EN | ID
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

12/8/2012

Tenaga Pengajar Tetap
 


 

Prof. Irwanto, Ph.D. , Psikolog

Minat: HIV / AIDS, Perlindungan anak, Narkoba, Intervensi dan Kebijakan bagi Kelompok Marjinal

e-mail: irwanto_i@yahoo.com

 

Irwanto adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (1982) dan penerima Beasiswa Fulbright-Hays tahun 1988-1992, dimana ia menyelesaiakan program doktoralnya di Department of Child Development and Family Studies, Purdue University, USA (1992). Irwanto adalah pionir dalam bidang perlindungan anak, penanggulangan narkotika, dan analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan. Kerja kerasnya di bidang yang ditekunina menghasilkan sejumlah penghargaan, antara lain Asia-Pacific Award for Outstanding Contribution to teaching Social Work (2006) oleh APASWE. Selain mengajar, Irwanto adalah peneliti aktif untuk berbagai persoalan stigma dan diskriminasi. Selain itu juga sebagai konsultan berbagai badan PBB seperti UNICEF, UNAIDS, ILO dan Bappenas, serta mitra pembangunan bilateral seperti USAID, AUSAID, dan GIZ.

 

 

 

Prof. Bernadette Setiadi, Ph.D. Psikolog

Minat: Psikologi Sosial, Psikologi Lintas Budaya

e-mail: bsetiadi@atmajaya.ac.id

 

Bernadette adalah sarjana Psikologi Universitas Indonesia yang melanjutkan program master dan doktoral di University of Illinois at Urbana-Champaign, USA. Sempat menjabat sebagai rektor pada periode 2003 – 2007, dimana setahun kemudian dikukuhkan menjadi guru besar Unika Atma Jaya (2008).

Perhatiannya pada kepemimpinan (termasuk kepemimpinan perempuan), kemajemukan budaya Indonesia, dan berbagai masalah psikologi sosial, khususnya psikologi lintas Budaya.

 

 

 

Prof. Dr. phil. Hana Panggabean, Psikolog

Minat: Psikologi Kerjama Antar Budaya, Psikologi Lintas Budaya, Keberagaman Kelompok, Psikologi Industri dan Organisasi.

e-mail: hana.panggabean@atmajaya.ac.id

              hanaatmoko@yahoo.com

 

Hana Panggabean lulus sebagai sarjana psikologi dan psikolog dari Universitas Indonesia pada tahun 1994 dan memperoleh gelar S3 dari Universitas Regensburg, Jerman dalam bidang psikologi perilaku antar budaya.

 

Minat dan karya akademiknya terfokus pada bidang-bidang cross-cultural/indigenous organizational psychology, komunikasi antar budaya (intercultural communication), university management dan organizational development. Topik-topik karyanya meliputi aspek-aspek dalam kelompok kerja multikultural seperti: intercultural competence (kompetensi antar budaya), intercultural sensitivity, group diversity, peran trust dalam organisasi/universitas dan eksplorasi nilai budaya Indonesia dan pengaruhnya dalam perilaku kerja kelompok.

 

 

Dr. Nani Nurrachman Sutoyo, Psikolog 

Minat: Teori-teori Kritis Psikologi Sosial, Trauma Sosial, Psikologi Perempuan

e-mail: nani.nurrachman@atmajaya.ac.id

 

Nani menyelesaikan pendidikan dengan gelar sebagai psikolog dan kemudian dilanjutkan sampai tingkat doctoral di Universitas Indonesia. Mendapat sertifikat sebagai fasilitator kommunikasi lintas budaya setelah mengikuti pelatihan dari SIETAR (Society for International Education and Research). Kompetensi ini dipakainya dalam menelaah berbagai masalah sosial dan personal. Aktif sebagai anggota Dewan Pakar/Penasehat dalam sejumlah organisasi/yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan karakter, pluralism budaya serta kesehatan jiwa.

 

 

 

Dra. Eunike Sri Tyas Suci, Ph.D., Psikolog  

Minat: Sosiologi Kesehatan, Sosiogerontologi, Kesehatan Reproduksi

e-mail: tyas.suci@atmajaya.ac.id

 

Tyas adalah sarjana Psikologi dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Menerima scholarship dari Fogarty AIDS International Training and Research Program (AITRP) dari Universitas Brown, USA, Tyas menyelesaikan program master di bidang sosiologi kedokteran, dan melanjutkannya ke tingkat doktoral melalui TA-ship dan RA-ship. Ia mengikuti beberapa pelatihan internasional antara lain “Ethical Issues in International Health Research” di Universitas Harvard dan “Leadership in Mental Health System Development” di Universitas Melbourne. Penelitiannya berkisar pada masalah napza, HIV dan AIDS, kebijakan pada akses kesehatan, dan lansia. Selain mengajar dan meneliti, Tyas terlibat dalam pokja kesehatan jiwa untuk menyusun RUU Kesehatan Jiwa, dan menjadi salah satu anggota pengurus World Association of Mental Health Rehabilitation (WAPR)-Indonesia Chapter. Di sela-sela kesibukannya Tyas menikmati masa cutinya menjadi backpacker ke hampir 40 negara.

 

 

Dr.phil. Juliana Murniati, M.Si.

Minat: Trust Building, Psikologi Antar Budaya

e-mail: juliana.murniati@atmajaya.ac.id

 

Murni menyelesaikan Pendidikan Sarjana pada FKIP-Program Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dari Unika Atma Jaya. Meraih gelar Master pada bidang Psikologi Sosial Universitas Indonesia, dan gelar Doktor pada Friedrich Schiller University, Jena, Jerman.

 

Fokus penelitian diarahkannya pada pengembangan rasa percaya pada berbagai konteks relasi sosial, sebuah tema yang secara khusus diusungnya dalam disertasinya. Di samping itu, kajian terkait kompetensi untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang budaya yang berbeda, termasuk di dalamnya terma kepemimpinan global.

 

 

 

Dr. Lidia Laksana Hidajat, MPH, Psikolog

Minat: Psikologi kesehatan, pemaknaan sehat-sakit

e-mail: lidia.hidajat@atmajaya.ac.id

 

Lidia lulus sebagai Sarjana Psikologi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan memperdalam bidang Kesehatan Masyarakat di Indiana University, Bloomington, Amerika Serikat dan memperoleh gelar Master of Public Health (MPH).

 

Setelah selesai bertugas di Direktorat Kesehatan TNI Angkatan Darat dan RSPAD Gatot Soebroto, kemudian berkiprah di bidang komunikasi sosial sebagai Asisten Produser dan Reporter di RCTI. Sesudahnya, Lidia menjadi Public Relation Manager di Siloam Gleneagles Hospital (1996 – 1998). Sejak tahun 1998, menjadi dosen di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, dan meraih gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan disertasi di bidang Psikologi Kesehatan. Hingga saat ini tercatat sebagai staf akademik purna waktu untuk Program Magister Psikologi Profesi Klinis sambil tetap menikmati waktu luang dengan kecintaannya di bidang musik, seni, membaca dan menulis.

 

 

Dr.phil. Mikhael Dua

Minat: Dimensi tak terukur ilmu pengetahuan, fenomenologi, dan hermeneutika

e-mail: michael.dua@atmajaya.ac.id

 

Mikhael adalah sarjana filsafat di STFK Ledalero, Flores yang melanjutkan master di Ateneo de Manila University, Philippines dan S3 di Hochschule fur Philosophie, Munchen, Jerman. Saat ini sedang menekuni sejarah filsafat ilmu pengetahuan.

 

Diluar kegiatan mengajar, Mikhael terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, antara lain sebagai anggota tim asistensi gubernur NTT bidang Budaya dan pariwisata, anggota KAAD Committee of Atma Jaya untuk membantu akses beasiswa KAAD di Jerman, manager office of Frans Seda Foundation di Indonesia, Ketua HIDESI (Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia periode 2011-13). Dan yang paling penting menjadi moderator arisan masyarakat bawah yang datang dari Bajawa, Flores, sambil mengembangkan koperasi tak tercatat di departemen koperasi, karena beda metode, falsafah dan tujuannya. Tentang hal yang terakhir ini Mikhael menyimpan banyak pengalaman tentang tangisan, kegembiraan, dan harapan masyarakat Flores.

S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved