EN | ID
 
Kuliah Umum Bersama Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Drs. Priyo Mujihad

Jakarta, 12 April 2017 - Saat ini tingkat kriminalitas dan provokasi sangat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Peran serta masyarakat akan sangat berarti dalam mewujudkan kondisi yang aman dan nyaman dalam masyarakat. Sebagai bentuk edukasi dan pencegahan terhadap kriminalitas, Fakultas Hukum Unika Atma Jaya menyelenggarakan kuliah umum mengenai "Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat" di Aula D Unika Atma Jaya, Senin (10/4) pukul 09.00.

 

Sangat disayangkan, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Mochamad Iriawan sebagai pembicara berhalangan hadir karena pada hari dan jam yang bersamaan pula Kapolri Jenderal Pol Drs Tito Karnavian meminta seluruh Kapolda se-Indonesia untuk menghadiri rapat di Rupatama Mabes Polri. Meskipun demikian antusias peserta tidak pudar dan sebagai gantinya kuliah umum dibawakan oleh Kombes Pol. Drs. Priyo Mujihad, Direktur Binmas Polda Metro Jaya.

 

Dalam paparan materinya, Priyo mengatakan bahwa pemahaman tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas) kepada mahasiswa sangat penting, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) DKI Jakarta nanti agar mahasiswa tidak terjerumus dalam informasi palsu (hoax) dan provokatif.

 

Priyo sedang memaparkan materi mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilukada DKI Jakarta putaran II

 

"Sebentar lagi kita akan memilih gubernur DKI, kalau kita lihat beberapa bulan lalu hingga sekarang ini banyak berita dan informasi yang memprovokasi dengan isu Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA), terutama di media sosial dan hal ini mengganggu keamanan masyarakat. Oleh karena itu sebagai mahasiswa yang akan menyambut pilkada DKI 2017, kalian harus berfikir kritis dan akademis, serta tidak terbawa isu yang ada. " ujar beliau.

 

Polri berharap agar pemilukada 2017 tetap aman dan kondusif, oleh karena itu peranan berbagai elemen sangat mendukung agar terciptanya dan keamanan DKI. "Jangan sampai kita berbeda pilihan malah kita bermusuhan, jangan sampai kita beda keyakinan sampai akhirnya kita tidak tegur sapa, sekali lagi siapa saja pilihan kalian yang penting aman!" tegas Priyo.

 

Polri dengan tegas akan menjalankan tugasnya sebagai aparatur pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat diseluruh wilayah negera Republik Indonesia khususnya di daerah DKI Jakarta.

 

Kombes Pol.Drs. Priyo Mujihad juga menjelaskan kerawanan yang mungkin terjadi dalam pemilukada DKI Jakarta 2017, sehingga ia memberikan penjelasan tentang upaya pencegahan dan antisipasi mengatasi kerawanan pada saat pemilukada. Saat ini Polri sudah menetapkan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga pengamanan akan diperkuat di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Banyak langkah yang dapat diambil, melalui toleransi dan harmonisasi secara sinegis sesama umat manusia.

 

"Masalah kamtibmas bukan saja tanggung jawab Polri, bukan saja tanggung jawab TNI tapi tanggung jawab kita bersama. Masyarakat memiliki peran aktif dan dapat bekerja sama dengan aparatur negara dalam meningkatkan ketertiban dan keamanan," ucap Priyo mengakhiri paparan kuliah umum. (CTF)

S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved