EN | ID
 
Distribusi Mata Kuliah

Kurikulum Psikologi Sosial Kesehatan

Semester

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

Kelompok Matakuliah

PRASYARAT

Mata kuliah prasyarat

1

PSS 601

Filsafat Ilmu

2

Wajib Kemagisteran

-

PSS 603

Pendekatan Teori-teori Kritis Psikologi Sosial

5

Wajib Prodi

-

PSH 605

Pendekatan Multidisiplin dalam Kesehatan 1

4

Peminatan

-

Total

11

 

 

2

PSS 602

Statistika

2

Wajib Kemagisteran

-

PSS 604

Metode Penelitian

2

Wajib Kemagisteran

-

PSS 606

Psikologi Lintas Budaya

3

Wajib Prodi

-

PSS 610

Konstruksi Alat Ukur Psikologi

2

Wajib Prodi

-

PSH 610

Psikologi Kesehatan Pada Kelompok Marginal 

3

Peminatan

-

Total

12

 

 

3

PSH 611

Diskursus dan Komunikasi dalam Kesehatan

3

Peminatan

 

PSH 613

Ketidakadilan dan Akses Kesehatan

2

Peminatan

 

PSH 615

Pendekatan Multidisiplin dalam Kesehatan II

3

Wajib Kemagisteran

 PSH 605

PSS 617

Seminar

3

Wajib Prodi

 

 

Matakuliah Pilihan (pilih 1 dari tawaran berikut ini):
PSP 631 Intervensi Psikososial
PSP 633 Kearifan Lokal
PSP 635 Perubahan Sosial dan Budaya
PSP 637 Sosiogerontologi

2

Pilihan Peminatan

 

Total

13

 

 

4

PSS 700

Tesis

6

Wajib Kemagisteran

PSS 617 Seminar

Total

6

 

 

TOTAL MATAKULIAH   42 SKS

 

 

Kurikulum Psikologi Temu Budaya

Semester

Kode

Nama Mata Kuliah

SKS

Kelompok Matakuliah

PRASYARAT

Mata kuliah prasyarat

1

PSS 601

Filsafat Ilmu

2

Wajib Kemagisteran

-

PSS 603

Pendekatan Teori-teori Kritis Psikologi Sosial

5

Wajib Prodi

-

PSC 607

Psikologi Antar Budaya

3

Peminatan

-

Total

10

 

 

2

PSS 602

Statistika

2

Wajib Kemagisteran

-

PSS 604

Metode Penelitian

2

Wajib Kemagisteran

-

PSS 606

Psikologi Lintas Budaya

3

Wajib Prodi

-

PSS 608

Pengembangan Alat Ukur Psikologi

2

Wajib Prodi

-

PSC 610

Psikologi Hubungan Antar Kelompok

3

Peminatan

-

Total

12

 

 

3

PSC 611

Komunikasi Antar Budaya

3

Peminatan

 

PSC 613

Resolusi Konflik, Mediasi, dan Rekonsiliasi

3

Peminatan

 

PSC 615

Kebijakan Publik dan Hak Asasi

3

Peminatan

 

PSC 617

Seminar

3

Wajib Prodi

 

 

Matakuliah Pilihan (pilih 1 dari berikut):
PSP 641 Intervensi Psikososial
PSP 643 Kearifan Lokal
PSP 645 Perubahan Sosial dan Budaya
PSP 647 Sosiogerontologi

2

Pilihan Peminatan

 

Total

14

 

 

4

PSS 700

Tesis

6

Wajib Kemagisteran

PSS 617 Seminar

Total

6

 

 

TOTAL MATAKULIAH   42 SKS

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

A.  MATA KULIAH WAJIB KEMAGISTERAN

  1. PSS 601               Filsafat Ilmu (2 SKS)
    Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diasah kembali pemahamannya mengenai asumsi-asumsi dasar dalam ilmu, baik ilmu eksakta maupun non eksakta. Pembahasan difokuskan pada masalah apakah ilmu eksakta maupun non eksakta tersebut bebas nilai,  mengingat bahwa program magister psikologi sains bidang kekhususan psikologi sosial kesehatan  memiliki fokus telaahan kesehatan yang mencakup faktor-faktor biologis, psikologis dan sosial.
     
  2. PSS 604              Metode Penelitian (2 SKS)
    Dalam mata kuliah ini akan dibahas metode penelitian yang memiliki ciri utama dalam bidang Psikologi Sosial dan bidang Kesehatan.  Macam rancangan dan metode penelitian yang diberikan akan diselaraskan dengan karakteristik mahasiswa peserta, dan ditujukan untuk mempersiapkan penelitian yang dilaksanakan dalam thesis.
     
  3. PSS 606              Psikologi Lintas Budaya (2 SKS)
    Mata kuliah ini merupakan metode yang dapat melengkapi mahasiswa dengan pemahaman tentang perilaku kesehatan manusia dalam perspektif global. Selain itu, ia dapat memebrikan gambaran tentang aspek-aspek yang berlaku secara universal dan aspek-aspek yang berlaku secara budaya spesifik. Hal ini sangat penting karena dengan adanya globalisasi, batasan antar budaya menjadi semakin kabur, sehingga berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
     
  4. PSS 605              Statistika (2SKS)
    Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada konsep statistik lanjut, baik parametrik maupun non-parametrik, agar mahasiswa mampu menggunakan statistik sebagai alat untuk menganalisis data yang dikumpulkan secara kuantitatif. Lebih jauh, mahasiswa diharapkan mampu melakukan interpretasi hasil statistik dasar dan memahami maknanya.  Dalam bidang  sosial kesehatan, pengetahuan ini akan disertai dengan kewajiban membaca jurnal ilmiah kesehatan, sehingga mahasiswa mampu memahami dan mampu menginterpretasikan hasil statistik epidemiologis (misal Odd Ratio, Prevalence, Incidence) dan demografis (Mortality Rate, Birth Rate, dll).
     
  5. PSS 608              Pengembangan Alat Ukur Psikologi (2 SKS)
    Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan untuk mengkonstruksi dan mengembangkan alat guna mengukur berbagai fenomena kesehatan yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
     
  6. PSS 700              Thesis (6 SKS )
    Thesis ditulis sebagai prasyarat akhir mencapai gelar Magister Sains dengan bidang kekhususan Psikologi Sosial Kesehatan. Thesis adalah karya ilmiah empirik dan komprehensif yang dihasilkan melalui pengkajian fenomena dan identifikasi permasalahan dengan solusi dan rekomendasi untuk menjawab permasalahan psikologi sosial kesehatan yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang majemuk. Sebagai karya akademik, maka thesis harus dibuat melalui penelitian mandiri yang dilakukan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung

 

 

MATA KULIAH WAJIB PROGRAM STUDI

  1. PSH 603              Pendekatan Teori-teori Kritis Psikologi Sosial (5 SKS)
    Mata kuliah ini menelaah perkembangan pemikiran-pemikiran kritis dalam ilmu-ilmu manusia khususnya Psikologi Sosial.  Pemikiran-pemikiran tersebut mencakup al. Teori Representasi Sosial, pendekatan kontekstual, dan Psikologi Budaya yang berangkat dari asumsi adanya dunia sosial dan hubungan antara individu dengan gejala sosial,  peristiwa-peristiwa dan proses di mana individu tersebut terlibat di dalamnya.  Melalui mata kuliah ini diharapkan adanya kesadaran bahwa baik yang dipelajari maupun yang belajar adalah sama-sama manusia, yang sama-sama menghuni suatu dunia yang sama. Dibutuhkan juga critical thinking dan kemampuan menganalisis teori-teori psikologi serta bagaimana teori-teori tersebut mampu memperbaiki kebijakan tentang masalah sosial kesehatan tertentu.
     
  2. PSH 611                Diskursus  dan komunikasi dalam kesehatan (3 SKS)
    Mata kuliah ini menelaah perkembangan diskursus kesehatan yang terjadi hingga saat ini. Lebih jauh, mata kuliah ini akan mengupas penamaan masalah dan gangguan kesehatan yang cenderung ditentukan oleh kelompok-kelompok yang memiliki otoritas dan kepentingan. Masalah dan gangguan kesehatan tersebut perlu dikomunikasikan dengan mempertimbangkan pola pikir dan pengetahuan lokal masyarakat sehingga penanganan terhadap kelompok  sasaran dapat dilakukan secara efektif. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar menjadi jembatan komunikasi antar kelompok kepentingan kesehatan.
     
