Indonesia, seperti fashionshow kebaya dan Kimono. Selain itu, mereka juga melakukan pendekatan budaya sikap Jepang dalam berorganisasi seperti kedisiplinan dalam waktu. 

 

“Berdirinya kedua UKM ini, harus tetap disinergikan dengan semangat universitas yang menjunjung tinggi kepedulian sosial bagi bangsa. Maka, kegiatan yang diadakan tetap mengusung kekhasan Indonesia,” jelas Tommy. (LE)

S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved