Home » Fakultas » Info Fakultas

Program Studi & Peminatan Fakultas Psikologi

Mulai tahun akademik 2011/2012 Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya menggunakan kurikulum terbarunya.

 

Berdasarkan kurikulum ini mahasiswa berkesempatan untuk menjalani pendidikan selama 8-10 semester. Dengan kurikulum ini, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan teori-teori dasar yang dapat menjelaskan perilaku manusia, tetapi juga keterampilan untuk menelaah masalah psikologisnya, khususnya dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk.

 

Mulai semester 6 (enam) mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan sesuai dengan minatnya secara khusus dalam bidang psikologi. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari bidang peminatan yang tersedia, yaitu Psikologi Klinis, Psikologi Industri/Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial dan Komunitas. Dengan adanya berbagai peminatan ini pulalah, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya memiliki kekhasan yang membedakannya dengan Fakultas-fakultas Psikologi universitas lain di Jakarta.

 

    • Psikologi Klinis
      Mempelajari kesehatan mental dan gangguan-gangguan psikologis, baik yang dialami oleh anak maupun orang dewasa. Selain itu, peminatan ini juga membekali mahasiswa dengan keterampilan observasi dan wawancara, serta diagnostik yang bermanfaat dalam asesmen berbagai kasus klinis.

 

       
    • Psikologi Industri/Organisasi
      Mempelajari perilaku manusia dalam konteks dunia kerja dan organisasi. Hal ini terutama dikaitkan dengan pengelolaan sumber daya manusia, organisasi usaha -baik formal maupun informal, perilaku konsumen dan riset pemasaran, penyusunan alat ukur psikologi dalam konteks dunia kerja dan kerjasama antar budaya dalam konteks dunia kerja.

 

       
    • Psikologi Pendidikan
      Mempelajari faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi proses belajar manusia dan perancangan aktivitas belajar pada berbagai komunitas seperti sekolah formal, informal, dan nonformal. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bersentuhan dengan masalah-masalah pendidikan anak luar biasa. Pengadministrasian tes psikologis yang umum digunakan dalam bidang pendidikan juga diperkenalkan di peminatan ini.

 

     
  • Psikologi Sosial dan Komunitas
    Meneropong gejala-gejala sosial serta perilaku sosial yang terjadi di masyarakat beserta dampaknya sebagai akibat perubahan sosial yang terjadi. Pembahasan secara umum juga dilakukan mencakup rancangan serta implementasi intervensi sosial yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah yang timbul.

 

 

Dalam rangka terus mengembangkan kualitas pendidikan, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya juga bekerjasama dengan sejumlah universitas di luar negeri. Kerjasama ini dilakukan antara lain dengan Radboud University (Belanda), Westminster University (Inggris), dan University of Applied Sciences (Jerman). Selain dengan institusi pendidikan, kerjasama juga dilakukan dengan sejumlah institusi lain, yaitu Yayasan Putera Bahagia Jaya, Caritas (Jerman), International Federation of Catholic Universities, Kampus Diakonia Modern, Yayasan Abdi Siswa, Panti Asuhan Pondok si Boncel, dan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat lainnya.

 

Setelah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, alumni diharapkan dapat bekerja di berbagai bidang yang memerlukan keahlian mereka mengenai perilaku manusia, misalnya dalam profesi wirausahawan, pendidik, kepala sekolah, konselor, konsultan, human resource, customer service, marketing, peneliti, humanitarian workers, jurnalis, dan lain sebagainya.

Informasi Untuk
Agenda Kegiatan
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      
bottom
Home | Site Map | Kontak Kami
Copyright © 2012 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved
Ayo temui kami via