  3. PSH 605              Pendekatan Multidisiplin dalam Kesehatan  1  ( 4 SKS )
    Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada pengertian dan masalah-masalah kesehatan manusia dari perspektif medis, anthropologis, sosiologis dan psikologis. Dengan demikian mahasiswa mendapatkan pemahaman tentang kesehatan secara multidisipliner.  Pada pendekatan medis, kajian terhadap masalah kesehatan dititik beratkan pada aspek biomedis. Pendekatan sosiologis melihat masalah kesehatan dalam 3 level yaitu mikro, meso, dan makro. Anthropologi Kesehatan akan memelajari bagaimana pengalaman sakit dipersepsikan oleh individu dalam konteks budaya, tradisi, dan agama/kepercayaan setempat. Secara keseluruhan, mata kuliah ini menjadi sangat penting mengingat Indonesia mempunyai budaya yang sangat bervariasi dan masing-masing berkontribusi dalam menjelaskan pengalaman sakit dan pencarian kesembuhannya.
     
  4. PSH 610               Psikologi Kesehatan pada kelompok Marjinal (3 SKS)
    Mata kuliah ini akan mengenalkan berbagai masalah psikologi kesehatan pada kelompok marjinal yang sering terabaikan, misalnya pada anak jalanan, orang dengan disabilitas, kelompok gay, lesbian, dan trans gender/seksual, pengungsi, korban trafficking, pecandu napza, narapidana, TKI/TKW dan lain sebagainya. Budaya dan pola hidup setiap kelompok mempunyai kerentanan terhadap masalah  sosial dan psikologis yang berdampak terhadap kesehatannya. Dengan demikian, mahasiswa mampu terlibat dalam upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan melakukan perubahan di bidang kesehatan.
     
  5. PSH 613               Ketidakadilan  dan Akses Kesehatan (2 SKS)
    Mata kuliah ini menelaah masalah-masalah ketimpangan dalam pelayanan kesehatan yang dialami oleh kelompok-kelompok yang ada dalam masyarakat.  Ketimpangan ini tercermin dari pembuatan dan penerapan kebijakan yang kurang berpihak pada kebutuhan nyata kelompok-kelompok rentan.  Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis dan mengkritisi berbagai penerapan kebijakan kesehatan untuk kemudian mengajukan alternatif solusinya.
     
  6. PSH 615               Pendekatan Multidisiplin dalam Kesehatan  2  ( 3 SKS )
    Mata kuliah ini memperkenalkan berbagai isu kesehatan yang ditinjau dari perspektif psikologi sosial. Di awal perkuliahan mahasiswa akan diajak untuk melakukan pemahaman ulang tentang konsep-konsep dasar ilmu psikologi sosial dan psikologi kesehatan. Setelah itu dilanjutkan berbagai isu sosial dan kesehatan di Indonesia yang perlu diperhatikan oleh seorang calon ahli Psikologi Sosial Kesehatan. Setiap isu akan disajikan oleh narasumber yang merupakan pakar di bidangnya. Beberapa sub topik yang akan menjadi perhatian khusus dalam mata kuliah ini antara lain:  Trauma akibat kejadian sosial maupun penyakit, Kesehatan Reproduksi dan Gender, Kesehatan Masyarakat, Masalah disabilitas,  Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan berbagai isu Kesehatan Mental.
     
  7. PSS 617                Seminar (2 SKS)
    Dalam mata kuliah ini peserta diminta untuk mempresentasikan rancangan penelitian yang nantinya akan ditindak lanjuti menjadi thesis. Mahasiswa akan memperoleh masukan dari dosen Pembimbing Thesis yang sudah ditentukan, serta dari mahasiswa lainnya. Dari proses ini diharapkan mahasiswa dapat memformulasikan permasalahan, landasan teoritik dan metode penelitian.
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved