EN | ID
 
Unika Atma Jaya Raih SNI Award 2016

 



 

Jakarta, 16 November 2016 – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya meraih peringkat emas untuk sistem manajemen mutu kategori organisasi besar jasa dalam SNI Award 2016. Setelah tahun lalu (2015), Unika Atma Jaya meraih penghargaan yang sama, tahun ini penghargaan tersebut berhasil dipertahankan.  

 

Penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) Award diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) kepada organisasi yang konsisten dalam menerapkan SNI dan telah melalui tahapan penilaian sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

 

SNI Award 2016 memiliki kriteria penilaian kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pelanggan, manajemen sumber daya, realisasi produk, pengukuran, analisis dan evaluasi, serta hasil bisnis.

 

Unika Atma Jaya sejak tahun 2010, telah menerapkan SNI ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu untuk proses belajar mengajar di seluruh Program Studi, termasuk unit kerja pendukung dan secara konsisten melakukan continuous improvement dalam setiap bidang. Selain itu, standar mutu kompetensi lulusan juga ditetapkan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dengan menerapkan standar kurikulum, proses belajar mengajar, penilaian, sumber daya manusia dalam hal ini tenaga pengajar dan administrasi, sarana dan prasarana, pembiayaan, dan pengelolaan yang berkualitas. Selain itu, Unika Atma Jaya juga menetapkan standar mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk memenuhi tugas tridharma perguruan tinggi.

 

Sebagai contoh penerapan SNI ISO 9001:2008 pada penjaminan mutu proses belajar mengajar, Unika Atma Jaya menerapkan Rencana Pembelajaran Semester yang sama pada kelas paralel agar dicapai learning outcomes (capaian pembelajaran) yang sesuai dengan kurikulum. Maka, soal ujian dan bobot penilaiannya pun juga harus sama. Sehingga, kualitas lulusan yang dihasilkan akan sama sesuai standar kelulusan yang ditetapkan.

 

Acara penganugerahan SNI Award 2016 yang diadakan di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Rabu lalu (16/11), piala langsung diserahkan oleh Mohammad Nassir, selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, kepada Rektor Unika Atma Jaya, A. Prasetyantoko.

 

“Dengan adanya label SNI ini sangatlah bermanfaat terutama dalam perusahaan jasa saat ini dalam hal manajemen, untuk semakin meningkatkan keyakinan atau kepercayaan dari konsumen dalam menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut. Melalui standarisasi ini juga menjadi sebuah pedoman untuk menjaga kualitas perguruan tinggi di Indonesia di mata dunia sehingga lulusannya dapat digunakan oleh semua instansi baik di dalam maupun luar negeri,” kata Nassir, dalam pidato pembuka.

 

Prasetyantoko pun mengungkapkan, dengan penghargaan SNI Award peringkat emas untuk kedua kalinya ini membuktikan bahwa Unika Atma Jaya telah diakui kualitas dan mutunya pada level nasional. Dengan capaian tersebut, kita harapkan komunitas Atma Jaya akan semakin nyata berkontribusi pada bangsa melalui pendidikan, dengan cara menghasilkan lulusan yang bermutu sekaligus memiki kepedulian sosial tinggi. Selain itu, pencapaian ini akan memacu Unika Atma Jaya terus meningkatkan pengakuan mutu pada level yang lebih luas, go beyond national level. (NR, LE)

 

 

S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved